Breaking News
recent

UKM PA-LH Macopala Temukan Habitat Orang Hutan Sumatera

Orang hutan Sumatera. Foto : UKM PA-LH Macopala

Zawiyahnews | Aceh Tamiang - Dalam kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (PELATSAR) UKM PA-LH MACOPALA yang dilakukan pada 6-12 November lalu di Desa Selamat Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, UKM-PA LH MACOPALA secara tak sengaja menemukan habitat Orang hutan Sumatera di lokasi Pelatsar tersebut. 

Penemuan ini bermula dari salah seorang anggota yang sedang mengambil air di tepi sungai terkejut ketika seekor Orangutan Sumatera dewasa melintas di atas pohon seberang sungai. “Pagi itu saya sedang turun ke sungai untuk mengambil air, tiba-tiba saya terkejut seekor orangutan melompat di atas pohon seberang sungai” ujar M. Ridho Kurniawan (Togap) saat memberikan keterangannya.

Sebelumnya saat dilakukan Survey kelayakan lokasi Pelatsar, team yang terdiri dari Fahrizul Ikram, Muhajir, Saiful Zaki dan Ibrahim ini juga mendapatkan keterangan dari seorang warga yang bekerja sebagai pencari burung mengatakan bahwa lokasi tersebut memang sering ditemukan beberapa Orangutan. Sayangnya pemerintah setempat belum mengetahui dan melakukan studi khusus untuk pencarian habitat hewan yang terancam punah tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pemerhati Satwa Liar untuk Aceh, Ratno Sugito mengatakan ditahun 2009 populasi Orangutan di wilayah Aceh hanya enam ribu ekor. Jumlah ini terus berkurang dari tahun 1990 hingga sekarang mencapai 80% dari jumlah populasinya.
Hal ini mendorong UKM PA-LH MACOPALA untuk dapat melakukan penelitian khusus tentang keberadaan dan jumlah populasi orang utan sumatera di lokasi tersebut, mengingat UKM PA-LH MACOPALA adalah lembaga yang ikut serta dalam Konservasi Sumber Daya Alam yang termasuk didalamnya menjaga dan memperhatikan Satwa yang dilindungi.


Untuk itu UKM PA-LH MACOPALA berharap pihak kampus mendukung penuh dalam kegiatan tersebut karena selain bermanfaat untuk data instansi terkait, juga bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan kader-kader UKM PA-LH MACOPALA di masa mendatang. (*).
admin

admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.