Breaking News
recent

Manfaatkan sumber daya daerah Mahasiswa KKN Unimal mencegah virus corona


Zawiyahnews | - Tangkal penyebaran virus corona, mahasiswa KKN Unimal kelompok 93 membagikan hand sanitizer alami di desa rikit Bur II kec. Bukit Tusam, kab. Aceh Tenggara pada Rabu 06/05/2020.

Dipercaya, Handsinitizer alami ini dapat menangkal penyebaran virus corona sebagai pengganti handsinitizer pada umumnya.
Cairan Handsanitizer yang dibuat oleh mahasiswa bimbingan DR. ZULNAZRI, S.SI., M.T ini berbahan dasar daun sirih dan jeruk nipis.

Dr. Zulnazri, S.Si, M.T mengatakan "sejak dulu sirih telah digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka). Karena daun sirih memiliki sifat anti septik, anti inflamasi, dapat juga dipakai sebagai pencegah gigi berlubang, obat gatal pada kulit serta sebagai obat sakit perut." ujarnya

Selain itu, mengunyah sirih bersama kapur dapat memicu kanker pada mulut dimana pada saat mengunyah dapat membentuk squamous cell carcinoma yang bersifat malignan dan pembengkakan pada mulut.

Sama akan kaya manfaat, Jeruk nipis juga mengandung antioksidan alami berupa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan dapat membunuh racun. Tentunya sangat ampuh jika daun sirih dan jeruk nipis ini dibuat sebagai bahan desinfektan untuk membunuh virus corona.

Pemilihan ekstrak daun sirih dan jeruk nipis sebagai bahan dasar handsinitizer alami dikarenakan profesi para penduduk desa Rikit Bur II yang dominannya adalah petani kebun dan sawah. Banyak dedaunan herbal yang mereka miliki dikebun atau sawah mereka termasuk daun sirih dan buah jeruk nipis sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam sekitarnya untuk menangkal virus corona tanpa harus menguras uang dalam-dalam.

Harapannya, masyarakat yang memiliki perekonomian  menengah-kebawah agar tetap berpartisipasi dalam mencegah virus ini, dengan selalu menjaga diri serta keluarga dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar. (*)
Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.