Breaking News
recent

8 Jenis Buah-buahan yang Baik Saat Sahur

 

8 jenis buah-buahan yang baik saat sahur (Nurul Fadhilah Siregar) 
Zawiyah News | Langsa - Buah-buahan memiliki manfaat penting untuk pemenuhan nutrisi harian. Buah-buahan dapat menjaga kebugaran tubuh agar tidak lemas saat menjalani aktivitas terutama saat menjalani ibadah puasa.

Berikut 8 jenis buah yang baik di konsumsi saat sahur. 

Baca juga : 7 Buah-buahan yang Baik Untuk Berbuka Puasa

1. Pir

Buah Pir memiliki nutrisi yang diketahui penting untuk kesehatan pencernaan. Seratnya dapat membantu keteraturan usus dengan melunakan tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. 

Buah Pir juga diketahui mengandung beberapa nutrisi seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, tembaga, sedikit folat, provitamin A, dan niasin (vitamin B3). Folat dan niasin penting untuk fungsi sel dan produksi energi, sedangkan provitamin A bisa mendukung kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

2. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kandungan pektin pada apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Namun, mengingat zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Akan lebih bermanfaat jika apel langsung dikonsumsi tanpa dikupas.

3. Pepaya

Pepaya memiliki banyak nutrisi mulai dari beta karoten, vitamin C, E, antioksidan, antikarsinogenik hingga carotenoid.

pepaya juga mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan sistem pencernaan serta imunitas tubuh.

4. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang kaya serat, banyak peneliti menyebutkan mengonsumsi alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. karena Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat juga bagus dalam mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa. Buah alpukat dapat dijadikan campuran smoothie atau segelas kecil jus alpukat untuk dinikmati saat sahur.

Baca juga : Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

5. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa. Nutrisinya baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Namun disarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit asam lambung untuk mengonsumsi jeruk setelah makan agar tidak memicu ketidaknyamanan di perut.

6.Jambu biji

Jambu biji juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik menjaga tubuh agar tetap bugar selama puasa.

7. Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C, A dan antioksidan untuk menjaga kebugaran tubuh serta kalori yang cukup untuk mencegah tubuh lemas saat berpuasa. 

Di samping itu, buah mangga juga kaya akan antioksidan, betakaroten, yang mendorong tubuh membentuk kekebalan dari serangan penyakit.

8. Pisang

Buah pisang mengandung kadar gula yang cepat diserap tubuh untuk menjadi sumber tenaga. Pisang juga sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf. Buah pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

Oleh : Nurul Fadhilah Siregar

Sumber : https://www.kompas.tv/article/277188/8-jenis-buah-yang-baik-dikonsumsi-saat-sahur-agar-tak-lemas-selama-berpuasa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.