Breaking News
recent

Tips Jitu Agar Bisa Bertahan di Kampus Baru


Zawiyah News | Editorial - Kuliah adalah salah satu fase terpenting dalam hidup kita. Sebab masa depan kita bisa ditentukan dengan jurusan maupun kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di kampus.
Duh tapi rasanya deg-degan ketika baru masuk kuliah!
Nah, ini dia 7 tips untuk mahasiswa baru supaya bisa bertahan di kampus baru!

Belajar adaptasi
Kuliah tuh beda sama masa-masa SMA, sehingga kita harus belajar beradaptasi, terutama buat si anak rantau. Adaptasi alias menyesuaikan diri memang enggak mudah kok. Wajar kalau kita merasa asing dan kesepian di beberapa bulan awal saat masuk di kampus baru. Namun kita bisa mengatasinya dengan mulai membangun hubungan pertemanan bersama teman-teman sekelas.

Pilih teman yang nyambung
Nah, untuk bisa nyaman berada di lingkungan baru, pemilihan teman tuh penting! Cari teman yang punya visi atau hobi yang sama kayak kita. Dengan begitu hari-hari kita akan terasa lebih menyenangkan dan enggak membosankan!

Ikut kegiatan kampus
Salah satu trik untuk bisa dapat teman adalah dengan ikut kegiatan kampus. Enggak perlu ikut terlalu banyak kok, cukup satu atau dua aja yang menurut kita benar-benar cocok. Ada banyak banget kegiatan kampus, mulai dari menjadi Jurnalis kampus seperti di web site ini, klub debat, beladiri, juga aksi sosial.

Hindari melakukan sistem kebut semalam
Sistem kebut semalam memang menggoda banget, apalagi buat kita yang suka menunda-nunda pekerjaan. Tapi ini sangat enggak direkomendasikan!
Soalnya sistem kebut semalam cuma bakal bikin kita kewalahan dan kurang istirahat di detik-detik terakhir sebelum pengumpulan tugas. Apalagi tugas kuliah akan lebih banyak dan susah dibanding saat masih SMA lho! Kerjakan tugas sesegera mungkin supaya enggak menumpuk.

Jangan kebanyakan begadang
Begadang memang enggak terhindarkan ketika kita sudah jadi mahasiswa. Tapi jangan terlalu sering bedagang ya! Sebab begadang cuma bikin kesehatan jadi terganggu, kita pun jadi enggak bisa konsentrasi di kelas karena kurang tidur.

Luangkan waktu untuk diri sendiri
Nah ini nih yang sering dilupakan sama mahasiswa! Luangkan waktu untuk diri kita sendiri di tengah kesibukan tugas-tugas dan kegiatan kampus. Enggak usah yang ribet-ribet kok, cukup dengan bersepeda, berlari di lapangan merdeka Kota Langsa atau menonton film favorit kita. Pikiran jadi segar kembali deh!

(Rma)
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.