Breaking News
recent

Kegiatan Pengajian Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Pembentukan Jiwa Keagamaan Masyarakat Gampong benteng

Dokumentasi Kegiatan Setelah Pengajian

Zawiyah News | Assalamualaikum, Wr.Wb..

Kami dari kelompok KPM Ks dari Institut Agama Islam Negeri Langsa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang beranggotakan Ita Purnama Sari Nim. 4032019044 Prodi Manajemen Keuangan Syariah, T.muharir Asy'ari Nim. 4012019037 Prodi Perbankan Syariah, dan Achmad Ridwan Nim. 4012019122 Prodi Perbankan Syariah. 

Islam adalah agama yang sudah sangat mengakar dalam masyarakat dan budaya Indonesia. Islam adalah satu – satunya agama yang banyak di dapati di Inonesia. Islam juga memiliki pengaruh antara budaya dan kebiasaan masyarakat lokal dengan ajaran Islam serta kebiasaan dari daerah-daerah Islam lainnya membentuk satu wajah Muslim yang khas. Belakangan berbagai gerakan pembaharuan di bidang sosial keagamaan dan pendidikan Islam muncul di Indonesia. 

Pengajian atau majelis taklim adalah lembaga atau organisasi swadaya masyarakat murni yang dibentuk dengan pelaksanaan kegiatannya dilakukan, dikelola, dipelihara, didukung dan dikembangkan oleh para anggotanya. Majelis taklim merupakan suatu wadah aspirasi masyarakat yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Karena majelis taklim merupakan lembaga yang lahir dari masyarakat, yang memiliki akar yang kuat menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang strata sosial. Majelis Taklim juga merupakan lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non formal Islam, sehingga keberadaan majelis taklim dalam era globalisasi sangat urgen dan salah satu benteng terpenting dalam menangkal dampak negatif dari globalisasi. Selain berfungsi untuk membina dan mengembangkan ajaran Islam, Majelis Taklim juga berfungsi sebagai taman rekreasi rohaniah, ajang silaturahim massal, sarana dialog antar ulama dan ummat, dan juga sebagai media penyampai gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan ummat dan bangsa. Menurut Rodiyah dalam bukunya “Dakwah dan Pemberdayaan Perempuan di Majelis Taklim” Selain sebagai wadah untuk menimba ilmu pengetahuan agama, Pengajian juga dapat menjadi wadah bagi perempuan untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, sehingga bakat dan keterampilan yang dimiliki oleh jamaah dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang ada di pengajian.

 Pengajian yang dilaksanakan rutin disetiap satu minggu satu hari menjadikan wadah tempat para jamaah bertukar fikiran atau tempat mengetahui bagaimana tata cara berprilaku sesuai dengan ajaran islam dan pandangan ulama. Para jamaah sangat merasakan maanfaat dari pengajian ini, tak hanya bertukar pendapat, pengajian juga berkegiatan membaca al-qur’an atau belajar al-qur’an bagi para jamaah nya yang kurang lancar dalam membaca al-qur’an. Para muda – mudi gampong benteng juga ikut meramaikan pengajian di mushala tersebut, para muda mudi yang ikut dalam pengajian biasanya berumah dari 10 tahun sampai dengan yang sudah beranjak dewasa, mereka mengisi waktu luang mereka dengan mengikuti pengajian. Walaupun para warga gampong benteng yang ikut pengajian ada juga warga yang tidak mengikuti pengajian karena adanya kepentingan lain. Kondisi tempat mereka berkumpul dan mengaji adalah mushala gampong benteng yang sudah berdiri sejak lama, dengan dana pemerintah yang kurang menjadikan mushala tempat jamaah mengaji kurang adanya fasilitas maupun tempat pembaruan yang ada di sekitar bangunan mushala. Kepedulian serta bantuan pemerintah sangat dibutuhkan di setiap mushala – mushala gampong yang ada di perkampungan Aceh Timur, karena mushala merupakan tempat berkumpulnya jamaah dalam mengaji maupun beribadah menghadap yang maha kuasa, fasilitas yang lengkap akan memberikan kenyamanan jamaah atau pengguna mushala dalam menjalankan aktifitasnya di dalam mushala juga secara tidak langsung dapat menarik para warga untuk lebih sering beribadah atau sholat jamaah di mushola gampong benteng. Pemeliharaan mushala yang sring warga lakukan juga menjadikan mushala terawat dan menjadikan mushala tetap kokoh sampai saat ini. 

Manfaat yang dirasakan para jamaah pengajian di mushala gampong benteng, pengajian yang di laksanakan rutin sangat berpengaruh dalam meningkatkan iman dan imun para warga gampong benteng, terlihat dari berbagai kegiatan dan bentuk nyata yang telah dilakukan. Untuk meningkatkan iman jamaah, Pengajian menyelenggarakan kajian-kajian seputar hokum yang sering terjadi atau bagiamana cara – cara melakukan atau berkegiatan yang baik dalam pandangan ulama yang dikaitkan dengan keimanan dan memberikan pemahaman kepada setiap anggota untuk menyikapi masalah – masalah yang terjadi di keseharian dengan penuh ikhtiar dan tawakal dengan meningkatkan ibadah. Semoga para warga senantiasa menjaga selalu dan meramaikan pengajian agar menjadikan pengajian menjadi rutinitas setiap harinya bagi mereka.

Sekian dari tugas Artikel KPM Ks kami, mohon maaf apabila ada salah pengugunaan kata maupun tulisan, semoga artikel ini dapat memberika manfaat bagi setiap pembacanya, dan dapat dijadikan pertimbangan bagi pemerintah Aceh Timur. Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.