Breaking News
recent

Filosofi Musik

Ilustrator : Google

Oleh : Muhammad Faishal

Puisi adalah musik
Lukisan adalah musik
Pemikiran adalah musik
Arsitektur adalah musik
Pertanian adalah musik
Taman adalah musik
Alam semesta adalah musik
Adalah musik yang bisa 
Menjadi sarana penyatuan jiwa
Dari berbagai ras, bangsa 
Dan suku, yang sekarang ini 
telah kacau dan terpecah belah

Harmoni hidup ini adalah musik, ada ritmenya, ada irama nya, ketika irama terganggu, maka yang akan terjadi adalah berantakan, harmoni pun akan kacau.

Kalau fisik, ketika napas tidak ritmis atau sesak, irama detak jantung nya pasti tidak beraturan, tentu ada yang tidak beres atau kita akan jatuh sakit, kalau alam semesta pasti akan terjadi bencana.

Ketika pemikiran kacau tidak karuan, bisa jadi musik nya rusak, meloncat-loncat, tidak ritmis, hasilnya juga pasti kacau, apalagi puisi.

Lukisan juga begitu, kalau komposisi nya tidak bagus, tidak seimbang, ritmenya kacau, pasti akan menjadi lukisan yang jelek.

Pertanian juga, menanam padi misalnya, ritmis dan ada irama nya, ada urutannya, kalau tidak, tidak karuan orang bertanam itu, mlencong-mlencong, tidak teratur.

Apalagi arsitektur, kalau tukang nya tidak mengerti irama membangun rumah, pasti bangunan nya tidak akan tahan lama bahkan akan cepat rubuh, apalagi taman.

Musik adalah miniatur keseluruhan keharmonisan alam semesta, karena keharmonisan alam semesta adalah musik itu sendiri, dan manusia sebagai miniatur alam semesta harus menunjukan keharmonisan yang sama.
Muhammad Faishal03

Muhammad Faishal03

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.