Breaking News
recent

BENAR GAK SIH MENABUNG ITU PANGKAL KAYA ?

Essay Serba-Serbi- Seringkali orang berfikir menabung itu adalah jalan menuju kekayaan, bahkan ada istilahnya sendiri bahwa menabung itu pangkal kaya, tapi apakah benar anggapan demikian ? Menurut teman-teman pembaca gimana ? kalau menurut saya, menabung itu tidak efektif, !

Lho bagaimana bisa ?, baik,,.. ikutin terus membacanya hingga selesai dan saya akan memberikan argumen kebalikan dari pernyataan tersebut, terutama jika penghasilan kita masih sedikit....

Sebelum saya menceritakan argumen ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk menabung jika penghasilan kita masih sedikit, apalagi kasus keuangan setiap orang berbeda-beda, apa yang berlaku buat buat saya, tidak berlaku buat teman pembaca semua, begitu juga sebaliknya. Pada tulisan ini saya ingin memberikan pandangan lain aja dari menabung, yaitu Tidak menabung.

Jadi begini, banyak orang yang dengan pendapatannya masih kecil memilih untuk mengurangi pengeluarannya supaya bisa menabung uang dengan cepat dan banyak, sayangnya cara ini jatuhnya malah menabung jadi lama, mengapa ? ya, simplenya karena pendapatanya masih sedikit, Nabung 10 ribu sehari pasti beda dong efektifitasnya dengan nabung 3 juta sebulan, ini logika simplenya, Nah kalau menurut saya ada nih alternatif untuk kita yang masih pendapatannya kecil, alternatifnya adalah yaudah tidak usah menabung, toh pengahasilannya masih kecil. Jadi ngapain nabung toh jadi maksa juga kan.

Pendapatan kecil disini relatif ya, tapi saya mau mendefenisikan pendapatan kecil ini di range dibawah 4 juta perbulan, khususnya untuk ukuran tinggal di Aceh Tamiang, kalau penghasilan kita masih segitu, menurut saya kita tidak usah menabung banyak-banyak, karena begini, ketika penghasilan kita kecil dan kita memaksa untuk menabung ada banyak hal yang kita korbanin yang akan mengaruh juga kepada kecepatan kita untuk meraih pendapatan yang lebih besar,

Nah hal apa saja sih yang akan kena pengaruhnya kalau kita maksa untuk menabung ?

 Hal pertama yang akan kita korbankan adalah makanan.

Besar kemungkinan kita akan mengatur makanan yang akan kita makan, ntah kita memasak lauk sendiri, membeli makanan murah dan lain sebagainnya, hal-hal kecil seperti memang bagus untuk dilakukan agar pengeluaran kita bisa berkurang, namun sayanganya gak jarang jadinya tu bakal jadi ngeribetin, waktu yang seharusnya dapat kita manfaatkan kita untuk menghasikan uang jadinya terpakai untuk memasak dan pilih-pilih makanan, dan yang lebih keliru lagi adalah kalau mengorbankan makanan sehat, masalahanya makanan itu adalah nutrisi yang akan mempengaruhi ke kemampuan otak kita sehari-hari, kalau nutrisinya gak cukup, imunitas badan kita dan kemampuan otak kita pada akhirnya akan berkurang, yang akhirnya kita tidak seproduktif itu dalam melakukan aktifitas kerja ataupun dalam mengerjakan tugas yang hendak dikerjakan.

Hal kedua yang kita korbanin adalah Tempat Tinggal

Ketika kita mencoba menabung kemungkinan besar kita akan mengorbankan tempat tinggal seperti nge kost di tempat yang murah tapi jauh, atau yang murah tapi fasilitasnya kurang, nah tidak jarang hal ini membuat kita stress, kalau kost nya murah dan atau fasilitasnya tidak memadai, untuk tidur dan istirahat jadi tidak nyaman, selain itu kita akan mudah lelah karena perlu waktu lama buat sampai ketempat kerja atau kekampus, ini untuk kost nya jauh ya, padahal kalu kita tidak menabung, kita memilih kost ditempat yang dekat dan bagus walaupun sedikit mahal, kita bisa jadi lebih nyaman dan tidak buang-buang waktu, bahkan kita bisa jadi lebih produktif dalam aktifitas yang ingin kita lakukan. Dan ini mungkin dampak yang akan terjadi.

Hal ketiga yang akan kita korbankan adalah entertainment

Ketika orang traveling, nonton bioskop dan makan enak, bisa jadi kita malah diam dirumah karna milih tidak ikut, buat biasa yang tidak ikut atau tidak suka entertainmet seperti ini, itu sih tidak mengapa, namun bisa jadi lho kurang piknik, dan kurang jalan-jalan dan kurang aktifitas entertainment itu berpengaruh kepada kesehatan mental kita, sebab itu membuat kita strees yang akhirnya membuat kita tidak seproduktif dalam melakukan aktifitas dalam kegiatan yang dilakukan.

Hal keempat yang akan kita korbankan adalah Investasi Diri

Menurut saya ini aspek yang paling penting, maksud investasi disini maksudnya ialah bukan investasi ke reksadana, ke saham atau sebagainya, kalau tipe seperti itu hampir sama lah seperti menabung cuman resikonya lebih besar saja untuk saham dan reksadana. maksud dalam investasi disini adalah mengorbankan investasi untuk self-development kita, uang yang ditabungin sangat bisa untuk digunakan ke buku, atau ikut kursus, atau dipakai untuk mengembangkan skill baru, kalau misal uangnya ditabungin misal ke reksadana, return nya paling beberapa persen doang, dibandingkan ketika kita beli kan sesuatu untuk investasi buat diri sendiri, ntah itu belajar skill baru atau investasi ke projek pribadi kita yang coba mau kita buat.Demikanlah ini menurut saya empat hal yang paling umum yang akan kita korbankan ketika kita mencoba untuk menabung ketika penghasilan kita masih sedikit,

Jadi pendapatan kecil mendingan nabung atau tidak ? kalau menurut saya sih jangan, tapi bukan berarti kita boros ya, penghasilannya tetap kita atur tapi jangan sampai mengorbanin hal-hal tadi yang pada akhirnya jadinya membuat kita tidak produktif .Lebih baik kita menggunakan tabungan kita itu untuk makanan yang berkualitas, tempat tinggal yang berkualitas, entertainment yang cukup, dan investasi diri setiap bulannya. Karena begini, ketika mental kita sehat, fisik kita sehat, kita senang bekerja, dan dapat reward yang cukup, kita tidak stress, dan selalu mengembangkan diri kita setiap bulannya, kerja kita akan bakalan jauh lebih keren dari pada kita menahan-nahan diri dan memiskinkan diri untuk tabungan yang tidak seberapa besar rewardnya.

Penulis : Syaharuddin Mahasiwa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis IslamIAIN Langsa


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.