Breaking News
recent

Lahan Tandus Tak Terurus di Lingkungan IAIN Langsa Hangus Terbakar

Proses Pemadaman Api Oleh DAMKAR (Pemadam Kebakaran) (Doc. Iqbal)

Zawiyah News | Langsa - lahan yang dipenuhi rumput kering terbakar di belakang gedung Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa pada pukul 13.42 WIB. Sabtu, 11 Maret 2023. Api yang membesar membuat Pemadam Kebakaran (DAMKAR) mengerahkan 6 unit mobil pemadam.

Diduga penyebab kebakaran tersebut akibat pembakaran sampah pada lahan yang terdapat banyak ilalang dan rumput kering. Dalam waktu hanya setengah jam, si jago merah membesar dan menjalar ke segala arah.

Dalam kejadian tersebut, awalnya satu unit Damkar tiba di lokasi kebakaran. Mereka sempat kesulitan mengendalikan api, kemudian disusul dengan lima mobil Damkar lainnya untuk membantu memdamkan api. 

Selain itu, menurut saksi yang berada di lokasi kejadian, Transformator atau trafo listrik yang berada di tengah lahan yang sedang dilahap si jago merah pun meledak. Alhasil, listrik di sekitar IAIN Langsa dan sekitarnya padam beberapa saat. 

"Listrik yang ada di tengah tu meledak, kami yang masih di dalam (gedung auditorium) keluar" Ujar Syam Hananan (20).

Marjoni selaku Komandan pencegahan, kesiap siagaan, dan pemadam kebakaran, yang berada dilokasi kejadian mengatakan kumpulan tumbuhan, rumput kering yang terbakar dan disertai angin  membuat api semakin cepat membesar. Beruntung, pihaknya dengan cepat menerima informasi dari warga. 

"Untung aja cepat ditelpon sama warga kalau gak dah kebakar kesana lagi," Ujar Marjoni. 

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun Marjoni mengingatkan agar penjagaan dari security lebih diperketat dalam pengawasan lingkungan kampus. Selain itu dia juga mengingakan untuk adanya Fire Hydrant dalam lingkungan perkuliahan. 

"Saya menghimbau ini area kampus, tolong security menjaga semua lingkungan kampus. Apabila terjadi suatu hal security dahulu yang pertama menaggulanginya dan seharusnya di kampus ini harus ada hidran." Ujar Marjoni.


(Salsabila Difa dan Yunita Fitri Nasution)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.