Breaking News
recent

Tips Memilih Spesifikasi Earphone yang Baik

Ilustrator : Google


Ditulis oleh : Muhammad Faishal


Sebelum teman-teman membeli earphone, hendaknya teman-teman mengetahui terlebih dahulu spesifikasi earphone nya itu bagus atau tidak. Earphone merupakan pengeras suara kecil yang penggunaannya dilakukan dengan cara menyumbatkannya ke dalam lubang telinga pendengar. Piranti pendengar ini berbentuk simpel, sehingga mudah dibawa kemana saja. Pada dasarnya earphone memiliki fungsi yang sama dengan headset, headphone, maupun handsfree. Namun komponen yang ada di dalam earphone hanya bisa digunakan untuk mengeluarkan suara. Pengguna biasanya menggunakan earphone untuk kebutuhan hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

Earphone biasanya memiliki dua jenis, yaitu In-Ear Monitor (IEM) dan Earbud. IEM merupakan earphone yang biasanya dibuat dari bahan karet yang lebih nyaman digunakan. Karet pada IEM masuk ke dalam lubang telinga, sehingga saat pengguna sedang mendengarkan musik benar-benar tidak ada suara dari luar. Kualitas suara akan lebih jernih. Sedangkan Earbud terbuat dari bahan plastik bundar yang keras. Penggunaannya hanya ditempel di lubang telinga. Masih ada suara dari luar yang dapat masuk  melalui celah karena tidak terlalu rapat.

Nah, pasti teman-teman sering merasa kebingunan dong saat hendak membeli earphone. Earphone yang dibeli hendaknya memiliki spesifikasi yang baik, saat digunakan pun tidak cepat rusak, nyaman digunakan saat dipasang di telinga, dan menghasilkan suara jernih. Berikut adalah cara memilih spesifikasi earphone yang baik :

1.    IMPEDANCE
Pada dasarnya, semakin tinggi impedansi perangkat, arus tegangan yang mengalir akan berkurang. Untuk mencapai daya maksimum, dan dalam hal ini, kualitas suara terbaik, salah satunya yaitu harus sesuai dengan impedansi dari sumber ke impedansi dari earphone.


2.    SENSITIVITY
Untuk mendegarkan musik yang aman, teman-teman harus memilih earphone yang terbaik dengan tingkat sensitivitas mid-range. Jika teman-teman memilih sensitivitas high-range, dan hanya dengan volume suara setengah persen, lama kelamaan telingan teman-teman akan mengalami kerusakan.


3.    FREQUENCY RESPONSE
Diukur dalam hertz (Hz), ini mengacu pada rentang frekuensi audio earphone bisa mengulang. Mengetahui respon frekuensi headphone teman-teman dapat membantu memilih perangkat yang tepat jika teman-teman ingin mendengarkan jenis musik tertentu. Misalnya, jika teman-teman ingin mendegarkan musik dengan aliran bass, maka teman-teman harus mencari earphone dengan frekuensi bass rendah.


4.    DRIVERS
Berfungsi untuk menciptakan suara dalam perangkat teman-teman. Jadi semakin kuat/besar drivernya, maka suara yang akan keluar akan semakin berkualitas. Driver juga dapat meningkatkan bass, mid dan treble sesuai dengan aliran musik tertentu.


5.    SOUND ISOLATION
Earphone ini berfungsi untuk memblok suara-suara lain di sekitar sehingga teman-teman menikmati musik yang teman-teman dengarkan. Sangat sempurna bagi kalian yang sering berada di lalu lintas atau di tempat-tempat ramai.


6.    NOISE CANCELLATION
Berbeda dengan sound isolation yang memisahkan musik dari suara latar belakang, Noise Cancellation bekerja untuk memblokir segala jenis kebisingan di lingkunganmu. Mustahil teman-teman dapat mendengarkan suara apapun dari luar, dan dapat membiarkan teman-teman tertidur di lingkungan yang bising.


7.    SWEAT RESISTANT
Apakah teman-teman sering mendengarkan musik ketika sedang jogging atau di GYM? Jika benar demikian, maka teman-teman harus memilih Sweat Resistant earphone. Earphone ini dibangun terutama untuk memblokir kelembaban dari keringat.


8.    BLUETOOTH
Jenis-jenis earphone ini terhubung ke perangkat teman-teman menggunakan teknologi Bluetooth. Mereka menawarkan kebebasan besar terutama jika teman-teman melakukan olahraga atau aktivitas yang memerlukan banyak gerakan.

Itulah beberapa spesifikasi earphone yang baik dan bisa teman-teman coba saat akan membeli earphone baru. teman-teman akan mendapatkan kepuasan dan kenyamanan saat mendengarkan musik dengan earphone yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan teman-teman. Jadi, jenis earphone apa yang teman-teman pilih ?

Share pendapat teman-teman di kolom komentar dibawah ini 
Pimred

Pimred

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.