Breaking News
recent

Peningkatan Kualitas dan Apresiasi Kepada LPM dari Kemenag Dalam Ajang LPM PTKI Challenge

Para pemenang LPM PTKI Challenge diberikan hadiah total sejumlah Rp150 juta rupiah yang diserahkan di Jakarta pada Kamis, (14/12/2023).

Oleh: Erika Maharani

Jakarta, Zawiyah News - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, dan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar kegiatan peningkatan mutu dan kualitas dalam ajang LPM PTKI Challenge pelopor moderasi beragama yang di gelar di Jakarta Selatan, selama tiga hari, mulai 14-16 Desember 2023.

LPM PTKI Challenge merupakan salah satu bentuk apresiasi Kemenag kepada media pers mahasiswa dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas LPM PTKI.

Para pemenang LPM PTKI Challenge diberikan hadiah total sejumlah 150 juta rupiah yang diserahkan di Jakarta pada Kamis, 14 Desember 2023.

Direktur PTKI, Ahmad Zainul Hamdi, berharap LPM PTKI terus meningkatkan kapasitas, berperan aktif menyampaikan narasi dan konten keagamaan yang moderat, sekaligus menjadi kontrol sosial bagi kehidupan kampus dan lainnya.

“Tidak boleh berpuas diri, terus belajar dan berkarya. Jangan sampai ruang media justru dikuasai oleh mereka yang tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan pesan-pesan agama. Dan tetap jaga idealisme sebagai agent of social control,” harap Ahmad Inung, sapaan akrabnya.

Adapun LPM PTKI Challenge berlangsung dari tanggal 11 November – 5 Desember 2023 dengan enam kategori yang dilombakan, yaitu:

1. Kolom/opini

2. Feature

3. Foto

4. Video pendek

5. Website

6. Media sosial

Seleksi dan penjurian diselenggarakan selama 3 hari pada 6-8 Desember. Terdapat 12 Juri pakar yang terlibat dalam penjurian, masing-masing kategori dipilih 10 besar dan 5 besar tergantung jumlah peserta pada masing-masing kategori lomba.

Dalam LPM challenge 2023 setidaknya terdapat 39 LPM yang masuk nominasi 5 besar termasuk IAIN Langsa yang merupakan satu-satunya kampus dari Aceh yang masuk dalam nominasi.

Partisipasi dari LPM PTKI yang dinilai kurang memuaskan bahkan yang lebih memprihatinkan adalah ketika minat dan rasa ketertarikan pada LPM yang tidak begitu signifikan. 

“Bagaimana LPM itu menjadi singa terhadap aktivis kampus apalagi diikuti oleh semua LPM PTKI tentu lomba ini akan lebih menarik.” Tegas Kasubdit pada pembukaan LPM challenge 2023 tersebut.

Berikut daftar pemenang LPM PTKI Challenge 2023:

Kategori Kolom/Opini

- Juara I LPM Mahasiswa IAIN Manado

- Juara II LPM Locus UIN Surakarta

- Juara III LPM Makhdum Ibrahim IAINU Kebumen

 

Kategori Feature

- Juara I LPM STAI Babussalam Maluku Utara

- Juara II LPM Dinamika UIN Sumatera Utara

- Juara III LPM Al Itqan UIN Bukittinggi

 

Kategori Foto

- Juara I Pers Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung

- Juara II LPM Locus UIN Surakarta

- Juara III LPM IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi

 

Kategori Video Pendek

- Juara I LPM Al Mizan UIN Pekalongan

- Juara II HMPS KPI IAIN Ternate

- Juara III LPM Solidaritas UIN Surabaya

 

Kategori Website

- Juara I LPM Institut UIN Jakarta

- Juara II LPM Fatsoen IAIN Cirebon

- Juara III SKM Amanat UIN Semarang

 

Kategori Sosial Media

- Juara I LPM Washilah UIN Makassar

- Juara II LPM SIGMA UIN Banten

- Juara III LPM Institut UIN Jakarta

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.