Breaking News
recent

Kembali Menjalin Silahturahmi Dalam Buka Puasa Bersama di Tahun 2021

Ilustrasi : Google

Zawiyah News | Serba Serbi - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh Umat muslim.salah satu kebiasaan masyarakat pada bulan suci Ramadhan yaitu buka puasa Bersama.di mana buka puasa Bersama ini menjadi salah satu jalan alternatif untuk terus menjalin tali silaturahim sesama muslim, Puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim dan tidak dibolehkan meninggalkannya, Puasa Ramadhan yang dijalankan umat muslim sangat memiliki banyak keutamaan dan  mendapatkan pahala yang  berlipat ganda dari Allah SWT apabila melaksanakannya. Berbeda dengan tahun lalu kebiasaan masyarakat yang di tunggu-tunggu tersebut dapat di laksanakan Kembali karna adanya kelonggaran yang diberikan kementrian agama dalam melakukan aktifitas di bulan yang suci di tahun ini.

Sekilas tahun lalu,  kementrian agama menghimbau masyarakat agar tidak mengadakan acara buka puasa Bersama seperti yang sering dilaksanakan oleh masyarakat seperti dikantor-kantor ,pemerintah, sahabatan dan keluarga .pemerintah melarang buka puasa Bersama  karena situasi pandemi yang masih tinggi. Ketika itu, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sangat ketat. Selain restoran, pemerintah juga menutup sekolah. Transportasi, perkantoran, tempat ibadah dan pusat perbelanjaan. Yang mana dapat mencegah sekumpulan orang untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Dengan begitu diharapkan semua orang berbuka puasa di rumah masing-masing dan mendapatka rasa kekeluargaan. Namun sekarang kementrian agama sudah mengeluarakan surat  edaran terkait panduan ibadah Ramadhan 2021 yang bertujuan untuk memberikaan panduan ibadah sesuai protokol Kesehatan, salah  satunya dalam hal kegiatan buka puasa Bersama tetap di laksanaakan, namun begitu tetap harus mematuhi jumlah pembatasan kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dan kerumunan dan tetap melaksanakan protokol Kesehatan 3M (memakai masker,  mencuci tangan dan menghindari kerumunan).

Dengan begitu puasa pada tahun ini dapat Kembali menjalin silahturahmi dalam buka puasa Bersama yang sudah dirindukan yang biasanya dilaksanakan oleh sanak keluarga, Bersama Sahabat, alumni sekolah dan rekan kerja. Hal ini dikarenakan buka puasa Bersama sendiri memberikan kesempatan yang besar untuk anda dan orang orang yang terlibat didalamnya untuk dapat berbagi rezeki dan silahturahmi yang semakin kuat diantaranya, dan mengisi waktu luang seperti mengobrol dan berbincang Bersama sambil  menunggu azan berkumandang .menjalin relasi yang hamper putus karena jarang sekali bertemu karena kesibukan bekerja atau bahkan jarak yang cukup jauh yang terbentang antara mereka itulah tujuan buka puasa Bersama beserta hikamahnya, selain itu buka puasa Bersama ini juga menjadi dampak positif bagi usaha-usaha di mana dengan ada nya tradisi buka puasa Bersama ini membuat setiap badan usaha yang menyediakan menu berbuka puasa seperti di resto, rumah makan, dan café-café di mana tempat-tempat tersebut mendapat kan penghasilan yang meningkat di bulan suci Ramadhan tersebut dengan menyediakan paket paket hemat berpuka puasa, yang mana membuat banyaknya konsumen yang ingin menjalan kan berbuka puasa Bersama memilih tempat tersebut dikarenakan adanya sajian paket hemat di mana paket tersebut telah mencakup mulai dari makan segaligus snack beserta minuman berpuka puasa nya.

Hampir  semua resto, rumah makan, dan cafe ,dipadati oleh konsumen yang melakukan acara buka puasa bersama, baik bersama keluarga,rekan kerja ,sahabat ,komunitas ,bahkan moment seperti ini biasanya dijadikan reunian baik itu teman sd,smp,sma dan lain-lain sebagainya untuk menjalin tali silahturahmi. Dalam mengadakan acara bukber beberapa hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi seperti overload,keterlambatan pesanan ,fasilitas yang kurang memadai dan lainnya. Secara umum ada 3 sistem yang diterapkan ,yaitu ala buffet/ prasmanan, seperti di rumah makan padang ,dimana makanan sudah tersaji ,tinggal dipilih,diambil dan langsung dibawa ke meja . kedua ala café dimana konsumen memesan makanan ya dahulu yang ada dibuku menu lalu baru dibuatkan oleh koki.dalam sistem ini, walau secepat apapun tetap saja ada proses produksi, tetap ada waktu yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi masakan apalagi dalam kondisi overload.

Untuk prospek keuntungan, restoran menyediakan paket menu hemat dengan berbagai menu makanan untuk menarik pelanggan untuk menu yang hamper setiap tahun nya menjadi menu favorit bagi setiap pengunjung yakni paket Rp 25.000 di mana dalam paket tersebut sudah terdapat nasi, ayam penyet atau ayam bakar sesuai selera, lalapan, serta minuman nya yakni teh manis dingin. Paket tersebut hampir di setiap badan nusaha yang menyediakan paket paket tersebut yang mana sangat terjangkau. Menurut pengalaman dari para pemilik rumah makan/restoran saat moment ramadhan seperti saat ini, konsumen serentak memesan makanan dan minuman dijam yang sama dan harus tiba dimeja  konsumen sebelum azan magrib berkumandang. Dengan kita memesan dahulu, beararti kita setidaknya memudahkan restoran tersebut untuk menyiapkan makanan dan minuman tepat waktu ,dan juga memberikan kenyamanan karena pesanan sudah siap terhidang sebelum azan magrib.

Reservasi meja biasanya bisa melalui telepon,WA,Instagram, ataupun lainnya, tergantung dari fasilitas restoran tersebut ,karena banyaknya yang melaksanakan acara bukber bisa saja kita tidak mendapatkan meja, apalagi pada bulan Ramadhan tahun ini tradisi Buka puasa Bersama atau sering di kenal dengan sebutan Bukber sudah di buka Kembali maka dari itu setiap badan usaha yang menyediakan menu berbuka puasa tersebut kira nya akan normal Kembali dan pendapatan dari badan usaha tersebut juga akan meningkat dimasa new normal saat ini beberapa  restoran dan rumah makan juga menyediakan masker,handsanitizer, dan tempat cuci tangan sesuai dengan  protokal kesehatan dimana itu semua yang menjadi salah satu strategi dari setiap badan usaha tersebut dalam menarik perhatian para konsumen untuk dapat berpuka puasa Bersama di tempat tersebut , apalagi di era masa new normal saat ini setiap badan usaha harus menerapkan protocol Kesehatan yang memnag sudah di terapkan dan penerapan itu memang di wajibkan untuk setiap badan badan usaha yang berpotensi menimbulkan interaksi yang mana itu salah satu penyebab utama penyebaran virus Covid-19 oleh sebab itu setiap badan usaha memang di wajib kan untuk mematuhi protocol Kesehatan seperti menyediakan masker, handsanitizer, dan tempat cuci tangan di setiap pintu masuk dengan demikian acara buka puasa Bersama dapat berjalan dengan hikmat walaupun tengah berada di masa di mana harus saling menjaga jarak satu sama lain.

Penulis adalah Ananda Khairunnisa, intan haznilita, alfhyan syahreza, Mahasiswa Prodi ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.