Breaking News
recent

Media Massa Dalam Kehidupan Kita

Ilustrasi : Google

Dalam era globalisasi saat ini kita bahkan sudah terlibat langsung dalam kegiatan informasi. Informasi membentuk kita, dan perasaan-perasaan kita dalam informasi. Komunikasi massa yang mendesak dan mendominasi sistem komunikasi yang tradisional atau yang ada lebih mendasarkan pada komunikasi antara personal maupun komunikasi kelompok, kemudian mempengaruhi kehidupan kita umumnya informasi maupun khususnya sistem komunikasi yang tidak sekuat atau sebesar yang diperkirakan semula, dan penemuan-penemuan baru tentu akan mengubah syarat ataupun karateristiknya. 


Bahkan saat ini saja dapat kita ketemukan beberapa dari individu-individu sudah cenderung tidak mau lagi atau enggan untuk menyebarluaskan informasi melalui media massa, namun cenderung membuat jadwal atau acaranya sendiri melalui sumber-sumber informasi yang didapat dengan kebebasan yang tidak terikat ruang dan waktu. Seiring perkembangan teknologi mempengaruhi media massa seiring itupula makna informasi meningkat, dan saat inilah kita hidup dalam tatanan masyarakat informasi.


Perkembangan teknologi memegang peranan penting, teknologi membantu mengubah pola komunikasi kita yang dibatasi oleh ruang dan waktu menjadi komunikasi informasi tanpa batas, sehingga lahirnya media-media baru memberi alternatif masyarakat dalam mencari dan memanfaatkan sumber-sumber informasi untuk memenuhi kebutuhan kita akan informasi, dan dengan berkembangnya teknologi informasi tentu saja mengubah masyarakat yang pintar akan teknologi informasi.

Jutaan informasi setiap harinya diterbitkan dalam berbagai bentuk melalui  komunikasi media massa. Media-media massa setiap saat muncul dalam jumlah yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi baik kualitas dan kuantitasnya. Media-media tersebut secara terus-menerus menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar sejalan dengan perkembangan informasi itu sendri sebagai penghasil dan sekaligus pengembangan pengetahuan manusia yang semakin kompleks. 

Informasi apa saja bisa di peroleh melalui komunikasi media massa, terutama informasi yang sudah direkam dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kemanusiaan, sosial dan informasi lainnya yang menyangkut kepentingan kehidupan yang bersebaran di beberapa komunikasi media massa membutuhkan system penelesuran yang sistematis agar memudahkan dalam menemukan informasi secara cepat dan tepat.


Jutaan informasi setiap harinya diterbitkan dalam berbagai bentuk melalui media komunikasi massa. Media-media massa setiap saat muncul dalam jumlah yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi baik kualitas maupun kuantitasnya. Media-media tersebut secara terus-menerus dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar sejalan dengan perkembangan pengetahuan manusia saat ini yang semakin kompleks.

Kehadiran media massa di sekitar kita memberi nilai tersendiri bagi kehidupan akan informasi seiring dengan kebutuhan kita terhadap informasi. Media massa ini sendiri mampu menyebarluaskan dan menyampaikan berbagai jenis informasi yang dibutuhkan, baik yang menyangkut pendidikan agama, ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Media-media komunikasi massa hadir untuk memberikan arti tersendiri pada masyarakat atas penggunaannya. Setiap individu sangat berbeda sekali dalam memerankan media sebagai media informasi. Sebagian orang menggunakan komunikasi media massa sebagai sumber informasi untuk mendapatkan hiburan, mengisi waktu luang dan sebagainya.


Namun, bagaimana dengan sebagaian orang yang menyalah gunakan media massa yang tidak seusai dengan semestinya? Tentu saja kita dapat merasakannya disekeliling kehidupan kita, ataupun kita telah mendengar atau melihat sendiri informasi yang diberi oleh media-media massa itu sendiri. Banyak sekali yang telah merasakan kerugian, kejahatan atas penyalahan yang tidak dengan sesuai atas fungsi sebenarnya.

Belakangan ini penyalahgunaan media massa sudah sangat gencar dibicarakan, yang dilatarbelakangi karena kekhawatiran akan isi informasi atau konten yang ada dalam media massa tersebut. Gencarnya pembicaraan penyalah gunaaan media massa, semestinya mengajak kita untuk memiliki kemampuan mampu akan mengakses, menganalisis, dan tentu saja mampu memilah-milah isi konten informasi media massa tersebut.


Pemerintah sudah cukup banyak mengambil alih upaya-upaya mengatasi berbagai penyalahan oknum yang tidak bertanggung jawab yang sangat berdampak pada masyarakat, dan tentu saja tak cukup menunggu upaya dari pemerintahan, kita lah yang semestinya mampu menyuarakan baik atau buruknya suatu media. Mampu memilah-milah informasi yang kita dapatkan, tidak menerima begitu saja berbagai informasi dari suatu media, dan kecerdasan dan mengkritisi suatu informasi menjadi hal yang penting dalam menunjukan peran kita dalam menyikapi infromasi dari media massa.






Penulis Adalah : Ridha Andriani
Mahasiswi semiister IV Komunikasi & Penyiaran Islam 
Di Kampus Insititut Agama Islam Negeri Langsa.
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.