Breaking News
recent

Angkat Tema Jurnalistik Kreatif, LPM Dinamika UIN Sumatera Utara Adakan Kegiatan PJTLN.

Peserta dan Panitia Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika. Foto: (Istimewa). 
Zawiyah News | Sumatera Utara - mengangkat tema Jurnalistik Kreatif, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN Sumatera Utara resmi membuka pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Utara. Kamis (19/10/2023). 

Kegiatan tersebut berlangsung di Sumatera Utara pada 19 hingga 22 Oktober mendatang setelah Hut Dinamika ke-30 tahun pada 16 Oktober. Pelatihan ajang nasional ini diikuti 16 peserta dari 10 berbagai LPM se-indonesia. Serta turut menghadirkan pemateri pertama dari produser narasi yang memaparkan materi tentang Features.

Ketua Panitia, Muhammad Wahyu Suciono, menjelaskan tema dan maksud dari kegiatan ini untuk memberi informasi kepada seluruh peserta bahwa dalam menulis ataupun berbicara di media harus dengan kreatif.

“Untuk tema yang saya angkat pada tahun ini adalah jurnalisme kreatif dan juga alasan panitia untuk mengangkat tema PJTLN kali ini adalah, untuk mngeinformasikan bahwa dalam bercakap, di media harus lebih kreatif lagi. Karena, dalam era sekarang ini tidak hanya bercakap di media saja tapi kreativitas juga diperlukan,” ujar Wahyu

Pimpinan Umum LPM dinamika, Tondini Alief Harahap, melihat minat membaca orang Indonesia sangat Minim. Menurutnya, saat ini masayarakat lebih konsumtif terhadap tiktok dan berita yang disajikan dalam bentuk video daripada membaca. vidio-vidio dalam berita daripada membaca.

”Makanya dari itu mereka mengambil tema sebagi Jurnalistik Kreatif yang mana sesuai dengan era sekarang,” ujar Tondini. 

Rektor UIN Sumatera Utara, Nurhayati berharap, LPM dinamika dapat menyuguhkan pemberitaan yang terbaik untuk UIN Sumatera Utara.

Kegiatan ini akan berlangsung 5 hari yang mana pada hari pertama adalah penyampaian materi Features yang dipaparkan oleh Arbi Sumandoyo dan juga pada hari kedua mendatang terdapat kegiatan lapangan. Dilanjutkan dengan materi kedua Voice Over dan juga Editing Vidio serta pada hari terakhir ditutup dengan Darma Wisata.

Adapun Sundari Octa Pratiwi, peserta kegiatan ini mengungkapkan antusiasnya dalam mengikuti PJTLN.

“Pastinya saya merasa sangat antusias dengan adanya PJTLN ini, saya harap setelah selesai mengikuti acara ini bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya yang akan saya bawa untuk LPM saya.” ujar Sundari.

Oleh: Anggriea Ilfa Nanda Sari

Editor: M. Iqbal

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.