Breaking News
recent

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Zulkarnaini, MA

Pengukuhan Prof. Dr. Zulkarnaini, MA oleh Rektor IAIN Langsa sebagai Guru Besar bidang Ilmu Tafsir. Foto: (Zawiyah News/Jovita Artanti) 

Zawiyah News | Langsa - Zulkarnain dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Tafsir di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dengan Tema "Membangun Kesadaran Global Untuk Kedamaian Melalui Rekontruksi Kajian Tafsir Dan Studi Islam (Refleksi atas Konflik Palestina-Israel) di Auditorium IAIN Langsa”. Kamis, 19 Oktober 2023.

Prof. Dr. Zulkarnaini, MA adalah Guru Besar di bidang Ilmu Tafsir. Tema yang diusung tersebut menyangkut berlangsungnya konflik Israel dan Palestina yang belum menemukan titik terang terhadap konflik. Sehingga melahirkan gagasan dari sejumlah para pemikir untuk mewacanakan hidup damai tanpa permusuhan atas dasar perbedaan agama dan mazhab.

Dalam masyarakat Kristen Eropa, perkembangan ini terjadi secara sistematis, sehingga melahirkan tokoh-tokoh, pemikir atau filosof yang melakukan kritik terhadap agama.

Dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar terdapat Akar Sejarah yang membuat timbulnya pertikaian sengit dan permusuhan, sejarah amat penting, karena Sejarah mengingatkan kita akan peradaban yang luar biasa, sejarah menyadarkan manusia akan keragaman (Pluralisme), perubahan-perubahan yang mereka alami dan diversitas lingkungan sosial yang telah terbentuk.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, S.Ag Selaku Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA. beserta Para Wakil Rektor, Ibu Karo dan seluruh jajaran, Walikota Langsa dan seluruh Anggota Forkopimda, Para Guru Besar IAIN Langsa, Anggota Senat IAIN Langsa, Rektor ke 2 IAIN Langsa, Para Rektor dan Ketua Universitas dan Perguruan Tinggi Kota Langsa, dan seluruh Civitas akademika IAIN Langsa.

Dengan dilaksanakannya Pengukuhan Guru Besar, Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, M.A Rektor berharap agar Dosen-dosen bisa dan semakin banyak guru besar di IAIN Langsa.

"Semoga semakin banyak guru besar lainnya di IAIN Langsa". Ujarnya.

Acara tersebut berlangsung dari Jam 09.00 hingga 11.20.

Oleh : Widya Dwi Putri.

Editor: Marlinda

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.