Breaking News
recent

Covid - 19 / Corona


 
Editing : Muhammad Faishal


Zawiyah News | Opini - #dirumahaja #sosialdistancing, sekarang lagi ramai dan booming di media sosial karena seluruh sekolah dan perguruan tinggi diliburkan dalam jangka waktu yang lama. Dan hal ini dimanfaatkan oleh beberapa masyarkat indonesia untuk pergi liburan. Bukan menjaga diri malah menjerumuskan diri.

Pemerintah mengeluarkan surat ederan untuk melakukan pencegahan virus corona (covid-19), dengan cara, berdiam diri dirumah dan selalu jaga kebersihan. Berjaga jarak dengan seseorang dengan jarak 1 m, tapi kita ? Malah datang ketempat kerumunan, ndusel-nduselan, pergi ketempat hiburan, liburan menengkan diri. Tanpa fikir bahwa virus itu akan menjangkit dirimu.

Jika kalian bosan dirumah aja dan suntuk karena tidak melakukan kegiatan apapun diluar rumah ? kenapa tidak melakukan zikir bersama, Sholat berjamaah dimasjid, jangan malah mengosongkan masjid. Dengan alasan virus corona ? kalian yang berlibur apa kabar ? tidak takut dengan virus corona ? Jika ia takut kita tidak perlu jauh dari allah, mengosongkan masjid, sholat jumat tidak ada jamaah. Kita bisa melakukan cara ini untuk kembali sholat berjamaah di masjid. Dengan cara:
1. Cuci tangan yang bersih lakukan sesuai dengan petunjuk dokter atau pakai sanitizer.
2. Bila sakit, saat keluar rumah pakek masker dan jangan batuk disembarang tempat.
3. Wudhu dan berdoa minta perlindungan kepada allah. Karena dalam sholat berjamaah tidak mungkin kita membuat jarak 1m dengan seseorang.

Lalu, bagaimana dengan zikir bersama ? caranya sama hanya saja ketika kita duduk kita bisa melakukan jarak 1m dengan seseorang, menyemprot sanitizer dengan setiap kali benda yang akan kita pegang.

Lalu jangan menghakimi seseorang ketika ia batuk atau bersin, kita hanya menjauhkam diri darinya, jangan malah menghakiminya, dengan hujatan-hujatan mu yang pedas. Karena belom tentu seseorang yang batuk atau bersin terjangkit virus corona. Mari sama-sama kita mengenal virus tersebut, virus corona atau yang sekarang kita dengar covid-19. Inilah gejala yang terjangkit virus corona atau covid-19.
1. Demam
2. Batuk / Pilek
3. Gangguan pernapasan / sulit bernapas.
4. Sakit tenggorokan
5. Letih dan lesu.

Gejala virus ini hampir sama dengan gejala flu biasa yang menyerang melalui saluran pernapasan manusia, namun virus ini memilki kriteria yang berbeda. Yaitu:
1. Batuk, demam, pernafasan yang tak normal.
2. Dahak yang kental (kuning-kehijauan)
3. Anggota tubuh mulai lemas.
4. Sinar x pada paru-paru.

Jadi teman-teman jangan mulai salah dalam memahami atau mengenal virus corona, jika badan mulai tidak stabil segera lakukan pemeriksaan kerumah sakit dan jika kita positif terkena virus corona segera lakukan karantina dan penanganan secepatnya. Jauhi kerabat dekat, keluarga untuk sementara hingga kita sembuh, agar mereka tidak ikut terjangkit. Dan lakukan pembersihan diri agar virus tidak cepat menyebar.

So guys, jadilah masyarakat yang cerdas untuk melakukan penanganan virus corona ini. Jangan cuman hura hura hiri hiri tanpa melakukan apapun dan malah merugikan masyarakat. Karena kami sudah risau dengan covid-19 ini jangan bikin kami tambah risau dengan hura hura hiri hiri kalian. (M.A)
Pimred

Pimred

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.