Breaking News
recent

5 Cara Mengkritik Dengan Baik dan Ampuh Tanpa Menyakiti Hati Siapapun

Foto: Zawiyahnews.com
Zawiyahnews | Editorial - Salam Pers Mahasiswa, berbicara masalah kritik tentu nya ini tidak terlepas oleh orang lain. kita sering kali mengkritik orang lain atau bahkan orang lain juga sering kali mengkritik kita. kalian pasti mempunyai teman, sahabat, atau saudara tentu nya kalian pernah mengkritik nya.

Nah, kadang-kadang kalau kita salah bersikap itu bisa membuat orang lain sakit hati apa lagi mengkritik nya. kali ini zawiyah news akan memberikan tips-tips atau cara-cara yaitu :"5 CARA MENGKRITIK YANG BAIK DAN AMPUH TANPA TIDAK MENYAKITI HATI ORANG LAIN". oke lansung saja masuk ke cara-cara nya :

1. Memberikan "Pujian".
Sebelum kita mengkritik orang lain harus memberikan sebuah pujian terlebih dahulu sebelum kita mengkritik nya. jadi, jika kita mau mengkritik teman kita sendiri di usahakan di puji dulu supaya suasana nya lebih enak dan enjoy, misalkan ini contoh nya "Bro jawaban dari persentasi mu itu sangat bagus bro tapi ada sedikit kekurangan dari jawaban mu itu bro". nah, bilang ke teman kita ini apa yang kurang dari jawaban dia tersebut sehingga cara ini sangat sopan ketika kita mau mengkritik orang lain dan orang lain pun tidak sakit hati dengan kita. next 🔜

2. Memberikan "Saran", Yang, "Logis".
Ketika kita mau menyampaikan kritik kepada orang lain harus di sertai dengan saran yang logis, kita tidak bisa sembarangan mengkritik orang tanpa ada solusi nya. "misalkan, dalam sebuah organisasi ada orang yang selalu menyalah-nyalahkan teman nya sendiri karna teman nya tersebut tidak bagus kerja nya di dalam sebuah organisasi" .

Tapi di balik semua itu orang tersebut tidak memberikan solusi dalam permasalahan teman nya sendiri. jadi, ketika kita kritik orang lain kasih tau kekurangan dia itu apa  dan kasih saran atau jawaban  dari permasalahan yang dia hadapin. itu baru luar biasa teman-teman saat kita kasih saran yang sangat logis kepada orang lain, oke lanjut.

3. Menyampaikan"Kritik", Secara,"Pribadi".
Nah, cara ini perlu juga teman-teman ketahui saat kita mau memberikan sebuah kritikan tolong sampaikan kritik kita tu secara personal. jangan sampaikan kritik kita itu di depan umum, pada saat itu memang kita meluapkan emosi kita kepada orang lain "misalkan kamu ni gak bagus lah pekerjaan nya gini lah gitu lah" tetapi di depan banyak orang memang kita itu puas, lega, karena udah berhasil menyalah-nyalahkan dia di dalam hati kit.

Mungkin berharap dia sadar, dia mengerti,  biarkan lah dia sekali-kali paham dan mengerti tapi itu perbuatan yang salah teman-teman kalau kita mempermalukan orang di depan umum justru malah sebalik nya orang tersebut tidak bakalan sukak dengan kita, dia malah benci dengan kita, tetapi ketika kita menyampaikan kritik nya secara personal, pribadi misalkan, "Bro kamu ke sini bentar bro ada yang mau aku bilang sama mu bro begini".

Kalau demikian pasti dia mau menerima apa yang kita sampaikan ke dia teman-teman tapi kalo kita udah menjelekkan dia di depan umum, mengkritik dia di depan umum, pasti dia gak pernah bakalan mau menerima apa yang kita sampaikan. jadi, sampaikan lah secara pribadi bila perlu di saat tidak ada orang kita sampaikan kritikan kita ke dia secara santai, secara keluargaan. lanjut lagi next 🔜

4. Mengkritik Kesalahan Bukan Orangnya
Kebanyakan orang di saat mengkritik yang di salahkan itu orang nya bukan perbuatan nya yang di salahkan. apabila kita mempunyai teman, sahabat, atau saudara yang seharus nya kita kritik itu perbuatan nya bukan orang nya yang kita salahkan. ya kalo kita tiba-tiba membodoh-bodohkan orang, ya orang pasti sakit hati dengan kita tapi kalo kita mengatakan ke dia "perkerjaan mu ini salah yang salah nya ini" tetapi orang nya harus kita baikin sehingga seolah-olah yang salah nya itu perbuatan nya bukan orang nya yang salah.

Ayo teman-teman kita usahakan mengkritik perbuatan nya bukan orang nya yang kita salahkan karna orang nya bisa belajar kalo perbuatan nya itu yang salah bisa hilang tapi kalo orang itu bisa belajar belajar dan belajar sehingga dia bisa menjadi lebih baik lagi ke depan nya.

Wajar kalo orang salah, kita harus bisa maklumi karna tidak ada manusia yang sempurna sedangkan kita aja pernah ada salah. jadi, kita harus bisa memahami orang lain teman-teman. oke yang terakhir

5. Menyelesaikan Kritikan Dengan Persaudaraan
Ini yang paling penting teman-teman kita harus menyelesaikan atau meng akhiri kritikan kita dengan rasa kerabatan dan persaudaraan misalkan begini contoh nya teman-teman sekarang kan kita mengkritik dia begini begini begeni tapi kita sampaikan sama dia "bro walaupun saya mengkritik anda seperti ini walaupun saya mengatakan salah nya begini begini tetapi kita tetap adalah saudara,".

Kita adalah sahabat saya akan terus mendukung kamu walaupun kamu salah karna saya yakin manusia tidak ada yang sempurna saya pun pasti ada salah juga bro. nah, seperti itulah teman-teman itu adalah cara yang baik bagaimana kita mengkritik orang lain agar kita tidak menyakiti hati orang lain.

semoga apa yang di bagikan untuk para pembaca menghasilkan buah bermanfaat bagi pengunjung website zawiyahnews dengan tips-tips yang kami sajikan.

Muhammad Faishal 
Penulis merupakan mahasiswa KPI kampus IAIN Langsa atau tim redaksi zawiyahnews.
Irwansyah

Irwansyah

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.