Breaking News
recent

Racana IAIN Langsa Go to School SMP N 1 Idi Timur

 Sesi Foto Bersama Saat Pembukaan Persami (Docs. Wildan Septian)


Zawiyah News | Aceh Timur - Unit Kegiatan Khusus (UKK) Racana Pramuka Institut Agama Islam Negeri Langsa mengadakan kegiatan Racana go to school yang bertempat di SMP Negeri 1 Idi Timur, Jum'at-minggu (23-25/12/22).

Kegiatan ini di adakan untuk menghadiri perkemahan Sabtu-Minggu yang dilakukan oleh pembina Pramuka SMP Negeri 1 Idi Timur yang bertujuan agar siswa bisa lebih mengenal ilmu kepramukaan dan meningkatkan skill siswa dalam beradaptasi dalam lingkungan,melatih fisik dan mental siswa. Selain itu, melatih mental dan kemampuan di bidang publik speaking bagi anggota racana dalam bermasyarakat.

Sambutan yang hangat masyarakat menyelimuti kedatangan kami, dengan berbekal ilmu yang ada di gugus depan, racana IAIN Langsa memulai dengan pembelajaran ilmu agama atau pengajian  dengan anak-anak yang ada di sekitar SMP Negeri 1 Idi Timur dan mempersiapkan alat dan tempat untuk melaksanakan perkemahan Sabtu-Minggu yang akan dilakukan esok hari. 

Berganti hari dengan semerbak kesejukan pagi hari dengan hamparan sawah di samping halaman sekolah. Tempat dimana fokus kami membuat kegiatan kepramukaan. Pramuka adalah salah satu kegiatan yang mengembangkan karakter kaum pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Ada tiga kegiatan inti dalam kepramukaan yang di laksanakan oleh racana Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien IAIN Langsa yakni pembekalan kepramukaan, sosialisasi lingkungan dan salam ke Gampong. 

Sekitar 15 personil anggota racana Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien IAIN Langsa memberikan pengetahuan sekaligus praktek tentang ilmu kepramukaan kepada siswa/siswi SMP N1 IDI Timur. Pembekalan kepramukaan ini bertujuan untuk memberitahukan pemahaman kepada siswa/I bagaimana arti penting kepramukaan agar para anggota pramuka lebih siap, tangguh dan berani dalam segala halangan dalam kehidupan bermasyarakat.  Antusias mereka dalam materi ini sangat besar ditambah lagi kakak-kakak racana yang keren dan kece.


Selain itu, sosialisasi tentang lingkungan menjadikan materi kedua dalam kegiatan ini. Beranjak dari kurangnya penghijauan di areal sekolah dan minim nya pengetahuan tentang pelestarian lingkungan, Racana teuku Umar dan Cut Nyak Dhien IAIN Langsa memberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah dan perawatan lingkungan. Salah satu nya adalah penanaman pohon disekitar halaman sekolah. Tidak hanya di sekolah saja, penanaman pohon juga dilakukan di perkarangan kantor keuchik, masjid dan tempat pengajian yang ada di Seuneubok Kuyun, kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur. 

Di penghujung kegiatan Racana IAIN Langsa menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Gampong Seuneubok Kuyun. Mendengarkan petuah dan pesan yang disampaikan memberikan bekal kami pada kegiatan ini agar bisa dibawa pulang sebagai buah tangan dari tempat yang sangat hangat ini. Pengalaman yang berharga serta ilmu bagi kami Racana Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien IAIN Langsa sebagai bekal agar lebih baik kedepannya dan menjadikan Racana sebagai wadah para mahasiswa/I IAIN Langsa dalam mengembangkan karakter dan kepribadian yang lebih baik lagi.

"Terimakasih kepada para kakak-kakak Pramuka IAIN Langsa yang sudah meluangkan waktu memberikan pengetahuan kepramukaan kepada anak-anak kami, semoga kegiatan ini menjadikan tombak awal silaturahmi antar kakak-kakak Pramuka sekalian." Ujar Muhammad Syuid AR, S.Pd, MM selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Idi Timur.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.