Breaking News
recent

Ma’had Al jami’ah Sebagai Wadah Generasi Muda Islam Yang Berakhlak, Berkarakter, Berilmu dan Beriman

 

Gambar pengajian Tauhid bersama Ustadz Dr. Mukhtaruddin, M.Th

Zawiyah News | Ma’had Al Jami’ah IAIN Langsa adalah asrama yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan mahasiswi  yang sedang menempuh kuliah di IAIN Langsa .  Ada terdapat dua gedung asrama yaitu satu untuk mahasantri putra dan unuk mahasantri putri. Sebelum tinggal di ma’had seluruh calon mahasantri akan diseleksi berdasarkan hasil ujian dan wawancara. Materi yang diujiankan meliputi, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, tahsin serta wawasan keagamaan. Setiap tahun jumlah Mahasantri baru mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini ada sekitar 143 mahasantri putri dan 40 mahasantri putra. Gedung Ma´had putra dan putri terpisah. Berbagai fasilitas disdiakan di Ma’had Al Jami’ah, namun yang perlu diketahui, ma’had Al Jami’ah bukanlah sebagai tempat tinggal saja, melainkan sebagai pesantren kampus .

Mayoritas mahasantri yang tinggal di Ma’had adalah mahasiswa dan mahasiswi perantauan. Banyak orangtua merasa  anaknya lebih aman jika tinggal di ma’had, karena ada berbagai program bimbingan belajar diterapkan di Ma’had Al Jami’ah untuk meningkatkan kemampuan akademis, religius dan membentuk karakter mahasantri. . Karena karakter kita terbentuk dari kebiasaan kita dan faktor lingkungan sekitar. Inilah yang mempengaruhi pikiran, perilaku, budi pekerti dan tabiat yang kita miliki. Karakter terbentuk melalui berbagai proses pembelajaran yang didapatkan dari berbagai tempat seperti rumah, sekolah dan juga lingkungan tempat tinggal. Karakter biasanya berkaitan erat dengan tingkah laku seseorang. Jika seseorang memiliki perilaku yang baik maka kemungkinan besar orang tersebut memiliki karakter yang baik pula. Namun, jika seseorang memiliki perilaku yang buruk maka kemungkinan besar karakter yang orang tersebut juga buruk. Maka banyak yang mengatakan jika lingkungannya baik maka karakternya juga baik.

Ma’had al jami’ah mempunyai visi sebagai pusat pembentukan intelektual muslim yang berakhlak mulia melalui misi program bimbingan belajar dari ustadz dan ustadzah. Program-program tersebut dilaksanakan pada pukul 18.20 hingga 22.15 wib, karena pada waktu pagi hingga sore hari mahasantri melaksanakan pekuliahan dan aktivitas lainnya. Kegiatan diawali dengan shalat berjam’ah di Masjid Az Zawiyah, dilanjutkan dengan tadarus dan menghafal Al qur’an. Kemudiaan shalat isya berjama’ah dan kembali ke Ma’had untuk melaksanakan pembinaan di masing- masing lobi lantai. 

Dalam kemampuan akademis ada pembinaan bahasa asing, yakni bahasa inggris setiap malam selasa dan bahasa arab setiap malam kamis yang dilaksanakan rutin sesuai dengan jadwalnya. Ustadz Dr. Mursyidin, M.A, selaku Kepala Ma’had Al Jami’ah mengatakan “pembinaan bahasa arab digunakan untuk menuntut ilmu agama, sedangkan bahasa lainnya untuk menyebarkan ilmu agama. Harapan untuk kedepan nya  adalah diadakan pembinaan bahasa mandarin", dilansir dari wawancara Humas menyapa IAIN Langsa.

Dalam bidang keagamaan ada pengajian fiqih setiap malam senin ba´da isya. Mahasantri mendapatkan ilmu mengenai tata cara beribadah dan memperbaiki kesalahan- kesalahan selama ini. Pengajian dipimpin oleh Ustadz Dr. Mursyidin MA.Selanjutnya kajian tauhid dan akhlaq dilaksanakan setiap malam jum´at yang dipimpin oleh Ustadz Dr. Mukhtaruddin, M.Th Sementara itu kajian tahsin dan tahfidz dipimpin oleh ustadz dan ustadzah di masing masing lobi lantai. Setiap kajian di Ma´had dan diberlakukan absen oleh musyrif dan musyrifah.

Pada tanggal 10 Desember 2022, Ma´had Al jami´ah mengadakan pelatihan Tahjiz Mayyit untuk Mahasantri dengan tujuan menciptakan generasi baru dalam pengurusan fardhu kifayah mahasantri. Acara tersebut diikuti oleh 40 mahasantri dan dibuka langsung oleh Bapak Dr. Zainuddin, M.A selaku Warek III IAIN Langsa. Beliau berharap kegiatan - kegiatan yang seperti ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan semoga ada kegiatan lainnya yang dapat menciptakan generasi islam yang bisa turun langsung ke masyarakat seperti khutbah jum´at, mimpin do´a , menjadi imam mesjid dan lain nya, disampaikan ketika memberi kata sambutan. 

Kemudian kegiatan sosial yang dilakukan adalah kegiatan gotong royong setiap hari jum’at pada sore hari. Bukan hanya gotong royong, tapi juga silaturrahim bagi mahasantri, karena mahasantri dan ustadzah berkumpul seluruhnya di halama ma´had. Tidak ada kata lelah, seluruh mahasantri melaksanakan bimbingan dan pengajaran di ma’had dengan khidmat. Setelah saya mewancarai salah satu  mahasantri putri yang dipilh sebagai Musyrifah yang bernama Halimatussa’diah , ia mengatakan bahwa  ia belajar untuk memimpin dan bermanfaat bagi orang lain. Tinggal di ma´had membuat saya disiplin dan pintar mengatur waktu karena walau banyak tugas harus ikut pengajian dan itu bukan alasan untuk menjadi keluhan karna tinggal di ma´had bukan suatu paksaan namun keinginan pribadi, ungkapnya.

Dengan adanya ma’had, terbentuklah karakter religius, perubahan sikap dan perilaku mahasantri dengan bertambahnya tingkat kedisiplinan, sikap sopan-santun, dan manut kepada orangtua, ustadz dan ustadzah serta dosen. Saya menerima banyak tanggapan positif mengenai mahasantri Ma’had Al Jami’ah melalui wawancara dengan beberapa mahasiswa IAIN Langsa mereka mengatakan  bahwa mahasantri yang tinggal di Ma’had orangnya disiplin, pandai menyesuaikan waktu, akhlaknya baik dan keren bisa mengikuti bimbingan belajar setiap malamnya dan terkhusus untuk mahasantri putri lebih terjaga dan juga aman, ungkap mereka. 

Dengan demikian,  Ma’had merupakan sebagai langkah awal untuk membentuk mahasiswa sekaligus mahasantri sebagai generasi muda islam yang berakhlak, berkarakter, berilmu, dan beriman. Melalui penerapan kegiatan dan ajaran yang diterapkan, ma’had berupaya membentuk karakter religius mahasantri. Dengan upaya yang dilakukan diharapkan dapat membentuk karakter religius mahasantri agar menjadi lebih baik lagi. Lingkungan yang baik, aman, tenang, dan damai akan menambah dan mewarnai karakter  kita. 

Semoga dengan adanya artikel ini banyak mahasiswa yang ingin tinggal di Ma´had Al Jami´ah IAIN Langsa dan menjadi jawaban atas pertanyaan - pertanyaan mahasiswa baru yang ingin tau mengenai kegiatan Ma´had Al Jami´ah. 



Nama : Novita Yanti 

Nim : 1042019032

Prodi : pendidikan bahasa inggris

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.