Breaking News
recent

Perjuangan dan Kebahagian Mahasiswa

Ilustrasi : google

Oleh : Irwansyah.


Perjalanan yang begitu panjang diraih oleh setiap mahasiswa yang menempuh perjuangan perkuliahan di kampus IAIN Langsa mana kala dari awal perjuangan itu dimulai sampai tiba di pertengahan perjuangan yang akan di selesaikan olehnya, hal ini membangkitkan semangat juang 45, bagaimana tidak, itu membuat mahasiswa yang akan menentukan, perjuangannya berlanjut sampai selesai ataukah berhenti di tengah perjuangan.

Pendidikan Merupakan pembelajaran pengetahuanketerampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Kecintaan setiap mahasiswa akan pendidikan yang di tempuh olehnya, serasa hal ini menjadi acuan paling mendasar untuk menyukseskan studi yang akan di jalani, semasa iya menempuh pendidikan, tatkala, di kampus, hingga iya keluar dengan kegiatan ekstra kulikuler, kegiatan menuntun ilmu, dengan memeraktikkan nya.

Hari demi hari yang di jalani akan menyisakan kenangan dalam hidup, “sesuatu yang tidak di abadikan maka akan hilang” ujar seorang guru kepada muridnya. Hal ini lah yang menjadi acuan setiap insan akan tinggalkan sejarah, abadikanlah perjalanan hidupmu, agar menjadi kenangan masa tuamu.

Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, Sekolah Menengah Akhir dan kemudian perguruan tinggi, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas.

Seorang yang lagi berjuang seyogyanya tekun dan sabar, hal ini menjadi penting kala, ada rintangan dan halangan yang di hadapi oleh mahasiswa yang menjalani pendidikan, sahabat, teman, saudara, sangat terfungsikan dengan kebutuhan yang dijalani sepanjang perjuangan yang di jalani untuk meraih suksesnya.

Dalam menjalani suatu hal yang akan di jalani, penulis berfikir kalau Fokus merupakan kunci utama dalam menjalani sesuatu yang akan di kerjakan kedepan, tindakan yang dilakukan akan menjadi moment dalam menjalani hidup, tersenyumlah yangb membuat setiap insane akan tegar dalam menjalani sesuatu pekerjaan.

Perkuliahan yang mana akan melatih hard skill dan soft skill menjadi impian saetiap mahasiswa yang ada di kampus, hal ini tak terhindarkan daari kelalayan yang di miliki oleh mahasiswa, kuncinya merupakann mengatur managemen dengan sebaik-baiknya.

Dilihat sekilas perkuliahan itu di tempuh dengan berbagai perjuangan “Lain Orang Lain Lagi Caranya” istilah ini merupakan keberagaman mahasiswa dalam menempuh study yang di tempuh, Selesai cepat merupakan impian dari setiap insan kampus.

Mendapatkan Indek prestasi kumulatif (IPK) tinggi merupakan impian setiap mahasiswa, Baik itu dari kampus negeri dan kampus Swasta, “belajar masa dini bagai mengukir di atas batu, belajar di hari tua bagai mengukir di atas air”. Istilah yang sering kita dengarkan di katakana oleh orang tua, dari istilah tersenut dapat kita pelajarai bahawa belajar sungguh-sunggguh itu penting, guna investasi masa depan.

Jenjang demi jenjang di lalui dengan senyuman ke ikhlansan sepenuh hati, jenjang petama merupakan awal dari sebuah perjuangan “perjuangan sudah di mulai” ketika kata itu terucap maka akan muncul kata keseriusan, kelalaian akan menjadi suatu yang menjadi momok tidak mengenakkan. Karena, “penyesalan dating pada akhirnya”.

Sesuatu yang di lakukan dengan baik maka akan berujung dengan kebaikan pula, bila sesuatu dilakukan dengan hal tidak baik (buruk) maka akan berujung dengan hal yang tidak baik pula, hal ini merupakan hukum alam yang mana kata “Hukum Karma”.

Usaha yang di lakukan oleh mahasiswa merupakan kesungguhan dalam sikap dan tindakan yang di lakukan selama perjuagan itu di lakukan, menyelesaikan perkuliahan itu layaknya seorang yang bermain video Game, tatkala permainan itu kalah dan menang, “kalah menang itu hal biasa” nah, ini jangan salah di pahami untuk para mahasiswa selaku pelajar, salah meng artikan sesuatu maka artian tersebut akan terjurumus dalam tindakan yang salah.


Simpulan yang dapat di ambil hikmah dalam tulisan ini merupakan perjuangan dengan yang pahit akan berakhir dengan perjalanan hidup yang manis pada akhirnya. “berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian, Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Ini lah yang akan menjadi acuan dasar dalam sebuah perjuangan yang kita lakukan.

Irwansyah
Penulis Adalah mahasiswa Jurusan komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.