Breaking News
recent

7 Buah-buahan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

 

llustrasi Buah-buahan (Foto: Pxfuel)
Zawiyah News | Langsa - Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang amat mulia bagi umat muslim tentunya, bagaimana tidak, bulan yang di dalamnya banyak terkandung berkah dan ampunan yang di nanti-nanti oleh umat Nabi Muhammad SAW. Nah pastinya udah tau semua kan bagi umat muslim, ibadah apa yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan tiba…???

Apalagi kalau bukan Ibadah Puasa yang sangat dirindukan kedatangannya oleh umat islam di seluruh dunia, bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh kenikmatan, bulan yang penuh keberkahan dan masih bayak kenikmatan yang terkandung di dalamnya.

Baca juga : Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Nahhh…Berbicara tentang Ibadah Puasa tentunya ada momen yang sangat di nanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, yakni berbuka Puasa. Momen ini merupakan momen kemenangan bagi mereka yang menahan lapar dan haus maupun menahan nafsu yang dapat membatalkan puasa tentunya. Nah… Sobat, mengonsumsi buah-buahan segar saat menjelang berbuka menjadi pilihan utama sebelum pembukaan menu makan berat.

Oke sobat mungkin masih ada yang sering kebinggungan ni saat mau belanja buah-buahan untuk berbuka, maka disini Zawiyah Ramadhan coba rekomendasiin buah-buahan yang seger dan baik untuk kesehatan tentunya. Berikut 7 buah-buahan yang cocok saat berbuka puasa.

1. Kurma

    Buah Kurma (Foto: Pixabay)
Buah kurma merupakan buat yang sangat cocok untuk berbuka puasa, kurma mengandung potassium atau kalium. Manfaat potassium atau kalium adalah untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Buah kurma juga merupakan sumber energi instan karena terdapat gula yang tinggi berupa fruktosa dan glukosa yang cocok untuk sobat konsumsi.

2. Anggur

Nah sobat buah selanjutnya yang cocok banget buat berbuka puasa adalah anggur yang juga memiliki khasiat dan rasa yang menyegarkan, bisa di olah sebagai Jus maupun di konsumsi secara langsung. Mengonsumsi buah ini dapat mencegah sembelit sebab buah ini kaya akan air dan serat.

Baca juga : 8 Jenis Buah-buahan yang baik Saat Sahur

3. Pisang

Buah pisang adalah buah yang juga sangat cocok untuk berbuka puasa sobat, selain mengenyangkan, beberapa kelebihan buah ini adalah terdapat sumber energi, mineral, dan kalium. Nah sangat cocok sobat untuk memulihkan energi tubuh.

4. Jeruk

  Buah Jeruk (Foto: Pexels)
Nah buah selanjutnya yang tak asing lagi yang sangat cocok mengilang kan haus saat berbuka puasa sobat, adapun kandungan dari buah jeruk ini adalah karbohidrat, air dan gula yang berbentuk glukosa, walaupun tinggi kandungan gulanya, buah jeruk tidak meningkatkan gulah darah dengan cepat, jadi sobat nga perlu khawatir.


5. Semangka

Buah Semangka merupakan buah  yang sangat di gemari oleh banyak orang apa lagi saat berbuka puasa, selain kaya akan kandungan air yang menyegarkan, sobat juga akan mendapatkan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan, adapun kelebihan semangka ini memiliki asupan vitamin, senyawa dan antioksidan yang mudah di cerna oleh tubuh.

6. Mangga

Buah Mangga (Foto: Pxfuel)
Buah selanjutnya yang cocok untuk berbuka puasa adalah buah mangga ni sobat, selain menyegarkan mangga memiliki juga mengandung 25% kebutuhan vitamin A dan 76% dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh sobat.

7. Apel

Buah Apel (Foto: PxHere)
Buah Apel sangat cocok saat berbuka puasa ni sobat, dengan serat kandungan yang tinggi, dapat membantu system pencernaan. Apel juga sangat baik untuk sobat dalam mengurangi resiko terjadinya diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Nah sobat, itulah beberapa buah-buahan yang cocok di konsumsi saat  berbuka puasa, selain menyegarkan buah-buah tersebut juga memiliki kandungan manfaat yang dapat menjaga kekebalan tubuh, maka dari itu mari kita rutin dalam mengonsumsi buah-buahan guna menjaga kesehatan.

Oleh : Wahyudin Syahputra

Sumber : https://www.detik.com/sumut/berita/d-6634013/11-buah-yang-cocok-untuk-buka-puasa-enak-dan-menyehatkan

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.