Breaking News
recent

13 Tips Mendaptkan IPK Tinggi


Zawiyah News | Editorial - Halo para mahasiswa IAIN Langsa ingin tahu rahasia meraih IPK tinggi? Zawiyah news kali ini akan membahas seluk beluk bagaimana cara meraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi. Khususnya bagi mahasiswa baru mungkin tips ini bisa menjadi pedoman kalian untuk meraih prestasi di dalam dan di luar kampus. Tidak ada salahnya mencoba trik-triknya seperti yang di kutip di idehidup.com

1. Luruskan niat

Semuanya berawal dari niat. Bila niatnya sudah salah, maka langkah-langkah selanjutnya dan hasilnya akan menjadi bermasalah dan tidak optimal. Tinjau ulang niat kalian untuk meraih IPK tinggi. Tentukan juga tujuan kalian meraih IPK tinggi. Catat baik-baik niat dan tujuan kalian, dan bila perlu tempelkan catatan tersebut di dinding. Karena bila di tengah proses usaha pencapaiannya sobat merasa putus asa, bosan, tak kuat lagi, maka kalian bisa terbangkitkan semangatnya dengan membaca ulang niat dan tujuan kalian yang telah ditetapkan.


2. Rajin belajar

Ini trik lama yang sudah sering-sering didengungkan dan juga sering kalian dengar. Namun penulis tidak memungkiri bahwa bila ingin mendapatkan IPK tinggi maka kalian juga harus rajin belajar. Rajin belajar itu berarti kalian bersamangat secara terus menerus dalam belajar apapun itu yang terjadi. kalian akan bersemangat ketika mengikuti perkuliahan, bersemangat ketika mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, bersemangat ketika membuat ringkasan materi (resume), bersemangat ketika mengerjakan persiapan tugas presentasi, dan bersemangat ketika melakukan segala macam aktivitas akademik lainnya.
Rajin belajar itu berarti kalian akan sangat suka dan sungguh-sunggu serta giat dalam balajar apapun kondisinya. Bila kalian bisa mencapai taraf itu tadi, maka sobat dikatakan rajin belajar. Meskipun tidak semua orang yang rajin belajar akan mendapatkan IPK tinggi, namun dengan rajin belajar maka kalian minimal akan berada di jajaran peraih IPK yang tergolong bagus. Lalu supaya mendapatkan IPK tertinggi bagaimana caranya? kalian perlu melanjutkan membaca tulisan ini sampai akhir.


3. Mengerjakan tugas

Kerjakan semua tugas yang diberikan di perkuliahan maupun di praktikum. Jangan tunda-tunda lagi pengerjaannya. Kerjakan tugas dimanapun dan kapanpun. Apalagi sekarang sebagian besar mahasiswa sudah banyak yang memiliki laptop. Alasan tidak mengerjakan tugas karena antre di rental komputer atau di warnet tidak lagi relevan. Dengan adanya laptop maka tugas bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Asalkan baterai laptop masih mencukupi maka tugas tetap terus bisa dikerjakan. Atau bila baterai sudah drop maka colokan listrik sekarang sudah banyak tersebar di sudut-sudut kampus.
Apalagi koneksi internet di kampus di IAIN Langsa sudah tersedia secara gratis di hotspot-hotspot. Sambil ngobrol-ngobrol dengan teman bisa sambil mencicil mengerjakan tugas sedikit demi sedikit. Bosan dengan suasana kampus? kalian bisa mengerjakan sambil menyeruput kopi hangat sambil mengerjakan tugas-tugas kuliah di cafe-cafe yang nyaman. Nikmatilah proses-proses pengerjaan tugas dan jangan dijadikan beban. Berkawanlah dan bergembiralah kalian dengan tugas-tugas kuliah. Janganlah menganggap tugas-tugas kuliah sebagai musuh, anggaplah sebagai kawan lama yang baru bertemu.
Mengerjakan tugas-tugas kuliah seperti tugas pembuatan makalah akan melatih mahasiswa dalam membiasakan dan melatih diri menulis karya ilmiah. Sebagai seorang insan akademis ilmiah maka keterampilan menulis karya tulis ilmiah adalah wajib harus dikuasai. 


4. Aktif di kelas

Untuk meraih IPK tertinggi maka kalian perlu aktif di kelas. Aktif di kelas ini bisa berupa aktif bertanya ketika dosen memberikan kesempatan bertanya. Beranikan diri sobat untuk bertanya kepada dosen bila dibuka sesi tanya jawab. Kalianbisa bertanya mengenai materi yang baru saja disampaikan oleh dosen bila dirasa ada yang belum jelas. Atau kalian juga bisa bertanya mengenai hal lain yang belum diungkap di kuliah dan kebetulan sobat baca di buku teks (text book) atau paper jurnal hasil belajar mandiri kalian malam sebelumnya. Terkadang dosen tidak menjelaskan secara lebih banyak karena terbatasnya waktu tatap muka.
Aktif di kelas juga berarti sobat harus banyak berpartisipasi dalam sesi presentasi. Terkadang tugas presentasi ini adalah tugas kelompok sehingga yang maju di depan kelas adalah satu kelompok lebih dari satu orang. Kalian harus menjawab pertanyaan dari kelompok lain atau pertanyaan audiens lainnya. Selain itu juga sempatkan kalian untuk bertanya pada kelompok lain. Dosen akan memberikan nilai positif terhadap mahasiswa yang aktif di kelas.


6. Jangan pernah curang


Salah satu bentuk curang adalah mencontek ketika ujian (Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, dll.). Jangan terbersit sedikitpun untuk mencontek ketika kalian mengikuti ujian. Kerjakan semua soal yang ada sesuai kemampuan kaliam. Untuk mendapatkan nilai bagus tidak ada jalan lain kalian, kecuali dengan mempersiapkan diri kalian dengan belajar sekuat tenaga untuk berusaha menguasai materi yang diujikan. Tidak berlaku curang (mencontek atau bekerja sama ketika ujian) akan memberikan manfaat terhadap pembentukan karakter dan integritas yang kuat pada diri kalia. Kalian akan terbiasa untuk mengambil sikap secara tegas.
Terutama hal ini ketika kalian berada di lingkungan yang kebanyakan teman-teman kelas sobat terbiasa dengan contekan dan bekerja sama ketika ujian. Kalian akan diuji dengan dianggap sok, tidak mau berbagi, pelit dan sebagainya. Jalan keluarnya adalah sobat tetap berbaiklah kepada mereka, bantulah mereka ketika itu non ujian, ajarilah dan terangkanlah pada mereka materi perkuliahan yang belum mereka fahami. Maka selanjutnya mereka akan memaklumi sikap yang diambil. Selain itu ketika ujian cobalah untuk selalu duduk di deretan bangku paling depan. Sehingga teman-teman sobat akan berfikir dua kali untuk bertanya ke sobat tentang jawaban soal-soal yang sedang diujikan.

7. Tidak pernah bolos (absensi lengkap)

Sekuat mungkin jangan pernah bolos tanpa alasan yang jelas. Kalian jangan pernah absen dari perkuliahan. Beberapa kampus memberikan standar sendiri-sendiri tentang minimal presentase kehadiran mahasiswa pada perkuliahan. Kebanyakan kampus memberikan toleransi minimal 85% kehadiran dari seluruh total tatap muka perkuliahan. Dengan demikian kalian mempunyai jatah 15% untuk tidak hadir secara legal. Kalian bisa memanfaatkan 15% ini untuk tidak hadir dalam perkuliahan secara baik dan optimal. Contohnya adalah untuk menghadiri seminar umum atau keprofesian yang diadakan satu tahun sekali, atau untuk kegiatan organisasi kemahasiswaan.
Tapi ingat baik-baik, ketidakhadiran kalian di perkuliahan jangan sampai lebih dari 15%. Juga penting untuk diingat lagi adalah cek dan perhatikan terlebih dahulu peraturan di kampus  mengenai presantase minimal kehadiran pada perkuliahan ini. Karena beberapa mata kuliah memberikan sanksi yaitu tidak diperbolehkan bagi mahasiswa untuk mengikuti Ujian UAS (Ujian Akhir Semester) atau UTS (Ujian Tengah Semester) bila presensi tidak memenuhi.

8. Aktif di organisasi kemahasiswaan

Kami menyarankan kalian untuk bergabung dan aktif di organisasi kemahasiswaan. Minimal kalian bergabung di organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan keilmuwan atau keahlian sesuai disiplin ilmu yang kalian pelajari di bangku perkuliahan seperti LPM Zawiyah News. Bergabung di LPM Zawiyah News akan mengasah jiwa kepemimpinan dan manajerial  kalian. Kalian  akan banyak belajar secara langsung cara berhubungan dengan orang lain. Kalian akan belajar cara bekerja secara tim dan bagaimana cara memperjuangkan suatu tujuan secara bersama-sama dengan anggota lainnya. Kalian juga akan belajar bagaimana merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempertanggungjawabkan program-program kerja. sobat juga akan belajar mengenai arti suatu solidaritas dan kebersamaan. Bergabung dan aktif di LPM Zawiyah News mempunyai banyak manfaat.

Tidak hanya membentuk karakter kalian, tapi juga kalian akan mendapatkan keahlian khusus (skill) yang tidak akan dapat di dalam kampus, seperti cara menjadi reporter, menulis berita, opini, teknik penggalian data, sinematografi, desain grafis, layout, dll. Itu akan kalian dapatkan di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Zawiyah News dan akan menjadi batu loncatan kalian ketika selesai dari kampus IAIN Langsa.


9. Mengatur waktu dan pikiran

Untuk mendapatkan IPK tertinggi maka kalian juga perlu mengatur penggunaan waktu dan pikiran. Nah yang berat adalah membagi pikiran. Membagi waktu itu lebih gampang dari pada membagi pikiran. Membagi waktu bisa dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan. Yang menjadi masalah adalah ketika kita sudah berdisiplin menepati jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan namun pikiran kita masih susah untuk dikondisikan untuk fokus pada kegiatan yang telah ditetapkan. Misalnya adalah ketika kalian sudah berada di kelas untuk mempresentasikan tugas di depan kelas namun pikiran kalian masih melayang-layang memikirkan hasil rapat organisasi yang masih bermasalah. Atau sebaliknya, ketika rapat organisasi sedang berlangsung, pikiran kalian masih melayang-layang pada tugas kuliah yang belum dikerjakan. Di sinilah letak tantangannya, kalian perlu belajar mengkondisikan perpindahan (switching) pikiran dari fokus pada satu kegiatan ke kegiatan yang lain.


10. Kurangi main game, facebook-an, twitter-an, dan jejaring sosial lainnya
Di sini kami menyarankan untuk mengurangi, bukan menghentikan sama sekali. Bermain game, facebok, twitter dan jejaring sosial lainnya memang mengasyikkan. Kalian akan merasakan tahu-tahu sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain itu semua. Yang berbahaya adalah ketika tugas-tugas kuliah menjadi tidak terkerjakan akibat keasyikan bermain di sosial media. Atau juga bila waktu untuk belajar terkurangi akibat keseringan bermain-main itu semua. Maka tidak ada jalan lain selain menyadari bahwa itu semua adalah kesalahan dan sobat bertekad kuat mengendalikan diri untuk menguranginya.

Mengapa kami tidak menyarankan menghentikan total kegiatan facebook-an, twitter-an dan jejaring sosial lainnya ini, karena sobat bisa mengambil manfaat darinya. Ada grup-grup facebook yang membahas dan berdiskusi mengenai topik-topik tertentu yang sesuai dengan proses belajar kalian di IAIN Langsa. Nah kalian, cobalah aktif berdiskusi di grup-grup facebook jenis ini, karena akan memberikan manfaat secara akademis sebagai penunjang proses belajar kalian. 


11. Membentuk kelompok diskusi

Carilah teman-teman yang enak dan nyambung ketika diajak diskusi. Meskipun itu hanya satu atau dua orang tak mengapa. Titik tekannya adalah kalian memiliki teman untuk bertukar pendapat. Misal ketika ada penjelasan dosen yang sobat rasa belum bisa sobat pahami, maka sobat bisa bertanya atau meminta pendapat teman kalian. Karena terkadang keterangan dosen agak susah dipahami dan bisa jadi teman sobat bisa menerangkan secara lebih jelas dengan bahasa yang lebih mudah sobat pahami. Akan lebih baik lagi bila bisa membuat kelompok diskusi yang lebih besar lagi yang terdiri dari banyak mahasiswa sehingga atmosfir suana belajar keilmuwan akan cukup terasa dan akan sangat kondusif untuk suasana belajar.



12. Konsultasi ke dosen

Selain  berdiskusi dengan teman-teman kuliah kalian, maka juga perlu berkonsultasi dengan dosen. Bila memungkinkan maka cobalah untuk menghubungi dosen untuk berkonsultasi terhadap suatu topik perkuliahan yang sobat belum pahami. Hal ini karena jam perkuliahan yang terbatas maka kalian bisa bertanya dosen di luar jam kuliah. Namun yang perlu diperhatikan adalah sobat bertanya dahulu apakah dosen tersebut ada waktu atau tidak, karena beberapa dosen mempunyai jadwal yang padat. Bila ternyata saat itu dosen tidak bisa menerima konsultasi atau diskusi maka sobat bisa menanyakan kira-kira kapan beliau ada waktu.

Sering berkonsultasi dengan dosen juga memberikan kesempatan bagi sobat untuk penelitian dengan topik yang linier dengan dosen tersebut. Terutama untuk kalian mahasiswa di semester akhir maka jangan sampai lepas kontak dan berhenti lama dalam berkonsultasi dengan dosen tentang tugas akhir (skripsi) yang sedang dikerjakan, karena akan membuat kalian menjadi semakin malas mengerjakan skripsi serta menjadi tidak segera selesai dan malah bisa jadi terbengkelai karena kalian termakan rasa bosan. Sering-seringlah berkonsultasi tentang skripsi kalian pada dosen pembimbing skripsi sobat sekalian.


13. Ikhlas

Kami sengaja memasukkan ikhlas dalam hal-hal yang perlu diperhatikan untuk maraih IPK tinggi, karena ikhlas inilah yang akan menjadi kunci kesuksesan. Setelah kalian menerapkan trik dan tips seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ada kalanya ternyata kalian bisa mencapai IPK tinggi dan juga bisa mencapai IPK yang standar-standar saja. IPK berapapun yang kalian dapatkan maka kalian harus ikhlas menerimanya. Karena itu merupakan hasil kerja keras kalian yang telah mendedikasikan waktu tenaga dan pikiran untuk berusaha mendapatkan IPK tinggi. Ikhlas akan membuat kalian menjadi tidak putus asa dalam perjuangan usaha meraih IPK terbaik.

Bila semester ini kalian tidak bisa mencapai IPK sesuai target yang telah kalian tetapkan, maka terimalah dahulu IPK tersebut, setelah itu lakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang telah diambil dalam usaha untuk mencapai IPK terbaik, sehingga hasil evaluasi mandiri sobat ini bisa dijadikan panduan untuk menyusun rencana-rencana aksi untuk mendapatkan IPK terbaik di semester selanjutnya. Bersyukurlah dengan berapapun IPK yang kalian dapatkan, karena itu merupakan hasil yang kalian dapatkan setelah kalian berusaha keras untuk terus memperbaiki diri dan memantaskan diri untuk mendapatkan IPK terbaik. Dengan bersyukur maka kalian akan menghargai proses-proses yang telah sobat lalui.

Demikianlah uraian kami mengenai bagaimana cara mencapai IPK tinggi. Semoga  sekalian mendapatkan gambaran mengenai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan. Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit cahaya di tengah kegelapan yang barangkali sedang kalian alami. Semoga tulisan ini bisa memberikan semangat bagi perjuangan kalian untuk mencapai IPK tertinggi. Tetap bersemangatlah, karena semuanya bisa diselesaikan sebaik mungkin. Jangan menyerah, karena menyerah berarti kalah. Teruslah berjuang dan gapailah asa dan cita-cita kalian. Salam hangat dari Zawiyah News. (Idehidup.com/Rma)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.