Breaking News
recent

Pemuda Dan Masa Depan Bangsa

Ilustrasi Google

 

Zawiyah News | Serba Serbi - Pemuda merupakan suatu aset yang paling penting bagi suatu bangsa dan negara.  Berdasarkan Undang Undang Nomor 40 Tahun 2009, Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun. Pemuda memiliki peranan sebagai cermin masa depan suatu bangsa. Bahkan, dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia tak luput dari peran para pemuda dan di pundak pemuda lah cita cita kemerdekaan Indonesia dipikulkan. Hal ini menunjukkan bahwa pemuda memiliki peranan yang penting dalam menentukan arah masa depan bangsa Indonesia.      

Pemuda juga biasa dikenal dengan nama generasi muda atau saat ini disebut dengan generasi milenial. Generasi muda memiliki peran untuk mengawal dan dan menjalankan peran reformasi. Sikap kritis dan inovatif harus ada di setiap diri generasi muda untuk mencegah penyelewengan yang terjadi terhadap negara kita. Sebagai generasi penerus masa depan bangsa, para pemuda selalu di tuntut untuk berperan lebih terhadap negara. Mereka tak hanya bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri, namun mereka juga bertanggung jawab untuk memikirkan arah kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Dengan begitu, generasi muda selalu di tuntut untuk memiliki semangat pembaharu dan progresif dan menjadi bagian sebagai aktor terpenting yang selalu di andalkan dalam mewujudkan cita cita Negara Republik Indonesia seperti yang tertuang dalam pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Generasi muda harus selalu melindungi segenap bangsa Indonesia. Pemuda harus mampu berkontribusi dalam membantu mencerdsakan kehidupan bangsa. Di Desa Tualang Baro, sebagian besar generasi muda di daerah tersebut menyandang status sebagai mahasiswa. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, mahasiswa selalu disertakan sebagai pelopor dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Mereka selalu mampi untuk mengemukakan ide ide kreatif, kritis, dan konstruktif. Sikap idealisme yang dimiliki oleh mahasiswa mendorong generasi muda untuk memperjuangkan aspirasi yang mereka miliki. Dengan demikian, mahasiswa yang merupakan generasi muda selalu menjadi bagian dari perjalanan dan perkembangan suatu bangsa.

Sebagai generasi muda, mahasiswa memiliki tiga fungsi strategis yang melekat dalam diri mahasiswa. Tiga fungsi strategis tersebut adalah sebagai agen perubahan (agent of change), sebagai agen penyampai kebenaran (agent of social control), dan sebagai generasi penerus masa depan bangsa (iron stock). Generasi muda sebagai agen perubahan (agent of change) harus selalu mampu menambah wawasan dan pengetahuan yang dimiliki. Dengan menambah wawasan yang dimiliki, generasi muda akan lebih mudah dalam berpikir dan menganalisis gejala sosial yang ada. Generasi muda juga harus mampu menjalankan perannya sebagai penggerak dalam memberikan perubahan kepada masyarakat.

Ketika generasi muda mampu menganalisa segala situasi yang ada pada lingkungan sosialnya, maka mereka akan mampu memberikan solusi dalam rangka mengubah kondisi tersebut menjadi lebih baik lagi. Sebagai agent of control, mahasiswa sekaligus generasi muda harus mampu berfikir kritis dalam memecahkan berbagai macam permasalahan. Hal ini dikarenakan, generasi muda tidak dapat jauh dari perubahan perubahan sosial yang terjadi di dalam lapisan masyarakat. Dan sebagai generasi penerus masa depan bangsa, atau bisa juga disebut sebagai Iron Stock, mahasiswa yang juga berstatus sebagai generasi muda harus mampu menjadi penerus harapan dan cita cita bangsa. Di masa depan, orang orang yang berpengaruh di Indonesia tentunya akan semakin tua dan tidak mampu menjalankan kepemerintahan terus menerus. Maka, yang akan menggantikan generasi tua di masa depan adalah generasi muda saat ini.

Generasi muda harus memiliki kemampuan intelektual yang hebat sekaligus akhlak mulia dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin negara Indonesia di masa depan nanti dan membuat perubahan di Desa Tualang Baro. Dengan keilmuan yang matang dan akademik yang baik, generasi mampu pastinya kan berhasil menjadi pemimpin handal yang mampu membawa masa depan Desa Tualang Baro menjadi lebih gemilang. Dan dengan akhlak yang mulia, generasi muda akan terus menjunjung tinggi nilai nilai kejujuran sehingga akan mampu memimpin arah masa depan bangsa menuju bangsa yang rahmatan lil 'alamin. Moral yang baik tentunya merupakan aspek yang sangat penting bagi pemuda. Karena moral yang baik dan akhlak yang mulia, generasi muda dapat menjadi contoh teladan yang baik di mata masyarakat. Dengan moral yang baik dan akhlak yang mulia, generasi muda tentunya akan terus mengedepankan keadilan, kejujuran, empati, dan tanggung jawab saat menjalankan amanah dan tugas yang diemban.

Dalam upaya mewujudkan cita cita bangsa, generasi muda di Desa Tualang Baro, Aceh Tamiang tentunya akan menghadapi beberapa kendala, hambatan, permasalahan sekaligus tantangan yang pasti akan dihadapi saat  melaksanakan amanah tersebut. Dalam rangka menghadapi permasalahan tersebut, penting nya berfikir kritis dan kebiasaan bertindak yang efektif sangat dibutuhkan bagi generasi muda. Generasi muda juga harus sering berlatih dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada, sekecil apapun itu. Kebiasaan dalam memecahkan setiap persoalan akan melatih generasi muda untuk berfikir secara lebih mendalam dan matang ketika muncul beberapa persoalan. Para pemuda di Desa Tualang Baro selalu berperan aktif dan turut andil dalam menghadapi permasalahan di tempatnya. Mereka seolah terlatih untuk berusaha membawa Desa Tualang Baro untuk menjadi sebuah desa yang maju dan memiliki nilai pendidikan tinggi. Sebagai penerus masa depan, generasi muda di Desa Tualang Baro tentunya harus bergerak bersama sama dalam mengawal semangat reformasi dan kemerdekaan. Semangat patriotisme harus selalu tertanam dalam hati masing masing. Generasi muda juga harus mampu membaca situasi dan segala dinamika yang muncul ke permukaan publik. Dengan meningkatkan kualitas diri yang dimiliki generasi muda, generasi muda tentunya akan memiliki bekal yang cukup dalam menjalankan estafet kepemimpinan di masa depan dan membawa Desa Tualang Baro ke masa depan yang cerah gemilang.

Begitulah pentingnya pemuda bagi bangsa dan negara, terutama bagi Desa Tualang Baro. Seperti apa pemuda saat ini mencerminkan seperti apa masa depan Indonesia kedepannya. Generasi muda harus mempersiapkan dirinya sebagai calon pemimpin masa depan yang akan memberikan perubahan besar bagi bangsa Indonesia. Dengan persiapan yang matang, tentunya para pemuda tidak akan khawatir lagi pada tanggung jawabnya di masa depan. Karena mereka akan selalu mampu menangani berbagai macam persoalan yang terjadi di negara Indonesia. Dengan intelektual dan akhlak yang mulia, generasi muda tentunya akan membawa Indonesia menuju masa yang gemilang dan dapat menjadi bangsa yang hebat.

Penulis adalah Muhammad Ridwan Sempurna, Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.