Breaking News
recent

AMALAN- AMALAN SUNNAH DI BULAN RAMADHAN



Oleh : Tsaqila Rizki

Langsa| Zawiyah News- Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat istimewa, dalam bulan ini Allah melimpahkan banyak ampunan, rahmat, berkah, dan kesempatan kepada seluruh hambanya untuk meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Sebagai seorang muslim kita harus menggunakan waktu dalam bulan ramadhan ini sebaik mungkin, dengan cara meningkatkan ibadah kepada Allah swt.

Ibadah-ibadah yang dilakukan dalam bulan ramadhan memiliki banyak keutamaanya, dalam sebuah hadsit Rasulullah bersabda, “ Barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal Sunnah) didalamnya ( Ramadhan) samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain, dan Barangsiapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh amalam wajib di bulan lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.” (HR Ibn Khuzaimah).

Maka dari itu ayo sama-sama kita bahas beberapa amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan dengan menukil dari sumber-sumber yang terpercaya.

Qiyamul lail

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan selam bulan ramadhan adalah qiyamul lail atau sholat malam, dan yang termasuk dalam qiyamul lail adalah sholat sunnah tarawih, witir, dan tahajjud.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759). Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. (Syarh Muslim, 3/101).

Mengakhirkan makan sahur

Anas bin Malik meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit, ia berkata, "Suatu hari kami pernah sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian (tidak lama setelah itu) beliau bangun untuk menunaikah sholat (Subuh)." Lalu aku bertanya, "Berapa jarak antara sahur dan adzan?' Beliau menjawab, "Sebanyak lima puluh ayat." (HR Bukhari & Muslim)

Diriwayatkan pula oleh dari Sahl bin Sa'ad bahwa ia berkata, "Aku bersahur bersama keluargaku kemudian aku bergegas (menuju sholat) hingga aku mendapatkan sujud bersama Rasulullah SAW." (HR Bukhari)

Menyegerakan Berbuka dan berdo’a saat berbuka puasa

Rasulullah SAW bersabda, "Manusia akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa." (HR Bukhari & Muslim, dari Sahl bin Sa'ad)

Abdullah bin Amr bin Ash berkata, "Aku mendengar Rasul SAW bersabda, 'Sesungguhnya bagi orang yang berbuka puasa ketika ia berbuka, doanya tidak akan ditolak." (HR Ibnu Majah)


Memperbanyak Baca Al-Qur’an

Kitab Suci Al-Qur’an yang merupakan petunjuk bagi umat manusia diturunkan pada bulan ramadhan, maka dari itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan ayat suci Al-Qur’an selama bulan ramadhan. Rasulullah SAW bersabda bahwa membaca Al-Quran di bulan Ramadan memiliki pahala yang berlipat ganda. Sehingga, setiap ayat yang kita baca akan memberikan berkah dan kebaikan yang besar. “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)

Bersedekah

Dari Anas bin Malik RA seorang sahabat Rasulullah SAW, Rasulullah SAW bersabda yang Artinya: "Dari Anas dikatakan, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab, "Sedekah di bulan Ramadhan" (HR At-Tirmidzi).

I’tikaf

I’tikaf merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan selama ramadhan. Rasulullah SAW sering melakukan i’tikaf, terutama pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Meskipun tidak wajib, i’tikaf sangat dianjurkan dan dapat memberikan kesempatan untuk memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT. Hadits dari Ummu al-Mukminin, ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau (HR; Bukhori, Muslim)

Fokus beribadah di 10 hari terakhir Ramadhan

Dari Aisyah radhiallahu’anha, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:“Carilah oleh kalian keutamaan lailatul qadr (malam kemuliaan) pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan”. ( HR. Bukhori dan Muslim )


Sumber:

https://www.detik.com/jateng/berita/d-7251984/sedekah-di-bulan-ramadhan-dalil-manfaat-hingga-waktu-terbaiknya

https://www.unsoed.ac.id/id/cek-yuk-amalan-amalan-sunnah-di-bulan-ramadhan

https://umj.ac.id/edisi-ramadan/berbagai-amalan-di-bulan-ramadan/

https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/amalan-di-bulan-ramadhan/

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.