Breaking News
recent

Presiden RI Harap Malaysia Minta Maaf

Bendera Indonesia terbalik di SEA GAMES 2017. Kuala Lumpur Malaysia
ZawiyahNews.com | Jakarta – Orang nomor satu di Negara Indonesia Presiden Rakyat Indoonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) Mengharapkan pemerintah Malaysia minta Maaf secara resmi atas keteledoran terbaliknya bendera  Republik Indonesia yang di cetak dalam buku Panduan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

"Saya kira kita nanti menunggu permintaan maaf resmi dari pemerintah Malaysia," kata Jokowi, usai penyerahan sertifikat hak atas tanah, di Jakarta, Minggu (20/8/2017).

Jokowi juga Mengatakan,Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia, karena ini menyangkut sebuah kebanggaan, nasionalisme dari bangsa kita Indonesia..

“pemerintah Indonesia sangat menyesalkan kejadian tersebut. Namun demikian, Jokowi juga meminta masalah ini tidak dibesar-besarkan “ujar orang nomor satu Indonesia tersebut.

Buku panduan dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017).

Bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017. Pemerintah pun akan melakukan protes terhadap pihak penyelenggara.

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah.

Iman Nahrawi sesalkan kejadian yang mencoreng Lambang Negara tersebut "Saya kira ini sangat teledor dan ceroboh sekali. Hal ini mencederai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Panitia lokal Malaysia pun lantas mengeluarkan permohonan maaf secara resmi. Surat tersebut diunggah di akun Twitter resmi SEA Games.

"Protes jelas akan kami lakukan. Kami menunggu permintaan maaf secara langsung dari Pemerintah Malaysia. Masa acara besar dan istimewa seperti pembukaan SEA Games harus ternoda oleh hal ini," ujar Imam.

Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Berikut Daftar Negara yang berpartisipasi dalam ajang olahraga SEA Games,  diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Myanmar (Burma), Kamboja, Laos, Brunei Darussalam dan Timor Leste. (Kompas.com)


ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.