Breaking News
recent

APA ITU Gen Z ?

Ilustrator : Muhammad Faishal

ZAWIYAH NEWS | Tahukah Anda - Gen Z dapat di sebut juga IGENERATION, Generasi Z, Generasi net atau internet. Menurut wikipedia pengertian dari Generasi  Z tersendiri ini adalah  Generasi yang lahir dalam  rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 masehi. Yang mana Generasi Z adalah Generasi setelah Generasi Y, Generasi Y ini dapat di definisikan  Generasi yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1981 sampai dengan 1994 masehi. Generasi Z ini merupakan Generasi peralihan dari Generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Akan halnya dengan generasi Z memiliki keturunan dari Generasi X dan Y.
 Adapun Generasi X dapat di definisikan juga kelahiran dalam rentang tahun 1969 sampai dengan tahun 1980 masehi. Yang mana dulu nya generasi ini masih menggunakan teknologi PC(personal computer), video game, tv kabel, dan internet. Penyimpanan data nya juga masih menggunakan floopy disk dan disket, pada tahun Generasi X ini teknologi MTV dan video game sangat di gemari oleh orang-orang pada masa itu. Demikian juga dengan jane deverson yang telah melakukan penelitian pada masa itu, beliau mengatakan bahwa sebagian besar dari generasi ini memiliki tingkah laku yang negatif seperti tidak hormat kepada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.
    Berbeda dengan generasi Y teknologi nya sudah memakai Editorial koran besar di Amerika serikat dan banyak juga menggunakan  teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, Instant messaging dan media sosial seperti fecebook, line, path, instagram, whatsapp, dan twitter. Generasi Y ini memiliki kesamaan dengan Generasi Z tapi Generasi Z mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu yang bersamaan multitasking. Mereka sangat menyukai mengambil keputusan yang cepat seperti nge-tweet, menggunakan ponsel, browsing untuk mencari tugas sekolah/kuliah dan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang di lalukan pada masa Generasi Z kebanyakan berhubungan dengan dunia maya, sejak kecil Generasi Z ini sudah mengenal dengan nama nya teknolgi dan akrab sekali dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh pada kepribadian generasi Z ini.
     Karakteristik anak-anak Generasi Z biasanya lebih menyukai ke media sosial seperti fecebook, Line, path, instagram, whatsapp, dan twitter. Dengan media sosial mereka bisa mengekspresikan diri, perasaan, dan pikiran. Generasi ini bisa setiap saat nya mencurahkan isi hati yang mereka rasakan ke dalam media sosial, mau yang bersifat memprotes, mengungkapkan kekesalan, ataupun kesenangan, dan kegembiraan.  
     Walaupun Generasi Z yang sudah di lengkapi dengan teknologi yang canggih. Namun, mereka hanya merasakan kesenangan melalui permainan digital saja. Permainan-permainan seperti lompat tali, petak umpet, petak jongkok, dan permainan tradisional lainnya tidak dapat lagi dirasakan oleh Generasi Z. Situasi ini di dukung dengan minim nya lahan bermain/terbuka. Ruang bermain anak-anak kurang tersedia di kota-kota besar terutama lahan terbuka hijau. 
    Tidak bisa di pungkirin lagi bahwa Generasi ini terkadang bersikap egosentris dan individualis. generasi Z menginginkan hal yang serba instan, kurang menghargai proses, dan terkadang tidak bisa mengontrol emosi. Mereka masih tergantung kali dengan dunia gadget dan elektroniknya, sehinnga mereka kurang peduli dengan keadaan sekitarnya, sebab itulah yang menyebabkan kecerdasan emosional (EQ) mereka juga kurang berkembang atau tumpul, tetapi kecerdasan intelektualnya (IQ) sangat tinggi dan berkembang sangat baik.


"Sebuah perjuangan akan menghasilkan satu komitmen, Sebuah proses akan menghasilkan satu tujuan, Ingat buat Generasi Z! Sebuah hasil tidak akan pernah mengkhianati sebuah proses!
Inti nya adalah hargai lah sebuah proses karena yang serba instan itu tidak akan membuat sebuah hasil yang lebih sempurna lagi " 

Penulis : Muhammad Faishal
Muhammad Faishal03

Muhammad Faishal03

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.