Breaking News
recent

Kebersihan Salah Satu Kenyamanan Belajar Santri di Dayah FMA Furu' Hadi `Asyar


Zawiyah News | Lingkungan memiliki arti besar bagi kehidupan semua manusia. Lingkungan hidup merupakan salah satu upaya untuk mengetahui bagaimana alam ini bekerja dalam arti lain bagaimana manusia mempengaruhi lingkungan dan menyelesaikan persoalan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Menjaga lingkungan adalah kewajiban setiap individu, selain merupakan anugerah dari Sang Pencipta kepada hamba-Nya, kesehatan lingkungan juga harus dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit. Karena kesehatan itu tidak ternilai harganya. Terkadang kita melupakan nikmat ini saat kita sehat, dan saat kita sakit kita hanya melihat dan merasakan nilai kesehatan. Tubuh yang sehat dicapai melalui olahraga teratur, makanan bergizi dan lingkungan yang sehat dan bersih. Seringkali karena kesibukan kerja kita tidak memperhatikan lingkungan yang sehat, sehingga lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya yang mengkhawatirkan adalah demam berdarah dengue (DBD), karena dapat mengakibatkan kematian.

Kebersihan lingkungan adalah ruang yang tidak ada kotoran seperti debu, sampah dan bau. Sanitasi lingkungan selalu menjadi topik pembicaraan dan perhatian yang terus meningkat di Indonesia. Kasus terkait masalah kebersihan lingkungan terus meningkat setiap tahunnya. Kita harus mengetahui manfaat lingkungan yang bersih karena lingkungan yang bersih sangat bermanfaat bagi kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Keuntungan dari lingkungan yang bersih adalah Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan mendingin. Bebas dari polusi udara. Air menjadi lebih bersih dan dapat diminum.  Lebih tenang saat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Kebersihan lingkungan jauh lebih menguntungkan, maka pentingnya kebersihan lingkungan harus disadari oleh rumah sendiri, misalnya rajin menyapu halaman, rajin membersihkan selokan, membuang sampah pada tempatnya. lebih banyak. Lingkungan lebih baik bila semua orang mengetahui dan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan, karena itu harus diajarkan sejak dini, dari sekolah mereka diajarkan untuk hidup selalu bersih. Selain hal-hal di atas, kita juga perlu saling mendukung agar bersama-sama kita dapat mencapai tujuan kita menjaga lingkungan yang sehat agar tidak terjadi penyakit atau hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari dan agar anak cucu kita dapat menikmati.

Pandangan agama mengenai lingkungan, Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107 yang artinya: "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam". Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah. Demikian tinggi, indah dan terperinci aturan Sang Maha Rahman dan Rahim ini, sehingga bukan hanya mencakup aturan bagi sesama manusia saja, melainkan juga terhadap alam dan lingkungan hidupnya.

Lingkungan merupakan bagian ciptaan Allah SWT, dan setiap muslim berkewajiban menjaganya. Islam memberi pedoman terhadap semua sisi kehidupan, termasuk lingkungan. Islam memberikan Pengetahuan bagaimana bersikap untuk menjaga lingkungan, memperbaiki atau melestarikannya. Lingkungan menurut Islam mencakup semua usaha kegiatan manusia dalam sudut ruang dan waktu. Lingkungan ruang, mencakup bumi, air, hewan dan tumbuh-tumbuhan serta semua yang ada di atas dan di dalam perut bumi, yang semuanya diciptakan Allah untuk kepentingan umat manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Sebagai khalifah, manusia diberi tangung jawab pengelolaan alam semesta untuk kesejahteraan manusia, Kekhalifahan menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap alam. 

Tujuan Lingkungan diciptakan adalah bukan untuk dirusak, dicemari, dan dihancurkan , akan tetapi untuk difungsikan semaksimal mungkin dalam kehidupan. Harus diperhatikan bersama salah satu contoh dalam melestarikan lingkungan yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya, mungkin tidak langsung terasa dampaknya apalagi sampah tersebut hanya plastik" sisa makanan atau sejenisnya, tetapi lama kelamaan akan menumpuk dan dapat mencemari lingkungan sekitarnya. Dayah Furu' Hadi 'Asyar salah satu Dayah yang menerapkan kebersihan kepada santri untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga Dayah tersebut tampak indah dipandang, bersih dilihat, dan nyaman dirasakan. Timbul pertanyaan. "Mengapa Dayah Furu'Hadi 'Asyar ini bisa menerapkan kebersihan di Dayah tersebut?" Pimpinan Dayah furu' Hadi Asy'ari tgk Mursyidin Ilyas sekaligus guru yang mengajar di Dayah tersebut telah mengajarkan dan menerapkan kedisiplinan sejak awal mula Dayah itu didirikan, dan beliau juga tidak hanya semata-mata memerintah saja kepada anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan, akan tetapi beliau sendiri juga menjaga kebersihan sebagaimana yang ia terapkan kepada santari-santrinya seperti membuang sampah pada tempatnya dan contoh-contoh baik lainnya. Itu lah yang dilakukan didayah furu' Hadi 'asyar sehingga Dayah tersebut menjadi bersih, bebas dari sampah.


Nuzulul Desvia

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.