Breaking News
recent

PUSIF IAIN LANGSA LAKUKAN OBSERVASI GERHANA MATAHARI


Zawiyah News | Langsa - Fenomena gerhana matahari di Obvservasi langsung oleh Pusat Studi Ilmu Falak (Puskif) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di depan gedung perpustakaan kampus setempat, Kamis (26/12/19).

Kepala Pusat Studi Ilmu Falak(Pusif) Fakultas Syariah IAIN Langsa, Ikhsan Kamilan Latif mengatakan, "Dari hasil observasi pihaknya tidak terlihat gerhana cincin.Untuk wilayah Kota Langsa, bulan menutupi matahari sekitar 87,5 persen." ujarnya

“Amatan kita menggunakan alat teleskop, di wilayah Kota Langsa sekitar 87,5 persen matahari ditutupi oleh bayangan bulan, bentuknya sabit,” sebut Ikhsan.

Ia menambahkan, "observasi gerhana matahari dimulai pada awal terjadinya gerhana yaitu pukul 10.09 WIB. Tapi, gerhana baru tampak kelihatan pada pukul 10.15 WIB." 

Gerhana matahari ini berakhir pada pukul 13.59 WIB. Sementara puncaknya pukul 11.59 WIB. jelasnya

Ikhsan mengatakan, bentuk sabit ini membuktikan bahwa benda langit itu (matahari) bulat, jika bayangannya itu lurus atau petak berarti benda langit itu bentuknya persegi.
“Ibarat dua koin mata uang yang saling menutupi akan berbentuk sabit, berarti benda langit itu bulat,” pungkasnya.
Selain itu, Rektor IAIN Langsa, Dr.H. Basri MA, menjelaskan, "Kini IAIN Langsa telah memiliki Pusat Studi Ilmu Falak. Lembaga tersebut berfungsi untuk melihat peristiwa-peristiwa alam. Peristiwa alam itu di antaranya adalah gerhana matahari yang terjadi hari ini," imbuhnya.
Rektor menambahkan, "Peristiwa alam yang terjadi ini bermakna untuk merenungkan kita semua atas kebesaran Allah SWT. Sehingga umat manusia menyadari kekuasaan Allah. yang pada akhirnya, bermuara pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT." Ungkapnya
"Sementara itu, untuk mendukung sejumlah kegiatan Pusat Studi Ilmu Falak, kini IAIN Langsa telah memiliki 7 teleskop dengan jenis yang berbeda." jelasnya
Bahkan, berbagai perangkat dan alat dibutuhkan lainnya nantinya akan terus dipenuhi.
Agar bobot keilmiahan dan keilmuan di IAIN Langsa oleh Pusat Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah terus berkembang.
Untuk lebih meyakinkan masyarakat terhadap keilmuan dan kecanggihan peralatan tersebut. (*)




Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.