Breaking News
recent

Kurangnya Biaya Bukan Alasan Untuk Tidak Melanjutkan Pendidikan

 

Foto : Google

Zawiyah News | Serba Serbi - Pendidikan adalah kebutuhan setiap orang untuk mendapatkan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan seseorang yang di turun kan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan melalui pembelajaran, pelatihan dan penelitian. Dengan mahalnya biaya pendidikan banyak anak- anak generasi muda tidak dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena pemerintah hanya bisa menyediakan biaya pendidikan sampai tingkat SMA saja, hingga banyak anak- anak dikalangan tidak mampu untuk tidak melanjutka pendidikan tginggi yang sebenarnya sangat penting untuk di dapatkan di perguruan tinggi. Pendidikan sangatlah penting bagi anak-anak generasi muda karena dengan adanya pendidikan maka membuat orang memiliki kecerdasan, akhlak yang baik dan memiliki kepribadian yang mampu untuk bertanggung jawab serta mempunyai keterampilan yang bermanfaat untuk diri sendri dan masyarakat luas. Pendidikan juga bisa mengubah tingkah laku manusia dan bisa juga mengubah kehidupan seseorang menjadi baik serta berguna bagi bangsa dan negara.

Pendidikan sangat berpengaruh besar bagi masa depan, bukan hanya berpengaruh pada diri sendiri namun juga berpengaruh besar pada perkembangan bangsa dan negara Indonesia ini. Apalagi perekonomian Indonesia saat ini masih rendah, kehidupan masyrakat pun bisa dibilang krisis ekonomi karena masih banyak pengangguran di Indonesia dan lapangan pekerjaan pun masih kurang bagi masyarakat, sehingga dengan pendidikan yang tinggi orang akan mampu untuk menatap masa depannya dengan bijaksana dan dapat berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya, dengan kita mengerti tentang pendidikan dan memiliki ilmu pengetahuan maka kita akan mampu untuk membantu pemerintah untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan sehingga tidak banyak pengangguran yang ada di Indonesia. Masih banyak yang harus kita ketahui betapa pentingnya pendidikan tersebut, mari kita menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan kita sebagai manusia terpelajar hendaknya mau memahami tentang hal tersebut.

Biaya pendidikan di Indonesian saat ini sangat mahal, banyak mahasiswa yang putus kuliah lantaran kendala biaya namun di sisi lain ada banyak mahasiswa yang harus berupaya keras tetap untuk tetap kuliah dengan biaya sendiri. Kuliah sambil bekerja sudah banyak mahasiswa yang melakukannya, apalagi di masa sekarang ini dunia digital sudah merambat ke semua penjuru dunia, dengan kita memiliki keterampilan atau skill banyak hal yang bisa kita lakukan. Contohnya seperti menjadi penulis, atau fotografer di semua media online. Selain itu kita juga bisa membuka usaha sendiri secara online. Mereka biasa bekerja di sela-sela waktu kuliah atau membuka usaha kecil-kecilan demi menutupi biaya kuliah. Seperti yang di alami salah satu mahasiswa di IAIN langsa yang bernama Maya Rantika yang tinggal di Desa Bukit Rata, Kec. Juruan Muda, Kab. Aceh Tamiang yang sedang menempuh pendidikan  sambil bekerja. Ia mengaku mulai bekerja  sejak smester dua. Pilihan tersebut tak lain , karena orang tuanya tidak mencukupi biaya kuliah dan biaya hidupnya di perantauan. Maya berfikiran untuk membuka usaha sampingan sambil menjalankan kuliahnya yaitu dengan berjualan jus. Keterampilan itulah yang menjadi modal agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dengan bekerja paruh waktu. Dengan berjualan Maya memenuhi kebutuan dan biaya kuliahnya dan kini usahanya pun berjalan sesuai ke inginan.

Maya mengaku terkadang merasa suli mengatur waktu antar kuliah dan berjualan. Apalagi pekerjaan yang di lakukannya bersifat  terikat. Selain itu karena merasa asyik dengan berjualan maka Maya pun sering tidak fokus dengan kuliahnya. bagi Maya yang memilih jurusan Komunikasi Penyiaran Islam tersebut, kuliah sambil bekerja memang melelahkan namun banyak hal positif yang didapatnya dalam bekerja. Disamping dengan mendapatkan penghasilan, pengalaman bekerja pun sangat bermanfaat  untuk mendukung perkuliahan itu sendiri.

Mengapa seorang mahasiswa harus mencari uang sendiri? Pertama,  keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan untuk menyesuaikan dananya guna membiayain kuliah anak-anaknya. Seperti yang kita ketahui selain krisis ekonomi banayk orang yang kehilangan pekerjaan atau menurunnya daya belimasyarakat. Jangan kan untuk membiayai kuliah anaknya, untuk makan sekeluarga saja terasa sangat sulit. Kedua, ada sebagian orang tua yang ingin menanamkan jiwa kemandirian pada anaknya sejak dini atau setelah merasa bahwa anaknya sudah sukup dewasa. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang tua yaitu dengan menanamkan pada diri anaknya adalah dengan bekerja atau membiayai kuliahnya sendiri. Ketiga, karena keinginan anak itu sendiri untuk belajar mandiri atau palimg tidak bisa membantu mengurangi beban orang tuanya.

Nah jadi diri sendiri dengan tingkat kematangan karir yang tinggi akan memperoleh karir yang sukses dan memuaskan. Serta diri sendiri akan menunjukkan kesadaran yang lebih pada proses pengambilan keputusan karir, berfikir tentang alternatif pekerjaan lain, dan menghubungkan prilaku saat ini dengan tujuan masa depan,. Diri sendiri juga akan membuat tingkat kepercayaan diri  yang tinggi dalam mengambil keputusan,menjalankan karir, dan kemauan untuk mengakui tuntukan dunia kerja.

Penulis adalah Maya Rantika, mahasiswa prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin adab dan Dakwah IAIN Langsa.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.