Breaking News
recent

PMII komisariat IAIN Langsa Gelar Mapaba

Zawiyahnews | Langsa — Negerius Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Institut Agama Islam Negeri Langsa (IAIN) Langsa menggelar kegiatan Masa penerimaan anggota baru (MAPABA).

Mapaba adalah sebuah proses kaderisasi pertama atau masa orientasi PMII kepada mahasiswa sebagai langkah awal untuk masuk menjadi anggota PMII.

Kegiatan Mapaba ini dilaksanakan di Gedung KNPI Kota Langsa-Aceh sejak 27– 28 Oktober, kemarin.

Dengan megusung tema “Membentuk Generasi Muttaqin Yang Aktif dan Kritis berlandasan Ahlussunnah Wal Jama'ah” kegiatan itu berlangsung lancar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tanfis NU Kota Langsa Tgk Jarimin dan ketua IKA PMII Kota Langsa Novianda, ST. SHI, MABINCAB PMII Kota Langsa Rahmad Hidayat, ST beserta Sekretaris Nasruddin, ketua Demisioner cabang PMII IV Muhammad Ali, Ketua PC PMII Kab. Tamiang, Pengurus PMII Aceh Timur dan seluruh warga, kader dan alumni PMII Kota Langsa , Acara ini dibuka secara resmi oleh Tgk. Jarimin selaku Ketua Nadhatul Ulama Kota Langsa .

Dalam kegiatan itu setidaknya diikuti oleh 58 orang mahasiswa/i yang berasal dari Dua kampus besar di Kota Langsa. Yakni kampus IAIN Langsa Dan UNSAM Langsa.

Menurut Ketua Pelaksana MAPABA, Sahabat Azmul Fauzi mengatakan, Mapaba merupakan agenda rutin dilakukan sebagai bentuk kaderisasi pengurus PMII Komisariat IAIN LANGSA . Menurut dia, kegiatan itu juga dilakukan karena posisi strategis dan pentingnya  peran dan fungsi mahasiswa sebagai agent of change.

Mahasiswa yang notabennya adalah agen perubahan diharapkan mampu melakukan inovasi dan kreativitas dalam melakukan perubahan yang positif. Perubahan tersebut dapat diraih apabila mahasiswa mempunyai wadah untuk menyalurkan potensi diri, minat bakat dan sebagainya. Wadah itu salah satunya adalah PMII.

Lanjut sambutan Ketua Komisariat PMII IAIN Langsa, Ahmad Syarbetly sebagai mahasiswa/i sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat  berorganisasi di luar kampus. Selain untuk belajar, menggali potensi diri, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan hal ini juga dapat memperluas jaringan dan sahabat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Cabang PMII  Kota Langsa, Syarwan menyatakan bahwa PMII adalah organisasi Kader yang berideologikan Ahlussunnah Wal Jama’ah dan berasaskan Pancasila.

Menurutnya PMII adalah tempat yang tepat bagi mahasiswa untuk belajar tentang nilai-nilai keislaman dan kebangsaan serta PMII mampu mencegah faham-faham radikal yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Rapublik Indonesia (NKRI).

Dia juga melanjutkan, ciri khas dari PMII, selain menanamkan nilai-nilai spiritual, melalui aktivitas-aktivitas di dalamnya. Secara dialektis diharapkan mampu membentuk pola pikir.

Pola pikir itulah yang menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan tanggung jawabnya di dalam kehidupan bemasyarakat, berbangsa, bernegara dan agama.

Sementara itu, MABINCAB PMII KOTA Langsa sambutannya, Rahmad Hidayat, ST menyatakan bahwa kegiatan Mapaba dan berorganisasi sangat penting. Begitu pentingnya berorganisasi dan manfaat yang akan dirasakan ketika nanti dihadapkan oleh realitas keidupan di masyarakat.

“Terus semangat dan terus gali potensi diri dalam organisasi yang adik-adik pilih karena manfaatnya yang begitu besar,” paparnya.[•]
Redaksi

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.