Breaking News
recent

Mengenal Lebih Banyak Tentang Kuliner dan Rempah Masakan Khas Aceh

Zawiyah News | Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak bumi dan gas alam. Sejumlah analisis memperkirakan cadangan gas alam. Aceh merupakan tempat wisata yang sangat bagus.secara geografis provinsi nanggroe aceh darussalam (NAD) terletak pada 20 – 60 LU dan 950 – 980 BT. Berbatasan dengan India, Myanmar, Thailand dan Malaysia. Dan aceh termasuk suku Aceh (aksara jawoe : uerueng aceh) yang merupakan sebuah suku penduduk asli yang mendiami wilayah pesisir dan sebagai pedalaman provinsi aceh, suku aceh mayoritas bergama islam.

 Di aceh sejak 19 desember 2000 pemerintah secara definitif memberlakukan kebijakan syariat islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) untuk mencegah agar aceh tidak memisahkan diri dari NKRI dimana gejolak dan kekerasan gerakan aceh merdeka (GAM) sudah mencapai puncaknya.

Banyak sekali kuliner aceh yang sangat nikmat selain mie aceh ragam kuliner yang disajikan di aceh membuat kita sangat berselera dalam menyantapnya dan ragam isi bumbu-bumbu rempahnya digunakan dalam masakan aceh sangat pas dilidah kita. Jikalau mie aceh sering di sebut

Ada beberapa masakan khas aceh yang kaya akan rempah-rempahnya yaitu 

Kuah pliek u atau gulai patarana yang rasanya asam dan pedas dari bumbu dasar makanan ini. Kuah pliek u merupakan gulai dengan santan yang tidak terlalu kental dan berwarna kekuningan tidak terang. Kuliner ini menggunakn pliek u atau ampas kepala parut sisa minyak kelapa yang difermentasi dan dijemur hingga kering. Jika di Jawa, pliek u dikenal blondo. Makanan ini berisi beberapa sayuran, seperti pisang rebus, labu siam, terong, kacang panjang, daun melinjo, dan udang kecil. Kuah pliek u adalah kuliner yang memiliki peranan penting dalam tradisi aceh dan kuliner ini banyak ditemukan disejumlah warung nasi diaceh.

Asam keueng merupakan makanan khas aceh yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Asam keueng makin nikmat disantap dengan ikan tongkol atau bandeng, teri basah (bileh), udang atau daging bakar

• Kuah sie itek

Merupakan khas aceh yang terbuat dari daging bebek. Kuliner ini dimasak bersama rempah-rempah. Dan tersedia dua varian kuah sie itek yaitu kuah sie itek merah dan kuah sie itek putih.

• Keumamah (ikan kayu)

Keumamah adalah makanan khas aceh yang berbahan dasar ikan laut. Ikan yang digunakan adalah ikan tongkol atau cakalang. Kuliner keumamah berupa tumis ikan dengan bumbu keumamah yang kaya rempah. Ikan tongkol direbus dan dikeringkan selama tiga hari dibawah terik matahari. Lalu dimasak menggunakan macam macam rempah-rempah seperti belimbing wuluh (belimbing yang sudah dijemur), lalu cabai kering, ketumbar.

• Kue adee

Kue adee merupakan kue khas aceh yang sering juga disebut bingkang aceh yang dimasak masih banyak dengan cara tradisional dan merupakan ciri khas oleh-oleh masyarakat yang berkunjung ke daerah aceh. 

• Kuah beulangong 

Kuah beulangong merupakan khas aceh yang berupa gulai berisi daging dan nangka muda. Kuah beulangong dimasak menggunakan kuali besar yang merupakan arti sendiri dari kata beulanga yaitu besar. Bumbu yang digunakan berupa rempah-rempah yang terdiri dari beberapa macam yang membuat kita tidak lupa dengan rasanya.

• Ayam tangkap

Ini merupakan kuliner aceh yang juga populer. Masakan ini berupa ayam kampung penjantan dengan daging yang lembut dan ukurannya relatif kecil. Daging ayam yang ditenggelamkan didalam daun-daun tersebut juga bisa dimakan untuk menyantap daging ayam harus ditangkap diantara daun-daun tersebut.

Eungkot paya merupakan makanan khas yang masih mudah dijumpai di Aceh. Makanan ini banyak digemari oleh warga Aceh. Eungkot paya artinya ikan payau. Kuliner yang berupa gulai ini biasanya menggunakan ikan yang hidup di sungai atau rawa-rawa air tawar. Bahan dasarnya ada yang menggunakan ikan gabus atau disebut eungkot bache. Ada juga yang menggunakan ikan lele atau seungkoe. Kuliner ini dapat dimasak menggunakan santan tidak terlalu kental atau tanpa santan. Cita rasa eungkot paya berasal dari ketumbar sagrai dan kelapa sangrai yang ditumbuk halus. Eungkot paya juga kerap ditambah dengan rebung kala, pisang kepok, atau jantung pisang.

• Sambal ganja

Sambal ganja bukan berarti menggunakan ganja sebagai bahan-bahan di dalamnya. Nama ganja yang disematkan lantaran segarnya sambal dan rasanya yang gurih yang berasal dari belimbing wuluh, udang, sereh, dan daun jeruk. 

Setelah berwisata, tak lengkap rasanya jika tidak membeli buah tangan khas Aceh. Provinsi tersebut memiliki aneka kuliner dan cendera mata tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nah, jadi jangan lupa jika berkunjung ke aceh untuk menyantap makanan khas aceh tersebut masih banyak lagi yang membuat masyarakat perantauan yang akan rindu untuk memakan masakan aceh.


Miftahul mahira

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.