Breaking News
recent

HMJ-PGMI Peduli Lombok



ZAWIYAHNEWS|Langsa-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (HMJ-PGMI) IAIN Langsa melakukan aksi penggalangan dana untuk didonasikan bagi korban bencana gempa Lombok (30/07). Pengagalangan dana sendiri dilakukan di titik lampu merah kantor POS kota Langsa. 

Inisiatif ini sekaligus merupakan program kerja Divisi Relawan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). 

“Langkah penggalangan dana kemanusiaan tersebut adalah salah satu bentuk program kerja yang dijalankan HMJ PGMI. Di dalam struktur kepengurusan terdapat divisi relawan cepat tanggap, sehingga ketika ada musibah seperti ini maka divisi cepat tanggaplah yang mengambil andil,” tutur Fitri Yana selaku Ketua HMJ PGMI periode 2018/2019.

Aksi penggalangan ini dilakukan sejumlah mahasiswa PGMI, “Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam HMJ PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yakni Fitri Yana, Ziat, Tami, Fani, Mutia, Citra, Juli, dan Putri melaksanakan aksi penggalangan dana kemanusiaan. Aksi ini dilakukan diberbagai tempat strategis mulai lingkungan kampus, persimpangan jalan,  lampu merah, dan rumah warga desa Karang Anyar yang ada di kota Langsa,” ujar Fitri Yana.


Gempa yang terjadi terdapat disejumlah titik, “Titik Gempa berada di Obel-Obel Sambelia dan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.  Keadaan di sana sangat parah sekali karena aliran listrik padam dan airpun macet, masyarakat mengungsi di Lapangan, Bukit, dan Persawahan menggunakan terpal dan alas seadanya karena tenda belum datang. Sekolah atau Madrasah yang ada di sanapun hancur, temboknya runtuh begitu juga dengan tempat peribadatan seperti Masjid dan kubahnya jatuh,” Ungkap Mahsan selaku anggota organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB.  


Dana yang terkumpul dalam aksi ini akan diserahkan kepada ACT yang diketuai oleh Alfian. Perencanaan dana hasil penggalangan ini akan disebarkan ke titik sentral tempat lokasi yang mengalami dampak kerusakan cukup parah.


“Dana yang terkumpul akan kami serahkan kepada act lombok setelah dana kemanusiaan terkumpul semua,  terutama di titik sentral tempat lokasi yang mengalami dampak kerusakan cukup parah seperti sembalun lombok," tambah Fitri Yana.


Dr. Muhaini, MA selaku Pembina HMJ PGMI berharap agar para mahasiswa dalam organisasi naungan kampus untuk aktif membantu korban bencana alam, terlebih yang ditimpa musibah tersebut keluarga kita.


"HMJ PGMI akan terus mengajak seluruh elemen di kampus untuk semakin intensif mengulurkan tangan untuk dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana alam. Harapan organisasi senantiasa mengajak mereka, khususnya para mahasiswa untuk berpikiran positif, dana sumbangan dapat menopang hidup sesama. Alangkah baiknya, kita mau dan mampu menolong sesama secara ikhlas," tutur Fitri Yana. [] (MH)
admin

admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.