Breaking News
recent

Persiapan PBAK 2023 hingga Satu Hari Sebelum Pelaksanaan Mencapai 90%

Para panitia yang masih terlihat melakukan persiapan acara PBAK di Gedung Auditorium Terpadu IAIN Langsa hingga minggu malam. Foto: (Zawiyah News/Annisa Mahasti) 

Zawiyah News | Langsa - Persiapan Menjelang acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dilakukan panitia PBAK hingga Minggu (27/8) sudah mencapai 90%. Persiapan tersebut dilakukan di Gedung Auditorium terpadu IAIN Langsa sebagai lokasi yang akan berlangsungnya acara PBAK pada Senin (28/8). 

Ketua Panitia PBAK Irvan As- Shiddiqy, mengatakan, Persiapan acara PBAK yang dilakukan panitia hingga hari terakhir menjelang pelaksanaan PBAK sudah mencapai 90%.

”Masalah persiapan udah 90%, jadi untuk mencapai 100% ketika PBAK sudah berjalan, panitia yang terbentuk pun dari orang-orang hebat yang sudah pernah melakukan kegiatan-kegiatan besar jadi bisa dapat terhandle (atasi),” kata Irvan melalui via telpon.

Ia menilai pada hari terakhir menjelang PBAK tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena tidak ada pelepasan kepanitiaan oleh pihak rektorat. Hal itu disebabkan pihak rektorat masih dalam perjalanan kembali dari Banda Aceh. 

”Untuk agenda hari ini sebenarnya diadakan pelepasan panitia oleh pihak rektorat seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi diganti menjadi rapat full up (penuh) seluruh panitia PBAK,” ujar Irvan.

Hingga minggu malam, panitia terlihat sedang sibuk mempersiapkan tempat yang akan dilangsungkan acara PBAK 2023.

Adapun kendala menjelang acara PBAK tahun ini, Irvan menyebutkan, panitia masih beradaptasi dengan sistem rektorat IAIN Langsa yang baru. Selain itu persiapan konsep dan rancangan PBAK hanya dilakukan dalam dua minggu.

”Rektorat perlu beradaptasi dengan mahasiswa dan begitu juga sebaliknya, jadi kita dapat bercermin dari tahun kebelakang mempersiapkan rancangan dan konsepnya sebulan hingga dua bulan, tetapi tahun ini hanya dua Minggu, namun Alhamdulillah konsep sudah matang,” kata Irvan.

Hingga 08.00 pagi, menurut Irvan, jumlah mahasiswa baru (maba) yang mendaftar PBAK mencapai 851 maba, jumlah ini akan terus bertambah menjelang hari pelaksanaan PBAK pada Senin (28/8).

”Total yang daftar PBAK di jam 08.00 pagi tadi sudah mencapai 851 Maba, mungkin nanti setelah di cek kembali bisa jadi lebih dari itu,” sebut Irvan.

Bagi maba dan mahasiswa yang tidak mengikuti PBAK, Irvan menegaskan, maba atau mahasiswa tersebut tidak mendapatkan sertifikat PBAK sebagai persyaratan untuk mengikuti sidang akademik sebelum kelulusan studi.

”Mahasiswa yang tidak mengikuti PBAK seperti tahun ke tahun tidak akan mendapatkan sertifikat PBAK,” tukas Irvan.

Oleh: Annisa Mahasti

Editor: M. Iqbal

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.