Breaking News
recent

Solusi Membaca Buku saat Puasa agar Tidak Ngantuk

(Doc. Jovita Artanti) 
Membaca buku merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Dengan membaca buku kita dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Sebagai mahasiswa, membaca buku sudah menjadi prioritas penting yang harus dijalani. Apalagi saat ada tugas dari dosen. Kita harus membaca buku agar memahami materi yang disampaikan. Meski begitu, tak jarang jika kita merasa ngantuk membaca buku saat berpuasa. Namun teman-teman jangan khawatir, karena ada 5 solusi membaca buku saat puasa agar tidak mengantuk.

Baca juga : Pernah Mengalami Kondisi Air Liur Berlebihan saat Puasa? Yuk Kenali penjelasan dan Cara Mengatasinya

1. Baca Buku dengan Posisi Kurang Nyaman

Membaca buku sambil rebahan merupakan posisi membaca buku yang paling nyaman. Namun, faktanya membaca buku dengan posisi nyaman dapat membuat kita mengantuk. Maka dari itu, bacalah buku dengan posisi yang kurang nyaman seperti duduk di kursi dengan posisi badan tegak.

2. Membaca di Tempat yang Terang

Cahaya yang terang dapat membuat kita lebih fokus dalam membaca buku. Hal ini dikarenakan membaca di tempat yang terang dapat memudahkan mata kita mencerna tulisan. Membaca di tempat yang terang merupakan solusi yang baik untuk kita terapkan agar terhindar dari rasa kantuk. Selain itu, dengan membaca di tempat yang terang dapat menjaga kesehatan mata.

Baca juga : Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan saat Puasa

3. Sering Menggerakkan Tubuh

Salah satu faktor yang menyebabkan kita lemas dan ngantuk saat berpuasa ialah karena tubuh kita kurang bergerak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kita melakukan olahraga ringan seperti yoga, pemanasan, dan sebagainya. Kita juga bisa membaca buku sambil berjalan agar terhindar dari rasa kantuk.

4. Membaca Secara Perlahan

Banyak membaca itu bagus, akan tetapi jika kita terlalu banyak membaca dalam satu waktu, maka dapat membuat kita tertidur. Lebih baik membaca secara perlahan karena dapat membuat otak kita lebih fokus. Kita dapat membaca selama 15 menit dan istirahat selama 5 menit. cara ini lebih efektif untuk menjaga kita dari rasa kantuk loh.

Baca juga : 4 Tips Menjaga Fokussaat Berpuasa di Bulan Ramadhan

5. Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tak dapat dipungkiri, penyebab utama dari mengantuk ialah kurang tidur. Orang yang berusia 18-25 tahun, dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam perhari. Hal itu bertujuan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik dan badan terasa lebih segar. Maka dari itu, tidur lah dengan cukup ya teman-teman!

Oleh : Jenaika Eka Putri

Editor : M. Iqbal

Sumber :

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/04/16/baca-buku-saat-puasa

https://indonesiabaik.id/infografis/berapa-lama-waktu-tidur-yang-baik#:~:text=Remaja%20usia%2014%E2%80%9317%20tahun,7%E2%80%938%20jam%20per%20hari.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.