Breaking News
recent

Proses pembuatan Kripik Cinta Mas Hendro yang Melegenda di Tanah Sumatera Utara dan Aceh

 


Zawiyah News | Singkong adalah salah satu jenis umbi – umbian yang mengandung karbohidrat.  Singkong juga bahan makanan yang sangat mudah untuk diolah. Beberapa daerah di Indonesia   juga menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong mengandung vitamin C yang dikenal sebagai zat penting dalam collagen. Collagen sendiri berfungsi untuk mempertahakan elasttisitas pembentukan kulit. 

Singkong bahan yang sangat mudah untuk dijadikan olahan makanan salah satunya makanan ringan yang sering disebut sebagai keripik singkong. Makanan ringan ini banyak diminati kebanyakan masyarakat karena lezat, gurih, dan renyah. Keripik singkong bisa dibilang menjadi peluang usaha yang sangat sukses, salah satunya ialah “mas hendro”. Usaha ini menjadi peluang besar bagi mas hendro, “keripik cinta mas hendro” tak asing lagi bagi masyarakat lintasan Aceh – Sumut. Tempat tersebut sudah menjadi rest area bagi masyarakat lintasan Aceh – Sumut.

Asal usul dinamakannya keripik cinta, awal mula nama usaha ini adalah keripik maknyus. Namun mas hendro mengikuti pelatihan mewakili sumatera utara dan ditanya mengapa menamakan usaha tersebut dengan nama “maknyus” lalu mas hendro menjawab “karena keripik ini dibuat dengan penuh cinta”, maka sepulangnya ia dari pelatihan tersebut, mas hendro langsung mengganti nama usahanya seperti saat ini “keripik cinta mas hendro”. 

Tak hanya itu keripik cinta mas hendro sudah terdaftar KEMENKUMHAM sebagai hak cipta merk mas hendro. Mas hendro mempunyai kurang lebih 300 pekerja, dengan dibuatnya usaha tersebut mas hendro sangat membantu bagi masyarakat, khususnya masyarakat Gebang Kabupaten Langkat. “keripik cinta mas hendro” juga menyediakan makanan dan minuman gratis untuk pengunjung yang singgah di rest area tersebut. “makanan gratis ini dibuka awalnya setiap jumat, namun alhamdulillah bertambah rezeki kami buka lagi setiap bulan puasa, dan alhamdulilahnya bertambah lagi hingga setiap hari seperti saat ini.”, mas hendro.

Tak hanya itu keripik cinta mas hendro juga menyediakan sanggar tari untuk masyarakat sekitar, “awal mula dibukanya sanggar ini sebenarnya untuk menghindari anak mas hendro dari ketergantungan smartphone maka dari itu mas hendro membuka sanggar tari tersesbut  dan mengajak masyarakat setempat”, ujar salah satu karyawati mas hendro.

Dalam sehari “keripik cinta mas hendro” menghabiskan 2 – 3 ton bahan baku singkong. Contoh bahan singkong yang bagus untuk pembuatan keripik singkong yang lezat dan gurih :

1. Umbi singkong harus yang baru dicabut dari tanah atau dipanen, dimana warna kulitnya masih segar dan tidak kusam.

2. Hindari memilih singkong yang sudah terlalu lama disimpan atau dalam arti kata terlalu lama berada diluar tanah, daya tahan singkong sebelum berubah struktur daging umbinya maksimal adalah dua hari dari waktu panen.

3. Usahakan untuk memilih singkong yang masih muda jangan yang terlalu tua karena akan membuat hasil keripik singkong menjadi keras. Umbi singkong dikatakan masih muda apabila dipanen sekitar umur 3 atau 4 bulan.

4. Jangan salah memilih jenis varietas singkong yang digunakan, ada dua jenis besar varietas yaitu varietas singkong manis dan varietas singkong pahit, gunakan dari varietas singkong manis karena varietas singkong pahit hanya cocok digunakan Industri Tapioka.

5. Periksa daging umbi singkong agar bisa dipastikan tidak ada garis serat berwarna biru kehitaman yang menandakan bahwa umbi singkong telah layu.

Cara Pengolahan Keripik Singkong :

1. Pengupasan dan Pembersihan

Dari tahap pemilihan bahan baku cara pengolahan keripik singkong selanjutnya adalah pengupasan kulit ari umbi singkong hingga bersih. Kemudian dilanjutkan pada tahap pencucian umbi yang sudah terkupas dengan air bersih, ada baiknya pencucian dilakukan berulang untuk memastikan kebersihannya atau lebih baik lagi apabila dicuci pada air yang mengalir. Cara pengolahan keripik singkong berlanjut dengan pengirisan atau perajangan umbi yang telah bersih. Arah pengirisan tergantung selera masing masing bisa arah vertikal atau arah sedikit miring, dan ketebalan pengirisan bisa kisaran antara 2 atau 3 mm.

2. Pencucian singkong

Siapkan air bersih yang mengalir. Cara pengolahan keripik singkong berlanjut dengan pencucian hasil perajangan umbi singkong..

3. Penggorengan

Cara pengolahan keripik singkong berlanjut pada proses penggorengan, siapkan penggorengan besar yang telah diisi dengan minyak goreng, pastikan api atau temperatur pada minyak penggorengan pertama tidak terlalu panas sekali, sedangkan temperatur pada minyak penggorengan kedua harus lebih panas dari yang pertama, tujuan dari teknik tersebut agar hasil keripik menjadi lebih mengembang dan lebih renyah. Goreng singkong pada penggorengan pertama hingga setengah matang, kemudian lanjutkan pada penggorengan kedua hingga matang. Pastikan pada proses penggorengan ini hasil keripik tidak menjadi gosong.

Karena cita rasa yang berbeda dari kepipik cinta mas hendro membuat pengunjung ramai berdatangan ke area tersebut.


Penulis: Nadi Barokah (KKN DR-Media Sosial) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.