Breaking News
recent

BAHAYANYA RADIASI HP BAGI KESEHATAN

Ilustrasi : google
Zawiyah News | Opini - Ponsel merupakan sebuah perangkat yang sekarang ini banyak digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hadirnya teknologi ini, manusia dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat. Disamping kegunaannya yang bermanfaat, ternyata ponsel juga memiliki sisi negatif bagi kesehatan.

Ponsel memiliki pancaran gelombang elektromagnetik, sejenis radiasi non-ionisasi namun memiliki level yang rendah. Tingkat kerendahannya masih diambang batas aman, yakni dibawah 1,6 watt/kg. Walau dinyatakan aman, namun jika digunakan secara terus menerus tanpa ada batas waktu, radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan tubuh yaitu :

1. Kerusakan Otak

Gelombang radiasi yang dipancarkan ponsel pada umumnya dapat menembus ruang hampa udara, bahkan dapat menembus jaringan otak. Jika terus menerus, gelombang radiasi ini akan menyebabkan glikoma yang akan berakhir pada kerusakan otak.

2. Kanker Kulit

Bahaya radiasi hp ternyata juga dapat menyerang sel kulit. Secara tidak langsung, pancaran radiasi akan meningkatkan suhu pada permukaan kulit serta merubah pigmentasi. Jika dibiarkan, ini akan memicu sel tubuh mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker. Nah, inilah yang nantinya menjadi cikal bakal kanker kulit.

3. Menganggu Peredaran Sperma

Rata-rata pria mengantongi ponsel mereka di saku celana. Padahal, hal itu dapat memicu peredaran darah di alat reproduksi menjadi terhambat, bahkan dapat menurunkan kualitas sperma. Disamping itu, radiasi negatif RF juga dapat menurunkan gairah seksual.

4. Katarak

Jika pengguna sering menggunakan ponsel mereka untuk menelepon berjam-jam, radiasi
yang dipaparkan akan masuk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah. Tanpa
disadari, kornea mata sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan kinerja, seperti
kemampuan mengatur suhu dan air. Hal ini akan menimbulkan penyakit katarak karena
radiasi hp memicu pemadatan kabut yang akan menghalangi kornea.

5. Serangan Jantung

Radiasi yang dipancarkan oleh hp ternyata juga akan menyebabkan serangan jantung. Kebanyakan anak millenial sekarang, mereka sering menggunakan ponsel hingga terlelap tidur. Otomatis, letak ponsel akan berdekatan dengan jantung. Hal itu akan menyebabkan aliran darah tersendat, dan kinerja otot jantung akan mengalami tekanan.

6. Terserang Alzheimer

Paparan radiasi hp yang melewati rongga telinga akan menyebar kejaringan otak lebih dalam. Akibatnya, seseorang akan menjadi linglung, sering lupa, bahkan daya ingatnya menurun.Itulah bahaya radiasi hp yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Ada baiknya untuk mengurangi penggunaan ponsel agar terhindar dari penyakit-penyakit bahaya. Jika Anda seorang pebisnis yang sering menelepon, gunakan headset/earphone untuk meminimalisir radiasi ponsel. Walaupun sudah banyak masyarakat tau tentang bahayanya radiasi hp tetapi masih tetap banyak yang sepele tentang hal itu dengan demikian setelah terkena banyak yang menyesal.

Melihat hp dengan sangat dekat juga bisa menambah min mata apalagi untuk anak-anak atau orang dewasa yang memang sudah terkena min pada mata. Maka demikian min pada mata tersebut makin bertambah karena efek radiasi tersebut dan apalagi paparan cahaya smartphone menarik perhatian pengguna untuk terus melihat konten-konten di dalamnya seperti media sosial, video, obrolan di aplikasi chatting, dll. Alhasil, otak akan berhenti memproduksi melatonin , yakni hormon yang merangsang tubuh untuk tidur. Jika produksi melatonin terganggu, siklus tidur akan terganggu atau
susah tidur sama seperti ketika mengalami penat terbang alias jet lag. Jika sudah begitu, ingatan atau memori anda bisa perlahan-lahan menjadi payah.

Kemudian siklus tidur yang terganggu akan mengacaukan kerja hormon-homon lain dalam tubuh, salah satunya hormon pengontrol lapar. Alhasil anda bisa lapar terus-menerus dan beresiko pada obesitas.

Karya : Haura Tahani
Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.