Breaking News
recent

ZEC IAIN Langsa Sambut Anggota Baru Dengan Welcome Party The New ZEC Army 2017

Para Peseta mendengarkan kata sambutan dari Bapak Rasyid selaku Pembina Zec | Photo Doc Irwansyah
Zawiyah news | Langsa - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Zawiyah English Club (ZEC) kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Selenggarakan acara Welcome Party The New ZEC Army 2017, yang di langsungkan di Aula dakwah lama pada, kamis (28/9//17).

Kegiatan penyambutan Member (anggota Baru) di lembaga yang bergerak di bidang Bahasa inggris kali ini merupakan yang terbanyak dari tahun sebelumnya, ungkap ketua panitia dalam laporannya. Dalam kegiatan tersebut, mengangkat tema “Togetherness in Diversity” Kebersamaan dalam Keberagaman.

Rektor IAIN Langsa Dr. Zulkarnaini,MA meberikan apresiasi kegiatan UKM ZEC, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang di selenggarakan oleh UKM ZEC, yang mana hari ini akan terkumpulkannya lagi mahasiswa pecinta bahasa Inggris di kampus,” ujar Rektor.

Zulkarnain, menyinggung kebiasaan yang di jumpai olehnya, yang mana kalau orang yang belajar bahasa inggis di akademik, dia hanya bisa membaca dan menjelaskannya namun, sulit berbicara, begitu pula dengan orang pesantren/dayah yang ada di aceh juga sebagian besarnya sangat mahir dalam membaca Nahu, Saraf, tetapi bila di suruh berbicara bahasa arab, maka ia lari, Karena tidak mahir dalam berbicara, ujarnya.

Zulkarnain juga menceritakan masa sulit dalam berbahas inggris kala ia bersekolah di Madrasah Aliah (MA) dulu, “saya sekolah di MAN dulu saya suka bahasa inggris tapi saya tidak bisa, ada kawan saya anak lhoksukon dia sangat pandai berbahasa inggris, dia bisa berhitung dari 1-1000 hal ini membuat saya heran setengah mati” ujarnya.

Waktu saya kuliah S1 di Institut Agama Islama Negeri (IAIN) Ar-Raniry (Sekarang UIN Ar-Raniry) saya juga masih belum bisa berbahasa inggris. Namun saya terus berusaha untuk belajar, kala itu saya tinggal di sebuah pesartren Nurul Sa’dah, saya cat dinding bilik saya yang mengunakan triplek, dan saya tuliskan kata yang saya tidak ingat, kemudian setiap sebelum tidur saya lihat apa yang saya tuliskan.

Zulkarnain, juga menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa yang ada di UKM ZEC “Saya berharap kepada mahasiswa yang tergabung dalam UKM ZEC agar terus belajar mengasah skill dalam berbahasa inggris, tidak harus memaksa namun, bisa juga dengan mendengarkan ucapan bahasa inggris, karena selain speaking berbicara juga di perlukan listening mendengarkan, dan sangat bagus bila ada keduanya,” ungkap Zulkarnain.

Sementara itu Pembina UKM ZEC Rasyid Selaku Pembina ia menyampaikan rasa bangganya kepada Zawiyah english Club karena banyaknya peninngkatan dari tahun sebelumnya “Saya sangat bangga dengan UKM Zawiyah Engglish Club (ZEC) hari ini sudah banyak sekali perubahan dan gebrakan yang dilakukan, seperti halnya menghidupkan suasana sekretariat untuk belajar berbahasa Inggris” ujarnya.

Lanjutnya, "Alhamdullilah perkembangan ZEC penuh dengan mahasiswa yang semula banyak dari jurusan bahasa inggris namun sekarang sudah banyak dari jurusan lain, termasuk ketua umum Saipul Maulana yang hari ini ia dari Fakultas Syariah jurusan Muamalah (MU), ini merupakan prestasi yang amat bagus untuk ZEC".

Lebih lanjut Rasyid menyampaikan “Bahasa merupakan jendela dunia, hari ini saya, dan juga Rektor IAIN Langsa bisa tinggal di Negara orang sementara waktu menempuh studi di Australia walau tidak bisa menjadi warga negara di sana, namun yang mau saya sampaikan bahwa bahasa inggris ini amat penting,” ujarnya.

Kemudian iya turut menyampaikan harapan terbesarnya mana kala ia di negeri orang melanjutkan study dalam program 5000 Doktor ia bisa berjumpa dengan salah seorang mahasiswa yang berhadir dalam kegitan ini “saya di suruh pak Rektor untuk melanjutkan S3, dan alhamdullah saya lewat keluar negeri, saya juga sangat menginginkan, adek-adek mahasiswa yang ada di sini hari ini bisa berjumpa dengan saya Negeri orang nantinya,” ucap Kepela Lembaga Bahasa IAIN Langa.

Kegiatan Tersebut turut di hadiri oleh organisasi mahasiswa (ormawa) kampus seperti, UKK Resimen Mahasiswa (MENWA) UKM LDK Al-Furqan, UKK Pramuka, UKK Krs-PMI, UKM Zawiyah News, UKM Sanggar Seni Putroe nuurul A’la, UKM PA LH Macopala.

(Irwansyah)
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.