Breaking News
recent

5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Doc. Erika Maharani
Zawiyah News | Langsa - Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan seluruh umat muslim di dunia, mengapa demikian? Karena Allah menjadikan bulan ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah dan bulan ampunan. Dalam bulan ini banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan, salahsatunya adalah sedekah.

Sedekah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, melainkan juga bermanfaat bagi diri kita, karena ia menyelamatkan kita dari sifat kikir atau tamak terhadap harta. Namun di bulan ramadhan pahala sedekah tidak sama seperti biasanya, memang apa bedanya? 

Berikut keutamaan sedekah di bulan ramadhan.

Baca juga : Solusi Baca Buku saat Puasa agar Tidak Ngantuk

1. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Bersedekah di bulan Ramadhan ternyata memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan sedekah yang diberikan di bulan-bulan lainnya karena pada bulan Ramadan, pahala dari amalan kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim). 

2. Menghapus Dosa

Sedekah juga memiliki keutamaan menghapus dosa. Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” Dengan sedekah yang diberikan di bulan ramadhan, dosa-dosa yang telah dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT.

3. Menyambung Tali Silaturahmi

Di bulan ramadan ini kamu juga dapat menyambung tali silaturahmi melalui sedekah. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat memadamkan api permusuhan di antara manusia.” Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, hubungan silaturahmi antara manusia dapat terjalin dengan lebih baik.

Baca juga : Pernah Mengalami Kondisi Air Liur Berlebih saat Puasa? Yuk Kenali Penjelasan dan Cara Mengatasinya

4. Menolong Sesama

Di bulan ramadan juga hendaknya saling menolong sesama, melalui sedekah kamu juga dapat membantu sesama bagi orang orang yang membutuhkan bantuan. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang menolong orang lain dalam suatu kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya.”

5. Meningkatkan Iman dan Taqwa

Sedakah di bulan ramadhan ini juga dapat menjadi sarana dalam meningkatkan iman dan taqwa serat mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghindarkan dari bencana dan musibah.”

Mari kita tingkatkan amalan di bulan ramadan ini terutama dengan bersedekah karena sedekah merupakan salah satu amalan yang di anjurkan dalam Islam yang memiliki manfaat baik di dunia maupun di akhirat serta memiliki keutamaan yang sangat mulia. Bahkan Rasulullah SAW lebih memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya.

“Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan. Dan lebih dermawan lagi ketika di bulan Ramadhan” (HR Bukhari).

Oleh : Erika Maharani

Editor : Syuknura Maghfirah

Sumber : sedekahrombongan.com

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.