Breaking News
recent

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan


Perlu diketahui oleh setiap muslim bahwa 10 hari pertama Ramadhan merupakan fase terberat dalam berpuasa, hal ini dikarenakan kita baru beradaptasi dengan aktivitas tanpa makan di siang hari.

Hal ini tentu memberikan keutamaan yang besar untuk kita memaksimalkan ibadah. Nah sobat Zawiyah, apa saja sih keutamaan 10 hari pertama di bulan Ramadhan?
Ayo simak penjelasannya!

1. Dibukanya pintu rahmat

Pintu rahmat akan terbuka lebar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat muslim untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan ibadah sebanyak-banyaknya.

Hal ini merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW, Yang artinya "Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)." (HR Abu Hurairah)

2. Mendekatkan diri kepada Al-Qur'an

Salah satu amalan dan ibadah yang bisa dilakukan oleh umat muslim selama berpuasa Ramadhan adalah membaca Al-Quran, yang anjurannya terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 185.

Yang artinya ialah, "Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran.

Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan." (QS Al Baqarah Ayat 185).

3. Di kabulkannya do'a

Waktu-waktu yang tepat untuk melantunkan doa-doa yaitu di waktu adzan berkumandang, di waktu berpuasa, di saat waktu sahur, dan di malam Lailatul Qadar.

Kita bisa panjatkan doa-doa berbeda setiap harinya bisa dimulai dari 10 hari pertama puasa ramadan, dan lihatlah bagaimana Allah SWT mengabulkan doa-doa kita.

Karena Allah SWT berjanji akan mengabulkan setiap doa umat Muslim pada bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana diungkap di hadis Nabi Muhammad SAW seperti di bawah ini:

"Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orag orang yang didzalimi.

Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan Azza wa jalla berfirman: "Demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini." (HR Imam Ahmad)

4. Pahala berlipat ganda

Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan lainnya, bulan Ramadhan akan menjadikan amalan seorang muslim memperoleh pahala yang berlipat ganda. seperti yang tertuang di hadis Rasulullah SAW berikut ini:

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman:

'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku'." (HR Imam Muslim)

5. Pintu surga dibuka

Pada bulan ini, pintu surga akan dibuka lebar sementara pintu neraka akan ditutup. Karena itulah, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini:

"Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim). 

Oleh : Salsabila Difa

Editor : M. Iqbal

Sumber : https://metro.suara.com/read/2023/03/23/114313/5-keutamaan-puasa-ramadhan-10-hari-pertama-umat-islam-jangan-sampai-terlewat
 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.