Breaking News
recent

Ftik Luncurkan 3 Prodi Baru

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Ftik) tahun ini menambah 3 program studi (prodi) untuk menarik minat calon mahasiswa yang akan kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa. Foto: (Meiry Andini) 
Zawiyah News | Langsa - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Ftik) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa meluncurkan 3 program studi (prodi) baru. Wakil Dekan (Wadek) II Ftik memberi tanggapan mengenai dibukanya jurusan baru di Fakultas itu. Senin, (19/06/2023). 

Tiga jurusan baru yang diluncurkan Ftik diantaranya Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Diluncurkannya jurusan baru ini karena IAIN Langsa ingin bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

“Karena respon bertransformasinya Institut ke Universitas harus ada program studi umum dan dari segi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam karena banyaknya guru konseling yang bergelar S. Sos bukan S. Pd,” ujar Fadli. 

Dari pemantauan dan penelitian Fadli dan rekan-rekannya, Fadli mengungkapkan kurangnya jumlah guru konseling yang ada disetiap SMP dan SMA, sehingga Prodi BKPI dirasa dibutuhkan.

“Keberadaan guru konseling disekolah ataupun madrasah sekarang kurang. Secara aturan 150 siswa harus ditangani oleh 1 guru konseling, namun pada nyatanya disetiap sekolah hanya ada 2-3 guru konseling sedangkan siswanya bisa mencapai 500 lebih siswa,” jelasnya.

Namun 3 jurusan baru ini hanya bisa diakses dan diikuti oleh mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Mandiri, karena keterlambatan peresmiannya yaitu pada hari kedua sebelum pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN). 

Oleh: Meiry Andini

Editor: Annisa Mahasti

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.