Breaking News
recent

Menjaga Kesehatan Di Bulan Ramadhan

 


Oleh: Albi

Langsa|Zawiyah News - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim, yang mana pada bulan tersebut seluruh umat muslim di seluruh dunia menjalan kan ibadah puasa.

Untuk dapat memaksimalkan ibadah di bulan puasa sangat penting untuk dapat menjaga kesehatan seperti, istirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Berikut akan di bahas mengenai cara menjaga kesehatan di bulan Ramadhan.

1.Hindari Begadang Dan Istirahat yang cukup

Waktu tidur atau istirahat yang cukup (sekitar 7-8 jam per hari) sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.Istirahat yang cukup dapat membuat kita memiliki tenaga sehingga mampu dapat maksimalkan ibadah.

2.Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Saat berpuasa kita harus tetap memastikan kebutuhan tubuh kita terpenuhi, untuk mengikuti pola makan seimbang atau makanan bergizi dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat saat sahur dan berbuka.

3.Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah bagian penting penting saat berpuasa yang mana makan sahur dapat memberikan energi untuk kita selama puasa agar dapat menjalankan aktivitas dan ibadah dengan maksimal.

4.Minum air yang cukup

Saat berpuasa tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan tubuh, sehingga membuat tubuh kita lelah dan mengantuk. Untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, kita dapat mengonsumsi 3 gelas air putih saat sahur, 3 gelas saat buka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

5.Melakukan Olahraga Ringan

Ketika berpuasa kita tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh seperti, berjalan kaki, bersepeda, jogging, atau olahraga lain yang tepat untuk kondisi tubuh Anda.

Nah jadi teman-teman itulah tips untuk menjaga kesehatan di bulan suci Ramadhan, selain menjaga pola makan yang teratur kita juga harus dapat beristirahat yang cukup


Sumber:

https://www.bearbrand.co.id/articles/cara-menjaga-kesehatan-selama-puasa-bagi-pekerja-kantora

https://guardianindonesia.co.id/blog/post/cara-supaya-puasa-sehat-dan-tetap-produkti

https://dinkes.belitung.go.id/2022/04/04/tips-menjaga-kesehatan-selama-ramadhan/

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.