Breaking News
recent

KURANGNYA FASILITAS YANG MEMADAI PADA BIDANG KESEHATAN DI KECAMATAN PEUREULAK TIMUR

 Nama                : Hafizah Ilmi

Nim                   : 4012021015

Sem/Unit           : 5/1

Mata Kuliah      : Ekonomi Makro 

Institut Agama Islam Negeri Langsa

A.     A. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk merupakan total populasi manusia yang mendiami suatu wilayah atau negara tertentu pada suatu periode waktu tertentu. Jumlah penduduk dapat dihitung melalui sensus penduduk atau survey penduduk. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia pada pertengahan tahun 2023 mencapai 282,2 juta jiwa, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Angka ini meningkat sebesar 1,28% dari tahun sebelumnya.

Jumlah penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk usia produktif (15-64 tahun) yang mencapai 65,3% dari total populasi. Sementara itu, penduduk usia non-produktif (0-14 tahun dan 65 tahun ke atas) masing-masing menyumbang 28,0% dan 6,7%. Prospek jumlah penduduk Indonesia di masa depan diperkirakan akan terus meningkat, didorong oleh faktor kelahiran dan imigrasi. Namun, tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mengelola pertumbuhan penduduk yang tinggi adalah penyediaan lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang memadai.

Jumlah  Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kecamatan Peureulak Timur Tahun 2022

Kelompok Umur

Jenis Kelamin

Laki- Laki

Perempuan

Jumlah

0-4

667

615

1.282

5-9

880

905

1.785

10-14

904

839

1.743

15-19

584

556

1.140

20-24

646

604

1.250

25-29

616

579

1.195

30-34

627

604

1.231

35-39

610

616

1.226

40-44

499

487

986

45-49

422

390

812

50-54

351

373

724

55-59

245

275

520

60-64

196

236

432

65-69

126

126

252

70-74

70

92

162

75++

91

155

246

Jumlah

7.534

7.452

14.986

Sumber Badan Pusat Statistik (BPS)


B.    Fasilitas Kesehatan

               Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Fasilitas kesehatan atau fasilitas pelayanan kesehatan (sering diakronimkan sebagai faskes) adalah setiap lokasi yang menyediakan pelayanan kesehatan, mulai dari klinik kecil hingga rumah sakit yang besar dengan fasilitas yang lengkap.

              Berikut adalah beberapa contoh fasilitas kesehatan:

·      Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar. Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat.

·   Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Rumah sakit dapat menyediakan pelayanan kesehatan dasar, rujukan, dan tersier.

·     Klinik adalah fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan terbatas. Klinik dapat menyediakan pelayanan kesehatan dasar, rujukan, atau spesialistik.

·  Balai pengobatan adalah fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatandasar terbatas. Balai pengobatan biasanya dikelola oleh pemerintah desa atau kelurahan

No

Jenis sarana kesehatan

2020

2021

2022

1

Rumah sakit

-

-

-

2

Rumah Sakit bersalin

-

-

-

3

Poliklinik/ Balai pengobatan

3

3

3

4

Pukesmas rawat inap

-

-

-

5

Pukesmas tanpa rawat inap

-

-

-

6

Apotek

-

-

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS)

Analisis :

            Pada usia 0-18 tahun dan 25-35 tahun manusia rentan terkena berbagai macam penyakit baik secara fisik maupun non fisik. Meskipun pada usia- usia tersebut dianggap memiliki puncak kebugaran yang stabil dan vitalitas tidak di pungkiri bahwa di usia tersebutlah manusia rentan terkena berbagai penyakit. Sehingga dibutuhkan untuk mengulas berbagai kondisi Kesehatan dalam usia tersebut dan dibutuhkan pemahaman lebih dalam tentang potensi yang berisiko serta Upaya dalam pengananngannya.Adapun berbagai penyakit yang biasa dialami pada usia 0-18 tahun ialah gangguan Kesehatan mental,obesitas, kecanduan rokok, kecelakaan, dan gangguan pencernaan. Sedangkan diusia 25- 35 ialah kerusakan pada anggota indra akibat seringnya bermain handphone , cedera olahraga/kecelakaan,infeksi saluran pernapasan, dan penyakit menular seksual (PMS). Oleh karena itu usia tersebut bisa dianggap sebagai usia yang rentan penyakit,

            Pentingnya fasilitas Kesehatan yang lengkap untuk mendukung dan memudahkan Masyarakat dalam berobat ialah salah satu bentuk dalam memastikan bahwa Masyarakat terhubung dengan layanan Kesehatan yang berkualitas. Dengan menyediakan berbagai layanan Kesehatan, mulai dari layanan dasar maupun layanan yang kompleks seperti operasi dan perawatan intensif. Selain fasilitas Kesehatan yang lengkap, tenaga kerja yang kompeten serta peralatan yang canggih juga termasuk dalam fasilitas Kesehatan yang bekualitas. Namun di kecamatan peureulak timur, minimnya fasilitas Kesehatan untuk memastikan Kesehatan Masyarakat. Hanya terdapat 3 poliklinik untuk menampung kurang lebih dari 6000 jiwa dengan kurangnya fasilitas yang memadai dalam menangani Masyarakat serta tidak adanya  layanan yang kompleks dalam menangani kasus- kasus yang terjadi pada usia yang rentan jatuh sakit dan kecelakaan.

            Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah harus lebih memerhatikan masyarakatnya terutama di bidang Kesehatan. Diperlukannya fasilitas Kesehatan yang lengkap dan tenaga kerja yang kompeten serta layanan Kesehatan yang kompleks untuk didaearah tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kematian dikarenakan kurangnya dan telatnya penanganan dalam menangani Masyarakat, contohnya seperti kecelakaan lalu lintas, oleh sebab itu pemerintah harus memberikan fasilitas dan layanan yang kompleks dalam masalah tersebut. Melihat banyak usia yang rentan jatuh dan terkena penyakit di wilayah tersebut.

            Fasilitas Kesehatan yang lengkap dan kompleks merupakan salah satu Upaya dalam meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat. Namun Ketika fasilitas tersebut tidak lengkap dan kurang memadai akan berdampak negative bagi derajat Kesehatan Masyarakat dan memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami dan terjakit berbagai penyakit, dan resiko yang paling fatal ialah kematian akibat penyakit. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai Upaya dalam pencegahan tersebut, salah satunya ialah melengkapi fasilitas Kesehatan secara lengkap dan kompleks.

            Di Indonesia, masih banyak wilayah yang memiliki fasilitas yang kurang memadai, salah satunya ialah wilayah Peureulak Timur, mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa factor antara lain ialah kurang meratanya Pembangunan infrastruktur Kesehatan, kurangnya anggaran untuk Pembangunan dan pemeliharaan fasilitas Kesehatan dan minimnya tenaga Kesehatan yang berkompeten. Oleh sebab itu pemerintah juga harus turun tangan secara langsung  untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas fasilitas Kesehatan di seluruh wilayah Indonesia dengan melakukan berbagai program, salah satunya ialah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

            Selain pemerintah, Masyarakat juga berperan penting dan aktif  dalam meningkatkan fasilitas Kesehatan dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya Kesehatan, serta menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, lalu menerapkan pola hidup sehat  dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan cukup minum air putih serta cukup tidur. Selain itu Masyarakat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat fasilitas Kesehatan yang memadai, itulah beberapa Upaya Masyarakat dalam membantu pemerintah meningkatkan Kesehatan dan fasilitas yang memadai untuk bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik.


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.