Breaking News
recent

HUBUNGAN JUMLAH PENDUDUK DAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG PADA TAHUN 2022

Nama : Wilda Hanum

NIM : 4012021048

Prodi : PBS 5U1 

Mata Kuliah : Ekonomi Makro Islam (UTS)

Institut Agama Islam Negeri Langsa

Zawiyah News | Penduduk merupakan unsur penting dalam kegiatan ekonomi serta tenaga kerja, tenaga ahli, pimpinan perusahaan tenaga kerja usahawan dalam menciptakan kegiatan ekonomi.

Penduduk adalah orang-orang yang tinggal atau menetap dalam suatu wilayah atau negara. Penduduk secara lengkap merujuk kepada keseluruhan individu yang tinggal di suatu wilayah atau negara pada suatu waktu tertentu. Ini mencakup berbagai kelompok usia, jenis kelamin, latar belakang etnis, dan status sosial yang membentuk populasi suatu daerah. Penduduk dapat diukur melalui berbagai parameter demografis seperti jumlah, pertumbuhan, distribusi, dan karakteristik lainnya.

Pendidikan merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Pendidikan diwujudkan dengan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dalam pengertian yang sederhana dan umum makna pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Pendidikan dan budaya ada bersama dan saling memajukan.

Pendidikan menjadi sangat bertaraf dalam kehidupan bangsa ini sehingga banyak para ahli berusaha menalar dan menyampaikan apa artian pendidikan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini. Sistem pendidikan yang tidak selalu identik dengan sekolah atau jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara struktur dan berjenjang. Pendidikan secara alternatif berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan serta penguasaan pengetahuan dan ketrampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian fungsional.

Pendidikan merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Pendidikan menjadikan generasi ini sebagai sosok panutan dari pengajaran generasi yang terdahulu. Sampai sekarang ini, pendidikan tidak mempunyai batasan untuk menjelaskan arti pendidikan secara lengkap karena sifatnya yang kompleks seperti sasarannya yaitu manusia. Sifatnya yang kompleks itu sering disebut ilmu pendidikan.

Ilmu pendidikan merupakan kelanjutan dari pendidikan. Ilmu pendidikan lebih berhubungan dengan teori pendidikan yang mengutamakan pemikiran ilmiah. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Dan Jenis Kelamin Di Kecamatan Karang Baru Pada Tahun 2022 


Jumlah Lembaga Pendidikan Berdasarkan Jenis Pendidikan Menurut Desa di Kecamatan Karang Baru Pada Tahun 2022

Dari data diatas dapat dianalisis bahwasannya Kecamatan Karang Baru memiliki total jumlah penduduk sebanyak 46.114 jiwa yang terdiri dari 23.332 jumlah penduduk laki laki dan 22.782 penduduk perempuan dengan total jumlah penduduk yang masih usia sekolah dan juga pendidikan tinggi lebih kurang sebanyak 17.014 jiwa, dimana terdapat 37 lembaga pendidikan negeri dan 11 lembaga pendidikan swasta menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang membahas tentang Kecamatan Karang Baru.

Dari pembahasan diatas mengenai banyaknya jumlah penduduk dan juga banyaknya jumlah sekolah,maka Kecamatan Karang Baru sudah dikatakan bagus dikarenakan dengan jumlah 37 lembaga pendidikan dalam satu kecamatan dan menambung lebih banyak lagi anak anak dari kecamatan lain yang ingin bersekolah karena di Kecamatan Karang Baru memiliki banyak lembaga pendidikan terlebih lagi satu satunya kampus yang ada di Aceh Tamiang hanya terdapat di Kecamatan Karang Baru, dengan begitu bukan hanya bisa meningkat kan pendidikan untuk penduduk yang ada dikarang baru saja tapi penduduk penduduk di kecamatan lain juga dapat mengikuti pendidikan yang di fasilitasi oleh daerah Kecamatan Karang Baru.

Fasilitas pendidikan yang ada di Kecamatan Karang Baru harus terus ditingkatkan lagi mengingat bahwasannya banyak anak anak yang didaerah tersebut yang membutuhkan fasilitas secara lengkap dan memadai. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak anak yang sedang menjalani pendidikan di Kecamatan Karang Baru. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa fasilitas tersebut digunakan secara efektif dan efisien untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa solusi yang dapat diimplementasikan untuk dapat memaksimalkan manfaat fasilitas pendidikan yang sudah memadai termasuk:

1. Menyediakan Pendidikan yang Berkualitas

Memastikan bahwa kurikulum yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa. Dengan begitu para siswa/siswi dapat dengan memudah memahami mengenai apa yang telah diajarkan seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi.

2. Pelatihan Guru yang Berkelanjutan

Memberikan pelatihan dan pengembangan profesional terus-menerus kepada guru agar mereka tetap diperbarui dengan metode pengajaran terbaru dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

3. Teknologi dalam Pendidikan

Manfaatkan teknologi pendidikan untuk meningkatkan pengalaman belajar. Pemanfaatan perangkat lunak edukasi, platform pembelajaran daring, dan sumber daya digital dapat memperkaya pembelajaran.

4. Pembinaan dan Penilaian Berkelanjutan

Implementasikan program pembinaan untuk mendukung perkembangan guru dan siswa. yang berkelanjutan dan berfokus pada pemahaman konsep daripada hafalan juga dapat diterapkan.

5. Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat

Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Program keterlibatan orang tua dapat memperkuat hubungan antara rumah dan sekolah, mendukung pembelajaran di rumah, dan memantau perkembangan siswa.

6. Program Ekstrakurikuler dan Kegiatan Kreatif

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka melalui program ekstrakurikuler dan kegiatan kreatif di luar kurikulum akademis.

7. Pengelolaan Infrastruktur yang Efisien

Menerapkan praktik manajemen yang baik untuk memastikan penggunaan efisien fasilitas, termasuk perawatan rutin dan perbaikan jika diperlukan.

8. Ruang Kelas yang Inklusif

Menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua siswa, dengan memperhatikan kebutuhan khusus dan perbedaan individu.

9. Monitoring dan Evaluasi Terus-Menerus

Menjalankan sistem pemantauan dan evaluasi yang terus-menerus untuk mengukur efektivitas dan meningkatkan kebijakan dan praktik pendidikan.

Melalui langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas, fasilitas pendidikan yang sudah memadai dapat menjadi lebih bermanfaat untuk memastikan pendidikan berkualitas dapat merata bagi seluruh populasi siswa/siswi.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.