Breaking News
recent

Terlaksananya Pemilihan SEMA dan DEMA I IAIN Langsa 2023

Presidium 1, presidium 2 dan presidium 3 sedang membacakan peraturan persidangan.

Zawiyah News | Langsa - Panitia Penyelenggara Pemilihan Organisasi Mahasiswa P30M mengadakan Pemilihan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Ketua-Wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di gedung Auditorium pada 5 April 2023. Kamis, (6/4/2023). 

Ketua panitia P30M Aqila Reza F menyebut jumlah pemilih yang terdaftar dari 4 fakultas yang ada di IAIN Langsa sebanyak 294 suara, sedangkan yang teregistrasi hanya 286 suara. 

Jumlah itu diperoleh dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang terdaftar 94 suara dan teregistrasi 91 suara. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah terdaftar 70 suara dan teregistrasi 65 suara. Fakultas Syari'ah terdaftar 48 suara dan teregistrasi 48 suara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang terdaftar 82 suara dan teregistrasi 82 suara.

Pemilihan ini dilakukan sesuai dengan peraturan persidangan yang telah ditetapkan. Sebelum melaksanakan pemilihan, presidium pertama mengeliminasi satu peserta karena melanggar peraturan pemilihan pada saat itu.

Palam pemilihan tersebut terdapat 5 Kategori pencoblos yang berasal dari suara pemilih pencoblosan, timses SEMA dan DEMA, P3OM, bawaslu OM, serta pasangan calon (paslon) kandidat SEMA dan DEMA.

Adapun poin perjanjian yaitu pencoblosan pemilihan dan perwakilan dianggap sah tanpa adanya gugatan apapun terhadap proses pencoblosan tersebut. Jika surat suara tertukar maka suara tersebut dianggap sah, tetapi suara yang tertukar itu dihitung diakhir. 

Skor akhir perhitungan suara kategori DEMA dimenangkan oleh paslon Nomor urut 01 Abdul Latif Silalahi dan M. Fauzi yang berhasil mengumpulkan 143 suara. Sedangkan paslon nomor urut 02 Farid Fajari Mahyus dan Muhammad Reza memperoleh 137 suara. Selisih diantara keduanya hanya 6 surat suara. Selain itu 5 surat suara dinyatakan rusak.

Adapun calon SEMA I nomor urut 01 Zahra Innani dan Muhammad Luthfi sebagai nomor Urut 02 mendapatkan perolehan jumlah suara yang sama yaitu 142 suara dan satu surat dinyatakan rusak alias tidak sah.

Oleh sebab itu, P3OM memutuskan pemungutan suara ulang (PSU) terhadap calon SEMA I pada 14 April mendatang di gedung Auditorium IAIN Langsa.

Oleh :  Echa Mayanti, Widya Dwi Putri

Editor : M. Iqbal

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.