Breaking News
recent

Maulid di Desa Sungai Pauh Induk Memperkuat Ukuah Islamiah Umat

Zawiyah News | Maulid nabi merupakan salah satu hari besar islam yang dirayakan oleh umat muslim, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sarana bagi warga Desa Sungai Pauh Induk untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Perayaan maulid nabi di bumi berjuluk Serambi Mekkah ini sangat kental terasa. Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw merupakan sebagai peringatan bagi umat Islam atas kelahirannya Nabi besar Muhammad saw. Maulid dilakukan biasanya pada hari ke 12 Rabiul awal, bulan ketiga dalam kalender Islam. Tanggal Maulid akan berubah setiap setiap tahunnya. 

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani mengatakan peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW bermakna rasa syukur kepada Allah atas kelahiran Nabi tertuang di dalam As-Suyuthi: 63.

والشكر لله تعالى يحصل بأنواع العبادات كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي صلى الله عليه وسلم الذي هو نبي الرحمة في ذلك اليوم

Artinya: "Syukur kepada Allah SWT terwujud dengan berbagai jenis ibadah, misalnya sujud (salat sunah), puasa, sedekah, dan membaca Alquran. Adakah nikmat yang lebih besar pada hari ini dari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nabi kasih sayang."

Adapun dalil yang menjadi dasar peringatan Maulid Nabi besar Muhammad saw adalah QS Yunus ayat 58 yang berbunyi sebagai berikut: 

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِه فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.”

Dari ayat diatas tersebut para ulama berpendapat termasuk Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani percaya bahwa Seluruh umat islam yang ada di dunia diperbolehkan untuk bergembira dan mensyukuri atas kehadiran atau kelahiran Nabi besar Muhammad saw. Selain dalil diatas terdapat dalil dalil yang lain atas dasar peringatan Nabi Muhammad saw diantaranya: QS Maryam ayat 33, QS Ibrahim ayat 5, dan QS Al-Jatsiyah ayat 14. 

Adapun tujuan diadakannya Maulid Nabi besar Muhammad saw diantaranya adalah:

Sebagai wujud rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad saw

Sebagai bentuk rasa syukur umat muslim kepada Allah swt yang telah mengaruniai kita umat muslim dengan rahmat dan kelahiran Nabi besar Muhammad saw

Sebagai momen paling penting dikehidupan kita untuk mengingat Kembali pengorbanan yang tela dilakukan oleh Nabi besar Muhammad saw untuk umat manusia secara keseluruhan khususnya umat islam. 

Untuk memuliakan Nabi besar Muhammad saw, dikarekan memuliakan Nabi besar Muhammad saw merupakan salah satu cara agar hidup kita dikaruniai oleh Allah swt. 

Untuk memuji Nabi Muhammad karena alam tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, sebagaimana tercantum dalam Hadits Qudsi, laulaka laulaka maa khalaqtu aflak. Ketiga, tujuan peringatan ini adalah thalabul ilmi, yaitu ajakan untuk mencari ilmu guna mempertebal keimanan dan akidah terhadap ajaran tauhid kepada Allah.

mendorong umat Muslim untuk mempelajari hukum-hukum dalam ajaran Islam lebih baik sehingga bisa berguna untuk kehidupan. Terakhir, tujuan memperingati Maulid Nabi adalah lil uswah, yaitu mempertegas keimanan bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat muslim. Di mana Nabi Muhammad satu-satunya utusan Allah yang menyebarkan sekaligus membimbing umat Islam untuk melaksanakan perintah dan ajaran Allah. 

Sebelum melakukan Acara Maulidirrasul di Desa Sungai Pauh Induk, maka para warga melakukan gotong royong bersama, Adapun gotong royong persiapannya di Mushalla Darussalam Gampong Sungai Pauh dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad ﷺ Tahun 1444 Hijriyah. Aktivitas yang dilakukan oleh panitia antara lain pemasangan teratak, membersihkan lingkungan mushalla, menyembelih sapi dan kambing serta memasak untuk disajikan saat acara Maulidur Rasul pada keesokan harinya. Gotong royong dilakukan oleh para pemuda, tokoh masyarakat, perangkat gampong, Imam, Geuchik, Sekretaris Gampong, Tuha Peut dan ibu-ibu yang bekerja sama serta penuh semangat dalam mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan (Jum'at, 23 Desember 2022 Pukul 14:00 s/d 02:00 WIB dini hari). 

Kegiatan yang berlangsung di Jalan Putro Bungsu RT 004 Dusun Satria Gampong Sungai Pauh ini diketuai oleh Sdr. Hermanto dan Bapak Aguslim Tanjung (Geuchik), Tgk. Armansyah, S.Pd.I bersama Tgk. M. Ilham (Imum) sebagai penasehat/ motivator. Dalam kesempatan ini Geuchik dan Imum menyampaikan "dengan tetap semangat setiap tahunnya kita berbagi kepada sesama, Alhamdulillah tahun ini kita hidangkan Kuah Belangong dua ekor sapi dan satu ekor kambing (hidangan Perancis) yang disajikan untuk masyarakat dalam pelaksanaan Maulidur Rasul, Insyaa Allah keberkahan dunia akhirat akan kita dapatkan, begitu luar biasa perjuangan Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam menegakkan Agama Islam yang diridhai Allah SWT tidak lupa segenap panitia mengucapkan terimakasih banyak kepada semua partisipan yang telah saling membantu pad kegiatan ini.  

Dimana mayoritas masjid dan mushalla mengadakan kenduri maulid (makan bersama nasi maulid). Ada juga santunan anak yatim. Penampilan dalail khairat, zikir dan lantunan shalawat kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW. Agenda kenduri dalam rangka memperingati Maulidur Rasul Tahun 1444 Hijriyah di Mushalla Darussalam Gampong Sungai Pauh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa, acara yang dilengkapi santunan kepada anak-anak yatim/ piatu/ yatim piatu ini berlangsung pada Hari Sabtu Tanggal 24 Desember 2022 Pukul 09:00 s/d 13:00 WIB.  

Adapun pahala yang akan didapati ketika mengikuti Acara Maulid Nabi menurut warga sekitar diantaranya adalah: 

Umat Muslim yang merayakan Maulid Nabi akan mendapatkan pahala ta’dzimunnabi atau pahala mengagungkan Nabi Muhammad SAW. Datang ke majelis peringatan Maulid Nabi, berarti Anda datang dengan tujuan untuk mengagungkan kemuliaan Nabi Muhammad.

Akan mendapatkan pahala bershalawat. Seperti diketahui, shalawat Nabi adalah amalan sunah yang memiliki banyak keutamaan. Bahkan dikatakan, amalan ini berbeda dengan ibadah lain. Jika ibadah lain dilaksanakan dengan riya maka pahalanya akan gugur. Semetara shalawat yang dilaksanakan dengan riya sekalipun, pahalanya tidak akan gugur

Akan mendapatkan pahala mendengarkan ceramah dan syiar Islam. Datang ke kajian dalam peringatan Maulid Nabi, berarti Anda sudah mendapatkan pahala karena mendengarkan ceramah dan syiar Islam yang disampaikan oleh ulama atau ustaz.

Datang ke majelis untuk peringatan Maulid Nabi juga memberikan pahala silaturahmi. Di mana Anda bisa bertemu dengan saudara sesama Muslim, menjalin silaturahmi dengan baik dalam pertemuan tersebut.

Akan mendapatkan pahala dari peluang berinfak dan sedekah. Saat mengikuti acara majelis, ambil kesempatan menyisihkan sebagian harga untuk infak dan bersedekah. Ini termasuk salah satu amalan yang dianjurkan saat merayaan peringatan Maulid Nabi.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.