Breaking News
recent

Pengabdian Beraksi Syariah Jilid II IAIN Langsa

Zawiyah News | KKN-kuliah kerja nyata membentuk kegiatan pengabdian kepada masyrakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas  kepandaian dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan  pengabdian berlangsung Di Lorong Reformasi, Desa Gajah Meuntah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. 

Adapun keadaan Masyarakat di sekitar Lorong Reformasi ini mayoritasnya masyarakatnya berprofesi  80% Petani dan 20% peternak. Tetapi ada beberapa mata pencarian lainnya yaitu seperti pedagang kecil dan upah belah pinang. Ada beberapa sumber daya alam yang terdapat di lorong reformasi yaitu: 

Pertanian 

Peternakan 

Lahan sawit

Lahan pinang  

•       Dan dari transportasi menuju atau keluar dari desa ke Sungai Raya.

Adapun Pendidikan Di Lorong Reformasi hanya SD saja. Mereka tidak melanjutkan pendidikan lagi, dikarnakan jarak temput yang jauh dari desa ke-luar. SD Negeri Reformasi yang pada saat ini dipimpin oleh bapak Lukman Hakim S.pd di bangun pada tahun 2019 yang terletak Di Dusun Cakra lorong reformasi. Dan hanya terdapat dua orang guru sebagai guru tetap yaitu bapak Syarifuddin S.pd. dan ibu Sabariyah S.pd., dan satu orang guru sebagai guru pengganti yaitu ibu Suriati, yang bertempat tinggal dekat dengan sekolah. Sekolah ini berstatus Negeri dan berakreditasi C serta sistem pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013. SD Negeri reformai  juga memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti ruang kelas ruang kelas yang hanya terdiri dari 3 ruang kelas saja. 2 ruang diisi oleh murid, dan 1 ruang lagi ditempatkan sebagai kantor. Ruang pertama diisi oleh murid dari kelas 1-3. Dan ruang kedua diisi oleh murid dari kelas 4-6. Dengan murid yang terbilang sangat sedikit. sehingga membuat siswa kurang semanagt dalam belajar, Selain itu kurangnya dari Sekolah ini yaitu tidak adanya apel pagi, senam setiap pagi hari sabtu, seperti sekolah-sekolah pada umumnya dan jam masuknya juga tidak teratur. 

Banyak pelajaran bagi kami peserta pengabdian dan bagi masyarakat lorong reformasi karna adanya kami.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.