Breaking News
recent

Batik Pintu Aceh, Oleh-Oleh Khas Aceh

Sarung motif pintu aceh dengan teknik bordir. Foto: (istimewa). 
Motif batik pintu aceh ini terinspirasi dari arsitektur tradisional Aceh yang memiliki pintu pendek. Motif ini mewakili kepribadian orang Aceh yang selalu rendah hati dan sabar. Ciri khas dari batik aceh sendiri itu didominasi warna yang cerah seperti merah, kuning, hijau, dan merah muda. 

Pada umumnya batik ini juga dibuat dengan canting tetapi proses pembuatan batik ini juga menggunakan teknik melubangi kain dengan alat khusus berupa deretan jarum.

Sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Aceh, model baju batik aceh pun disesuaikan dengan aturan atau hukum syariat islam yang diterapkan pada pemerintah Aceh. Pada batik aceh untuk wanita biasanya diwarnai dengan model garis panjang dan longgar.

Batik aceh ini juga tidak hanya digunakan sebagai bahan baju batik akan tetapi juga dibuat untuk produk lainnya seperti topi, sarung, mukena, dompet, tas, maupun aksesoris lainnya.

Batik yang memiliki ciri khas budaya Aceh ini selain motifnya yang sangat menggambarkan Aceh, batik tersebut juga tidak hanya ada pada pakaian tetapi banyak pada aksesoris lainnya sehingga batik pintu aceh ini menjadi salah satu rekomendasi dan sasaran para wisatawan yang berlibur ke Aceh.

”Akhir-akhir ini penjualan sarung motif pintu aceh lumayan laris manis, peminatnya itu bukan cuma orang sekitar sini aja tetapi banyak juga orang-orang luar yang mencari sarung pintu aceh itu untuk oleh-oleh,” ujar Azizah (31), penjual sarung motif batik pintu aceh. 

Untuk sarung batik pintu aceh ini lebih banyak peminatnya dan sudah banyak tersedia di toko-toko perlengkapan salat di Aceh. Untuk sarung tersebut memiliki harga kisaran Rp 100.000 - 200.000.

Oleh: Enjelia Hutasuhut (Mahasiswa)

Editor: Syuknura Maghfirah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.