Breaking News
recent

Amalan Agar Tetap Khusyu' Dalam Salat

Gambar: dok. Widya Dwi Putri
Kenapa salat khusyu' itu penting?

Urgensi khusyu'dalam shalat:

☑️Ciri orang yang sempurna keimanannya. (Q.s. Al-Anbiya : 90)

☑️ Mendapatkan pujian dari Allah SWT. (Qs. Al-Ahzab : 35)

☑️ Menjadi sebab dan dihapuskannya dosa dan kesalahan. (HR. Muslim)

☑️ Menjadi perisai dari perbuatan keji dan munkar. (Qs. Al ankabut :45)

☑️ Menjadi sebab mendapatkan keberuntungan & Surga Firdaus. (Qs. Al-Mu'minun : 1 - 2)

Terdapat Amalan untuk Meraih Khusyu'dalam Shalat :

1. Mempersiapkan diri untuk melaksanakan salat, waktu, pakaian, tempat dan hati. Dengan menyegerakan salat, mampu memanage waktu, tempat dan pakaian bersih, suci, nyaman, meletakkan hatinya dihadapan Allah SWT, penuh dengan rasa cinta dan takut kepada Allah SWT akan membawa kita dalam kekhusyukan.

2. Dahului dengan menyempurnakan wudhu, doa setelah wudhu, dan shalat sunnah. Orang yang ceroboh dalam salat adalah orang yang tidak sempurna dalam wudhu.

3. Banyak dzikir dalam melaksanakan salat, tidak main hp, ngobrol, dsb. Dzikir yang mengiringi adalah kunci utama untuk menikmati salat. Tanpa hal itu, maka kekhusyukan dalam salat akan sulit dicapai.

4. Berusaha memperbaiki dan memahami ilmu, Gerakan Salat dan Bacaan serta artinya. Memahami makna bacaan dan gerakan salat akan membawa kita pada kekhuyukan.

5. Meyakini dan menghadirkan dalam hati bahwa kita sedang menghadap Allah SWT. Sebagaimana dalam HR. Bukhari Muslim "Sesungguhnya jika salah seorang diantara kalian berdiri untuk salat, maka dia sedang berhadapan kepada Rabb-nya".

6. Menghilangkan lintasan-lintasan pikiran yang muncul ketika salat. "Ingatlah (perkara) ini, ingatlah perkara itu. Setan terusmenerus mengingatkan perkara itu, sampai orang tersebut tidak tau berapa raka'at yang sudah di kerjakan". (HR. Bukhari). Hal tersebut  merupakan faktor penghalang kekhusyukan dalam salat.

7. Mengingat mati ketika salat. "Apabila engkau salat maka salatlah seperti orang yang hendak berpisah (mati) ". (HR. Ahmad)

8. Salat tepat waktu dan tidak terburu-buru. Orang yang menyegerakan salat, menyempurnakan salat dengan rasa cinta dan takut pada Allah SWT akan membawa pada kekhusyukan, seakan-akan melihat Allah Swt.

Baca juga: 5 Keutamaan pada 10 Hari Terakhir Ramadan

Oleh: Widya Dwi Putri

Editor: M. Iqbal

Sumber:

- Buku Rahasia Khusyu'dalam shalat (Marfu' Muhyiddin Ilyas) Hal. 208.

- Keutamaan dan filosofi shalat yang khusyu' ( Rizka Maulan, Lc, M,Ag ),

- Pdf Rumah Sakit Sari Asih Ilmu tentang shalat.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.