Breaking News
recent

Pabrik Olahan Tahu Yang Selalu Menjaga Cita Rasa Dari Masa ke Masa

Zawiyah News | Hai kawan apa kabar kalian sehat kan masak gak sehat. Disini perkenalkan nama putri rahayu  saya mahasiswa yang melakukan pengabdian disnini saya sedikit bercertia tentang olahan kedelai yaitu tahu. Tahu merupakan produk kedelai tradisional yang telah diproduksi di Indonesia selama lebih dari 600 tahun. Ini adalah makanan sehat, terjangkau dan serbaguna. Tahu juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik.

Tahu telah menjadi bagian penting dari makanan Indonesia selama berabad-abad, dengan catatan sejak abad ke-12. Pabrik tahu pertama didirikan di Indonesia pada awal abad ke-20, dan sejak itu produksi tahu terus meningkat dari sekitar 500 ton per tahun menjadi sekitar 2.500 ton per tahun saat ini.

Pabrik tahu yang selalu menjaga citra rasa dengan memastikan bahwa setiap batch tahu rasanya enak adalah pabrik milik pak hasan yang didirikan pada tahun 1989 oleh pak hasan yang ingin mempromosikan masakan Indonesia dan membuka lapangan kerja bagi rekan senegaranya. Letak lokasi dari pabrik sendiri di kota langsa yang terkenal dengan mangrove nya namun juga banyak pabrik olahan kedelai seperti tempe dan juga tahu.

Tahu merupakan makanan yang populer di Indonesia. Ini adalah makanan yang telah ada selama berabad-abad dan masih dikonsumsi oleh orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Tahu berasal dari Tiongkok dan dibawa ke Jepang oleh para biksu Buddha yang sedang bepergian ke sana. Beberapa tempat yang menjadi jalan perdagangan dunia ialah selat malaka yang selalu padat dan ramai di lintasi oleh semua para pedagang yang dari seluruh dunia.

Tahu terbuat dari kacang kedelai yang direbus, dihaluskan, lalu disaring hingga menghasilkan dadih putih yang lembut. Jenis tahu dapat ditentukan dari jumlah air yang digunakan dalam proses - jika lebih banyak air yang digunakan, tahu akan lebih lunak dan halus; jika air yang digunakan lebih sedikit, tahu akan lebih kencang dan padat.

Pengelolaan limbah tahu bisa jadi sulit tetapi tidak harus karena betapa serbagunanya zat ini. Misalnya, limbah tahu bisa diubah menjadi pakan ternak atau pupuk organik jika Anda memiliki peralatan yang tepat.

Popularitas tahu di Indonesia dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-17 ketika diperkenalkan oleh para pedagang Cina. Pada awalnya tahu hanya digunakan sebagai pengganti daging, namun seiring berjalannya waktu, tahu menjadi populer sebagai makanan sehat. Saat ini, masyarakat Indonesia mengkonsumsi lebih dari 30 juta ton tahu setiap tahun. 

Diaceh sendiri khusunya kota langsa olahan kedelai atau tahu ini begitu degamrin dari yang anak anaka, remaja dan juga kalangan orang tua. Harga yang terjangkau enak dan banyak makanya orang sangat suka. Tahu putih yang di olah di pabrik ini menjadi kegemaran kaum ibu ibu yang suka memasak karena tekstur nya yang lembut dan renyah ketikah di goreng membuat banyak orang yang menyukainya.

Bukan tahu putih saja yang bisa di olah namun banyak seperti tahu kuning tahu bohong dan masih banyak lagi. Biasanya tahu di buat untuk jajanan angkringan atau yang sering manggkal di pinggir jalan, seperti bakso dan tahu baka, siomay,t tahu balek, bakso tahu dan tahu crispi. Semakin banyak olahan tahu yang kita lihat semakin banyak orang yang menggemari tahu.

Tahu terbuat dari kedelai oalahan lain yang bisa dibilang sisa bahan dari olahan tahu iyalah olahan susu kedelai dan proses pembuatannya melibatkan pengepresan susu untuk memisahkan dadih dari whey. Dadih kemudian dibentuk menjadi balok dan ditekan lagi untuk menghilangkan kelebihan air sebelum dipotong menjadi balok atau kubus yang lebih kecil. 

Sisa airnya itu susu kedelai banyak juga di aceh khusunya kota langsa yang banyak menggemarin olahan susu kedelai yang banya di gemarin karena ada nya penyakit alergi dengan susu sapi, susu kedelai menjadi opsi pilihan penambah nutrisi bagi anak anak yang tidak bisa minum susu sapi seperti kebanyakan anak anak lainnya.

Ada dua jenis tahu: segar dan olahan. Tahu segar tidak diolah sama sekali sedangkan tahu olahan sudah dikeringkan, digoreng atau direbus beberapa menit sebelum dikemas untuk dijual atau dimakan langsung dengan sayur dan nasi.

Pengelolaan limbah tahu merupakan masalah yang perlu dibenahi karena banyak orang berpikir bahwa setelah Anda membuat sesuatu, namun ada juga solusi nya karena ada penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli bahawasnya manfaat dari limbah olahan kedelai dapat membuat mempercepat proses pertumbuhan dari tanaman. 

Membuat sanitasi pembuangan limbah juga harus diperhatikan agar tidak mencemari lingkungan dan di letakan dalam satu wadah yang cukup menampung dari limbah olahan kedelai. Dengan semakin baik mengelolah pabrik maka akan mendapatkan kebersihan yang optimal dan juga menjaga kualitas rasa dari makanan yang kita hasilkan.

Mungkin hanya sampai sini saja pembahasan saya, maka ini kami pamit dan undur diri kalau ada kritik dan saran komen saja di bawah sampai jumpa lagii.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.