Breaking News
recent

Meningkatkan Kenyamanan Mesjid Baitul Manan di Gampong Aceh, Idi Rayeuk

Zawiyah News | Keberadaan mesjid menjadi vital dalam agama. Mesjid menjadi tempat pertemuan dengan masyarakat, mengadukan permasalahan, strategi perang, memutuskan hukuman, tempat belajar selain yang utama untuk beribadah shalat lima waktu, shalat jum’at, dan hari raya. Alasan lainnya adalah untuk memupuk silahturrahmi dengan seluruh anggota masyarakat. Dalam kondisi seperti ini seumpama ada persoalan akan lebih mudah untuk diselesaikan karena intensitas bertemu lebih banyak kemudian bila berpikir ke depan ada yang mau dilakukan akan lebih mudah juga dikerjakan dan dipikirkan karena ada waktu untuk bertemu. Keberadaan mesjid sudah banyak sekali. Seringkali ditemui ketidakraturan dalam lingkungan mesjid. Saat melihat ketidakraturan tersebut yang dirasakan adalah ketidaknyamanan. Hal ini tentulah sangat mengganggu konsentrasi dalam melakukan ibadah. Ketidakaturan itu menjadi suatu kebiasaan maka hal tersebut dapat mempengaruhi budaya.

Mesjid yang terletak di Gampong aceh, idi rayeuk merupakan mesjid yang sering dikunjungi bukan hanya penduduk desa melaikan banyak  pendatang yang lewat  ingin melakukan ibadah umat islam tempat yang sering dikunjungi karena terletak dijalan lintas medan-banda aceh. Mahasiswa kkn iain langsa serta pak geuchik gampong aceh idi rayeuk beserta staf dan bilal mesjid bersama-sama gotong royong membersihkan mesjid. pada tanggal 24 desember 2022.

Kebersihan adalah salah satu hal yang diupayakan oleh manusia untuk menjaga lingkungan sekitar mereka dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman. Banyak juga slogan tentang kebersihan yaitu bersih badan, bersih jiwa itulah sebaik-baiknya insan dan sebagaimana yang telah disebukan oleh ahmad, muslim dan tarmidzi dalam hadist tentang kebersihan annadhofatu minal iman yang artinya kebersihan sebagian dari iman.maka kebersihan sangat dijunjung tinggi di dalam islam. Kebersihan bisa menjadi salah satu dari iman karena merupakan sesuatu yang dicintai Allah SWT. 

Dengan lingkungan yang nyaman membuat kita melakukan ibadah pun akan terasa lebih bernilai dan khusyu’ dalam taat kepada Allah SWT. Mesjid merupakan rumah Allah SWT di dunia dan mesjid digunakan umat islam sebagai tempat beribadah dan menjadi pusat kegiatan komunitas muslim.

Mesjid yang kotor selain dapat mendatangkan najis juga akan membuat jamaah didalamnya akan membuat terganggu ditengah aktivitas ibadah. Jika didiamkan berlama-lama maka jamaah pun tidak mau kembali beribadah dimesjid tersebut . maka dari itu kebersihan di mesjid memang merupakan hal yang wajib diperhatikan. 

Ada beberapa cara untuk tetap memelihara kebersihan mesjid yaitu sebagi berikut :

1. Teratur membersihkan lantai mesjid menggunakan sapu dan mengepel menggunakan cairan pel ataupun cairan disinfektan.

2. Menjaga kebersihan karpet mesjid dengan menggunakan alat penyedot debu maupun peralatan lainnya.

3. Menata kembali mukena, sarung, sajadah, maupun alquran setelah digunakan yang sudah disediakan dimesjid.

4. Menjaga kebersihan tempat wudhu maupun toilet.

5. Membersihkan rak dan lemari serta langit-langit mesjid agar terhindar dari debu mengggunkan alat kemoceng dan alat lainnya dengan menggunakan alat tersebut sebaik-baiknya agar mesjid terlihat bersih dan nyaman.

Demi mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman maka mulailah dengan kebersihan terutama kebersihan dimesjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim.

Membersihkan mesjid dari kotoran juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jama’ah. Pahala yang diberikan oleh Allah SWT bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan mesjid juga sangat dahsyat. Adapun tiga keutamaan menjaga kebersihan mesjid sebagaimana berikut:

1. Dosanya diampuni oleh Allah SWT

Orang yang menjaga kebersihan mesjid meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang ditulis oleh imam suyuthi dalam lubabul hadits yang artinya 

“siapa yang mengeluarkan kotoran dari mesjid dengan seukuran yang dapat dipandang oleh mata, maka Allah akan mengeluarkannya dari dosa-dosa yang besar dari dirinya.

2. Dibangunkan satu rumah dan tempat disurga

Dalam hadits yang disebutkan oleh imam suyuthi dalam kitab lubabul hadits dari Sa’id Al-Khudri, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang bermakna:

Siapa yang mengeluarkan kotoran dari mesjid maka allah akan membangun rumah untuknya didalam surga.

3. Mendapat kedudukan yang mulia disisi Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat imam bukhari dan muslim yang bermaknakan “dari abu hurairah, mengenai kisah seorang perempuan yang biasa mengurus kebersihan mesjid. Dia berkata ; kemudian Nabi Saw bertanya tentang perempuan tersebut. Sahabat menjawab, ‘ia telah wafat’. Kemudian Nabi Saw berkata ‘kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku?’. Seakan-akan para sahabat meremehkan kedudukan perempuan tersebut. Kemudian Nabi Saw berkata, ‘mari kalian tunjukkan kepadaku kuburan perempuan itu. Lalu Nabi Saw menyalati perempuan tersebut.

Wallahu A’lam bishowab

Besarnya nikmat yang allah berikan kepada kita dengan hanya menjaga rumahnya di dunia ini tempat kita mencurahkan isi hati kita.Current Quick Style Set command. Both the Themes gallery and the Quick Styles gallery provide reset commands so that you can always restore the look of your document to the original.


Miftahul Mahira

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.