Breaking News
recent

Melestarikan Lingkungan Hidup Melalui Gotong Royong di Desa Lhokbani

Zawiyah News | Setiap negara pasti memiliki budaya yang khas dan berbeda dari yang lain. Kita sebagi warga Indonesia pastinya memiliki hidup bermasyarakat maka dari itu untuk terwujudnya kerja sama yang baik yaitu dengan kerja bakti atau gotong royong yang di lakukan bersama- sama.

Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai  keanekaragamannya dan tetap memeliharanya. 

Pendidikan pelestarian lingkungan hidup penting bagi kita semua, karena dapat menyadarkan manusia tentang masalah lingkungan hidup yang ada di sekeliling lingkungan kita. Pada dasarnya pelestarian lingkungan bertujuan untuk meningkatkan sikap individu dalam melestarikan lingkungan, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan tindakan positif terhadap masyarakat.

kita juga dapat melakukan kegiatan lain untuk menjaga kelestarian lingkungan kita dimanapun itu dari hal yang paling mudah. Dengan cara mengurangi pemakaian kantong plastik seperti yang di ketahui kantong plastik merupakan suatu limbah yang sangat sulit untuk terurai. Jadi lebih baik kita menggunakan wadah yang kita bawa sendiri. Gunakan botol minuman dari kaca yang dapat digunakan berkali-kali untuk menghindari pembelian air mineral botol atau gelas yang akan menimbulkan sampah plastik.

Indonesia dikenal sebagai masyarakatnya yang senang bergotong royong. Menurut sejarah, gotong royong di Indonesia sudah ada sejak tahun 2000 SM atau tepatnya sekitar tahun 1800-an. Saat bangsa Eropa datang ke Indonesia, masyarakat Indonesia melakukan gotong royong untuk menyelesaikan pekerjaan untuk keperluan bersama. 

Gotong royong (solidaritas sosial) merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain, sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain.

Adapun tujuan dan manfaat dari gotong royong ini sendiri yaitu Pekerjaan akan terasa ringan karena dikerjakan bersama-sama dan membuat beban kerja menjadi lebih ringan.

Gotong royong juga suatu bentuk dari kearifan lokal yang bisa membuat kehidupan bermasyarakat dalam menumbuhkah kerja sama dan meningkatkan kepedulian dalam bermasyarakat berdasarkan semangat bersama.

Ada beberapa nilai yang bisa kita ambil dari  gotong royong ini yaitu :

1. Persatuan 

dari kata satu yang artinya utuh sehingga persatuan mengandung arti bergabungnya macam macam golongan menjadi satu ikatan atau kesatuan yang utuh.

2. Kebersamaan 

memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa.

3. Tolong menolong 

merupakan sikap saling membantu untuk meringankan kesulitan yang dirasakan orang lain. Tolong-menolong adalah termasuk perbuatan yang baik atau disebut akhlakul karimah. Manusia yang kodratnya dilahirkan sebagai makhluk sosial tidak akan mampu hidup sendiri.

4. Sosialisasi

usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok.

5. Rela berkorban.

bersedia dengan ikhlas, senang hati, dengan tidak mengharapkan imbalan dan mau memberikan sebagian yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya.

Dalam membangun desa yang sehat maka pentingnya masyarakat dalam kerja sama supaya terwujud nya kerbersamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bisa membuat desa dan lingkungan sekitar menjadi desa yang sehat. 

​Memang dalam mewujudkan desa sehat bukanlah hal yang mudah, karena didalamnya terdapat berbagai aspek yang berperan, mulai dari aspek sosial-budaya, pendidikan, kebijakan daerah hingga kesadaran masyarakat desa untuk mau merubah pola pikir dan kebiasaan-kebiasaan mereka yang selama ini tidak sesuai dengan pola hidup bersih dan sehat. Dalam konteks ini aspek peningkatan pendidikan masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan simulasi mengenai terkait permasalahan kesehatan yang biasanya timbul di masyarakat sehingga ada pemahaman dan pengetahuan dasar, yang dengan sendirinya akan mendorong kearah perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat.

Kami mahasiswa KPM IAIN LANGSA melakukan gotong royong bertepatan pada tanggal 17 Desember 2022 Dimana kami melakukan kerja gotong royong bersama dalam upaya untuk membesihkan sampah-sampah yang membuat kotor dan tidak sehat bagi lingkungan sekitar. Dan kami membersihkan masjid agar jauh dari kehidupan yang tidak sehat, karena masjid tempat beribadah jadi harus terlihat bersih dan indah. Yang mana mahasiswa KKN melakukan gotong royong di  kantor geuchik dan kantor tuha Peut desa lhokbani agar selalu terlihat indah dan bersih.

Setelah kami bergotong royong kami langsung membuang dan membakar sampah dan rumput yang telah kami cabut, agar lebih terlihat bersih lingkungan sekitar. Dalam upaya kami melakukan gotong royong ini sangat berharap agar desa dan lingkungan sekitar menjadi sehat.

Desa yang sehat ini sendiri semua berasal dari gaya hidup masyarakat masing-masing, jadi pola hidup sehat itu sangat berpengaruh sekali terhadap kelestarian nya lingkungan sekitar Desa lhokbani.

Sehingga ada upaya-upaya sinergis dari seluruh komponen masyarakat desa dengan perannya masing-masing bersama berkomitmen menerapakan prinsip-prinsip hidup sehat dalam segala aspek kehidupan. 

Peran masyarakat desa dalam bidang kesehatan harus diwujudkan dalam upaya mendorong setiap individu, keluarga dan atau lembaga masyarakat termasuk swasta mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, keluarga dan masyarakat.

Dengan adanya di lakukan kerja gotong royong oleh kepala desa berupaya untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan menjadikan desa dan lingkungan sekitar tetap selalu sehat dan tetap menjaga kebersihan untuk kehidupan lingkungan yang sehat.


Penulis : Putri Mustika Prawita Dewi, Nuraini, Nurul Afifah Nasution

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.